Beranda
Analisis SWOT dan Analisis AIDA Pada Web Pasim dan Web SkinSolution
tulus_saktiawan
Juni 27, 2021

Analisis SWOT dan Analisis AIDA Pada Web Pasim dan Web SkinSolution

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang

Website adalah media yang digunakan untuk menampung data teks, gambar, suara dan animasi yang dapat ditampilkan di internet dan dapat diakses oleh computer yang terhubung dengan internet secara global. Website merupakan media informasi berbasis jaringan computer yang dapat diakses dimana saja dengan biaya relative murah. Website merupakan bentuk implementasi dari Bahasa perograman web ( web programing ). PHP (Hypertext Preprocesor) merupakan Bahasa perograman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses dan mengolah data secara dinamis.

Perkembangan teknologi komputer yang semakin modern dan canggih dari waktu ke waktu memudahkan pengguna komputer memanfaatkan berbagai hal, di antara nya mempermudah melakukan sebuah pertukaran informasi penting yang tidak terhalang oleh jarak dan waktu, mempermudah interaksi dan komunikasi antar pengguna, mencari dan menambah ilmu pengetahuan dunia luar yang belum di ketahuinya dengan di dukung berbagai macam hardware, software, dan aplikasi lainnya yang sudah tersedia.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat tidak di pungkiri memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi. Kini melalui internet dapat memudahkan gaya hidup manusia jaman sekarang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan ada nya website yang diartikan sebagai suatu cara penyebaran informasi secara online yang memanfaatkan fasilitas internet.

Pada umumnya dengan adanya internet semua orang ingin mencari universitas dan skincare dengan menggunakan via online. Banyaknya website mengenai situs bisnis online membuat persaingan sangat ketat seperti yang akan menganalisa website pasim.ac.id dan skinsolution.co.id berdasarkan SWOT dan AIDA.

1.2  Rumusan Masalah

1.      Bagaimana Analisis SWOT pada Web Pasim dan Web SkinSolution?

2.      Bagaimana Analisis AIDA pada Web Pasim dan Web SkinSolution?

1.3  Tujuan Penelitian

     Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis SWOT dan Analisis AIDA Pada Web Pasim dan Web SkinSolution.

1.4  Manfaat Penelitian

1.4.1        Manfaat Untuk Diri Sendiri

            Untuk memenuhi tugas UTS dan memperdalam pengetahuan yang berkaitan dengan Analisis SWOT dan Analisis AIDA Pada Web Pasim dan Web SkinSolution baik secara teoritis maupun praktis.

1.4.2        Manfaat Praktisi

            Dapat dipergunakan sebagai bahan referensi dan evaluasi dalam meningkatkan para Lembaga Pendidikan dan Kecantikan yang ada serta menjadi masukan untuk mengatasi setiap kendala yang di hadapi oleh pihak Lembaga terkait.

1.4.3        Manfaat Teoritis

           Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam menambah pengetahuan dan menambah wawasan dalam bidang pemasaran khususnya mengenai Analisis SWOT dan Analisis AIDA Pada Web Pasim dan Web SkinSolution.


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1  Analisis SWOT

2.1.1        Pengertian Analisis SWOT

Analisa  SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Analisa SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

 menurut sondang p sinagian ada pembagian faktor-faktor strategis dalam analisi SWOT yaitu:

            

1.      Faktor berupa kekuatan

Yang dimaksud dengan faktor-faktor kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan termasuk satuan-satuan bisnis didalamnya adalah antara lain kompetisi khusus yang terdapat dalam organisasi yang berakibat pada pemilkikan keunggulan komparatif oleh unit usaha dipasaran. Dikatan demikian karena satuan bisnis memilki sumber keterampilan, produk andalan dan sebagainya yang membuatnya lebih kuat dari pada pesaing dalam memuaskan kebutuhan pasar yang sudah dan direncanakan akan dilayani oleh satuan usaha yang bersangkutan.

2.      Faktor kelemahan

Yang dimaksud dengan kelamhan ialah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi penampilan kinerja organisasi yang memuaskan.

3.  Faktor peluang definisi peluang secara sederhana peluang ialah berbagai situasi lingkuangan yang menguntungkan bagi suatu satuan bisnis.

4.      Faktor Ancaman

    Pengertian ancaman merupakan kebalikan pengertian peluang yaitu faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu satuan bisnis jika jika tidak diatasi ancaman akan menjadi bahaya bagi satuan bisnis yang bersangkutan baik unutk masa sekarang maupun dimasa depan.

      Dengan mengunakan cara penelitian dengan metode analisis SWOT ini ingin menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal, kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. Cara membuat analisis SWOT penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi factor internal dan eksternal .kedua factor tersebut harus dipertimbangkan dalam analis SWOT. SWOT adalah singkatan dari lingkuangan internal strengths dan weaknesses serta lingkungan eksternal opportunities dan threats yang dihadapi didunia bisnis.

2.1.2        Karaterisik Analisis SWOT

          Analisis SWOT berfokus pada empat elemen, yang memungkinkan perusahaan mengidentifikasi kekuatan yang memengaruhi strategi, tindakan, atau inisiatif. Mengetahui elemen-elemen positif dan negatif ini dapat membantu perusahaan lebih efektif mengkomunikasikan bagian mana dari sebuah rencana yang perlu diakui. Saat menyusun analisa SWOT, individu biasanya membuat tabel dipecah menjadi empat kolom untuk membuat daftar setiap elemen yang berdampak secara berdampingan untuk perbandingan. Kekuatan dan kelemahan biasanya tidak akan cocok dengan peluang dan ancaman yang tercantum, meskipun mereka harus berkorelasi, karena mereka pada akhirnya terikat bersama. Dengan memasangkan ancaman eksternal dengan kelemahan internal dapat menyoroti masalah paling serius yang dihadapi perusahaan. Setelah Anda mengidentifikasi risiko Anda, Anda kemudian dapat memutuskan apakah yang paling tepat untuk menghilangkan kelemahan internal dengan menugaskan sumber daya perusahaan untuk memperbaiki masalah, atau untuk mengurangi ancaman eksternal dengan meninggalkan area bisnis yang terancam dan mengatasinya setelah memperkuat bisnis Anda.

a.    Factor Internal, Kekuatan (S) dan kelemahan (W) mengacu pada faktor internal, yang merupakan sumber daya dan pengalaman yang tersedia untuk Anda. Ini adalah beberapa faktor internal yang biasanya dipertimbangkan:

·         Sumber daya keuangan (pendanaan, sumber pendapatan dan peluang investasi)

·         Sumber daya fisik (lokasi, fasilitas, dan peralatan)

·         Sumber daya manusia (karyawan, sukarelawan dan target audiens)

·         Akses ke sumber daya alam, merek dagang, paten, dan hak cipta

·         Proses saat ini (program karyawan, hierarki departemen dan sistem perangkat lunak)

b. Faktor Eksternal, Kekuatan eksternal memengaruhi dan memengaruhi setiap perusahaan, organisasi, dan individu. Faktor-faktor ini terhubung secara langsung atau tidak langsung dengan peluang (O) atau ancaman (T), penting untuk dicatat dan didokumentasikan masing-masing. Faktor eksternal biasanya adalah hal-hal yang Anda atau perusahaan Anda tidak dapat kendalikan, seperti berikut ini:

·         Tren pasar (produk baru, kemajuan teknologi, dan pergeseran kebutuhan audiens)

·         Tren ekonomi (tren keuangan lokal, nasional, dan internasional)

·         Pendanaan (donasi, legislatif dan sumber lainnya)

·         Demografi

·         Hubungan dengan pemasok dan mitra

·         Peraturan politik, lingkungan, dan ekonomi

2.1.3        Tahapan Analisis SWOT

           Tahapan Analisis SWOT menurut rangkuti (2002) menyebut bahwa dalam melakukan analisis SWOT terdapat tiga tahap yang harus dilakukan yaitu, tahap pengummpulan data, tahap analisis, dan tahap pengembalian keputusan, yang terinci sebagai berikut :

-       Tahap pengumpulan data meliputi : kegiatan pengumpulan data, pengklasifikasikan dan pra-analisis. Data dibedakan menjadi data eksternal seperti : analisis pasar, analisis competitor, komunitas, pemasok, pemerintah, dan kelompok kepentingan tertentu) dan data internal seperti : laporan keuangan, laporan kegiatan operasional, dan laporan kegiatan pemasaran.

-   Tahap Analisis merupakan tahap analisis dengan menggunakan model – model kuantatif perumusan strategi, yang dibuat berdasarkan semua data dan informasi yang telah diperoleh. Sehingga analisis ini dapat dilakukan seobjektif mungkin.

-     Tahap pengambilan keputusan, merupakan Tindakan menentukan hasil kajian dan keputusan strategi yang diambil berdasarkan kepada hasil analisis yang telah dilakukan. 

2.2  Metode AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action)

    Salah satu model yang sering digunakan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen adalah model AIDA. Wijaya (2011) menjelasakan bahwa model AIDA adalah model yang menjelaskan langkahlangkah yang dilakukan konsumen dalam merespon iklan. Langkah tersebut meliputi: perhatian (attention), mempertahankan minat (interest), merangsang kemauan (desire), dan mengakibatkan terjadinya tindakan pembelian produk atau jasa (action).

Untuk Attention tahap dimana konsumen memberi perhatian pada iklan I untuk interest tahap dimana konsumen menjadi tertarik pada iklan D untuk desire tahap dimana konsumen berkeinginan terhadap merek atau produk setelah mendapatkan informasi tentang merek atau informasi tambahan sehubungan dengan pesan iklan. A untuk Action tahap yang mana konsumen melakukan tindakan berupa pembelian produk atau pemilihan merek untuk memuaskan keinginannya.

Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan.Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinyarespon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995 dalam Nurbenny 2005).

Menurut Kotler, Keller (2007) dalam bukunya teori keputusan pembelian dalam model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut:

1)                 Attention Dalam attention ini seorang pemasar haruslah mampu membuat sebuah media informasi agar mengandung daya tarik bagi konsumen. Membuat suatu pernyataan yang mengungkapkan perhatian orang, membuat kata atau gambar yang powerful yang bisa menarik perhatian hingga orang berhenti dan memperhatikan isi pesan berikutnya. Kotler & Amstrong (2001) mengemukakan bahwasanya daya Tarik (attention) harusalah mempunyai tiga sifat:

a)               Harus bermakna (meeningfull), menunjukan manfaat-manfaat yang membuat produk lebih diinginkan atau lebih menarik bagi konsumen.

b)               Pesan iklan harus dapat dipercaya (believable), konsumen percaya bahwa produk tersebut akan memberikan manfaat seperti yang dijanjikan dalam pesan iklan.

c)               Distinctive, bahwa pesan iklan lebih baik dibanding iklan merek pesaing.

2)                 Interest Interest adalah langkah setelah seorang pemasar mampu untuk membuat sebuah media informasi tersebut agar dapat mengandung daya tarik bagi konsumen, seorang pemasar haruslah memikirkan sebuah media informasi agar dapat mengandung minat bagi calon pelangganya atau konsumennya tersebut. Kebanyakan media informasi yang buruk melalaikan dalam melakukan tahapan ini, ditahap inilah sebenarnya target atau konsumen bersedia memberikan waktunya untuk membaca pesan dari pemasar lebih detail. Bangun minat pembaca dengan memberikan janji solusi atas masalah atau harapan mereka.

Cara yang baik adalah dengan menjelaskan fitur dan benefit. Jangan hanya memberikan fakta dan fitur saja, dan merasa pembaca akan berpikir sendiri benefit yang akan di dapat, tetapi menjelaskan dengan sejelasnya benefitnya tersebut untuk meningkatkan interst. Assael (2002) menjelaskan mengenai Interest yaitu munculnya minat beli konsumen tertarik terhadap objek yang dikenalkan oleh suatu pemasar.

3)                 Desire Selanjutnya langkah yang harus dilakukan oleh seorang pemasar ialah memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki, dimana dalam tahapan ini pemasar haruslah jeli atau pintar membaca target atau konsumen dalam tahapan ini. Langkah ini untuk membuktikan bahwa seorang pemasar mampu memberikan solusi yang tepat dalam melakukan sebuah keputusan bagi konsumen.

Dalam tahap ini khalayak telah mempunyai motivasi untuk memiliki produk. Sampai pada tahap ini, seorang pemasar telah berhasil menciptakan kebutuhan calon pembeli. Sejumlah calon pembeli sudah mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh. Namun demikian timbul perlawanan dalam diri calon pembeli berupa keraguan, benarkah produk atau jasa yang bersangkutan memberikan sesuatu seperti yang dijanjikan iklannya

4)                 Action Dalam tahapan yang paling pusat ini seorang pemasar haruslah sudah mengarah pada tindakan untuk membeli. Dalam tahapan action ini menjelaskan langkah apa yang dilakukan oleh seorang pemasar dalam menginginkan untuk pembaca atau target melakukan keputusan untuk membeli. Membimbing pembaca atau target karena pembaca atau target akan bertindak jika seorang pemasar menjelaskan langkah-langkahnya dan kadang juga perlu diinformasikan masalah harga untuk tindakan tersebut.

  

BAB III

PEMBAHASAN

3.1  WEBSITE PASIM.AC.ID

Website universitas nasional pasim merupakan website penyedia data yang memuat beberapa  deskripsi mengenai universitas nasional pasim contohnya seperti data mahasiswa dan dosen dimuat di website tersebut.

 

3.1.1        Menganalisis web pasim.ac.id dengan analisis SWOT

1.      Strengh (Kekuatan) Website passim.ac.id

      Kekuatan yang dimiliki dari website passim.ac.id dilihat dari menu yang disediakan serta visualisasi mengenai kampus pasim disajikan dengan baik dan tersusun rapi, website ini juga memudahkan bagi mahasiswa baru yang inggin mengetahui informasi mengenai universitas nasional pasim, sehingga mempermudah untuk alur pendaftaran serta jadwal pendaftaran dari universitas nasional pasim.

 

2.      Weaknesses (Kelemahan) pasim.ac.id

      Kelemahan dari website pasim.ac.id terletak pada alamat ip server yang tidak dapat diakses, desain dari website masih terlalu simple dan  kurang menarik untuk dikunjungi.

 

3.      Opportunity (Peluang) Pasim.ac.id

      Peluang yang dimiliki website pasim.ac.id di era serba cepat seperti saat ini terutama dalam penyediaan informasi mengenai universitas nasional pasim, website pasim.ac.id merupakan sebuah jawaban bagi setiap orang yang membutuhkan informasi secara cepat dan akurat mengenai universitas nasional pasim.

 

4.      Threat (Ancaman) passim.ac.id

      Karena kurangnya pemeliharaan dan pengembangan dalam website bisa mempengaruhi data data yang dimuat kurang update mengenai data terbaru dari universitas nasional pasim, sehingga berdampak pada pengakses website pada data yang didapat dari website.

3.1.2        Menganalisis Web passim.ac.id dengan analisis AIDA

      Menurut Kotler dan Keller menjelaskan Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) merupakan suatu pesan yang harus mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat, dan mengambil tindakan. Teori ini menyampaikan akan kualitas dari pesan yang baik (Kotler & Keller, 2009).

Berikut merupakan analisis AIDA pada website passim.ac.id :

1.      Tahap menaruh perhatian (Attention) passim.ac.id

Pada halaman website pasim.ac.id kita dapat melihat dimana desain, pengunaan warna serta font yang tepat, menjadikan website pasim.ac.id terlihat natural dan sangat menarik untuk dikunjungi.

2.      Tahap Ketertarikan (Interest)

Didalam website pasim.ac.id selain desain, warna,serta pemilihan font yang tepat, website ini juga menyediakan fitur serta data yang lengkap  sehingga para pengakses website ini dapat dengan mudah untuk mencari data seputar universitas nasional pasim, seperti contohnya mencari informasi seputar pendaftaran calon mahasiswa baru dimana diwebsite ini menyediakan fitur download formulir dan brosur sehingga akan memudahkan calon mahasiswa baru.

3.      Tahap Berhasrat/Berniat (Desire) pasim.ac.id

Website pasim.ac.id memiliki banyak fitur serta data lengkap mengenai universitas nasional pasim maka dari itu website ini benar-benar sangat direkomendasikan bagi anda yang inggin mencari data seputar universitas nasional pasim.

4.      Tahap Memutuskan untuk aksi beli ( Action )

Pada tahap ini pengakses sudah mulai memakai data yang ada pada website pasim,ac.id untuk keperluan pribadi ataupun kelompok, tugas dari universitas nasional pasim ialah dengan menigkatkan layanan berupa menambah fitur yang ada dan tetep memberikan data yang tersparan terhadap pengakses sehingga nantinya konsumen akan berkunjung Kembali ke website pasim.ac.id.

3.2  Website Skinsolution.co.id

Website skinsolution.co.id merupakan layanan yang disediakan oleh cv. Skin solution beauty care Indonesia untuk mempromosikan produk kecantikan yang telah diproduksi serta dipasarkan, website juga memuat deskripsi mengenai produk mereka, serta terdapat layanan customer service bagi pelanggan.

 

3.2.1        Menganalisis Website Skinsolution.co.id dengan Analisis SWOT

 

1.      Strenght ( Kekuatan ) skinsolution.co.id

Pada website skinsolution.co.id desain yang ada sangat menarik dan terdapat deskripsi mengenai semua produk yang telah mereka pasarkan serta terdapat layanan customer service yang dapat berkomunikasi dengan klien dan pelanggan mengenai pengalaman mereka menggunakan produk dari skinsolution dan memberikan saran dalam pembelian produk 

2.      Weaknesses ( Kelemahan ) skinsolution.co.id

Sebenarnya untuk kekurangan pada website ini sangat minim hanya bebera kekurangan yaitu pada Pemilihan warna pada website skinsolution.co.id kurang kontras, serta tidak terdapat deskripsi mengenai harga produk.

3.      Opportunity ( Peluang ) skinsolution.co.id

website skinsolution.co.id Nampak lebih mempunyai prospek tinggi dipanadang client, serta Lebih murah dalam hal promosi atau sales marketing website tergolong murah dibandingkan dengan media televisi, radio dan banner media iklan seperti (Billboard, megatron, videotron).

4.      Threat ( Ancaman ) skinsolution.co.id

Acaman dari website skinsolution.co.id adalah jika keamanan pada website lemah maka website dapat dihack dan dapat menyebebkan website down dan tidak dapat diakses oleh pelanggan serta data dari perusahaan dapat disadap oleh craker.

3.2.2        MENGANALISIS WEB SKINSOLUTION.CO.ID DENGAN AIDA

1.      Tahap Menaruh Perhatian (Attention) skinsolution.co.id

Pada tahap ini perusahaan dapat melakukan promosi untuk website agar website lebih banyak pengunjung dan para pelanggan mengetahui layanan dari perusahaan cv. Skin solution beauty care Indonesia.

2.      Tahap Ketertarikan (Interest) skinsolution.co.id

Didalam website skinsolution.co.id desain yang ada sangat menarik dan terdapat deskripsi mengenai semua produk yang telah mereka pasarkan serta terdapat layanan customer service, hal itulah yang menjadi ketertarikan pelanggan.

3.      Tahap Berhasrat/Berniat ( Desire ) skinsolution.co.id

Website skinsolution.co.id memiliki banyak fitur dan layanan serta data yang lengkap mengenai produk yang telah dikeluarkan.

4.      Tahap Memutuskan untuk aksi beli ( Action ) skinsolution.co.id

Pada tahap ini pengunjung website sudah muali membeli produk yang ada diwebsite langkah selanjutnya perusahaan harus menigkatkan layanan serta fitur yang ada pada website skinsolution.co.id agar pelanggan mudah untuk mengakses website.




Penulis blog

Tidak ada komentar