Beranda
Cara Mudah Buka Rekening Saham Di aplikasi Ajaib
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Cara Mudah Buka Rekening Saham Di aplikasi Ajaib

Apakah Anda baru inggin memulai berinvestasi saham? dijaman seperti sekarang membeli saham dapat dilakukan secara online diaplikasi ajaib, mau tau gimana cara membuka Rekening saham di aplikasi ajaib, simak langkah-langkah berikut.

saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang umum dijual dipasar modal (bursa efek) adalah saham, saham adalah tanda kepemilikan modal pada suatu perseroan terbatas, dan tingkat pengembaliannya merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Ajaib adalah aplikasi investasi reksadana dan saham secara online. Aplikasi Ajaib dimiliki oleh Ajaib group yang menaungi dua perusahaan yaitu Ajaib Sekuritas (PT. Ajaib Sekuritas Asia; sebelumnya PT. Primasia Unggul Sekuritas) dan Ajaib Reksadana (PT. Takjub Teknologi Indonesia).

kenapa harus ajaib? Biaya investasi di Ajaib untuk pembelian Reksadana 100% Gratis. Berinvestasi reksadana di aplikasi Ajaib tidak dikenakan biaya jual/beli reksadana sepeserpun. untuk pembelian Saham, Biaya investasi saham di aplikasi ajaib tergolong murah dan tergantung pada nilai transaksi saham harian masing-masing investor dengan detail: 0,10 % broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian di bawah Rp150 juta 0,09% broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian Rp150 juta – Rp1.5 miliar 0,08% broker fee per transaksi beli/jual saham, berlaku untuk investor dengan nilai transaksi harian di atas Rp1.5 miliar.

Berikut ini langkah-langkah membuka rekening saham di Ajaib:

1. Mendaftar di Ajaib

Jika ingin membuka rekening saham di Ajaib, pastikan kamu sudah memiliki KTP.

Pembukaan rekening saham ini semua dilakukan secara online, kamu tidak perlu mencetak dokumen apapun untuk dikirim ke kantor Ajaib. Cukup dengan download aplikasi Ajaib di PlayStore maupun website.

Lalu lakukan pendaftaran dengan memasukan email dan password. Setelah itu kamu akan menerima email konfirmasi pendaftaran akun.


Sesudah konfirmasi email, kamu bisa log in ke aplikasi Ajaib. Lalu pilih tombol ‘Buka Akun Saham’ yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Setelah itu akan muncul laman untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib, dan pilih ‘Saham’

2. Isi formulir pendaftaran online

Ada 6 halaman yang harus kamu isi pada formulir pendaftaran online. Setiap kolom yang tidak ada keterangan ‘opsional’ artinya wajib diisi. Jika belum terisi, kamu tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Pengisian formulir ini untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN).

Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum kamu bisa bertransaksi saham. Data yang disampaikan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya kamu miliki.

Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDN ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Untuk top up RDN kamu dapat melakukan dengan metode bank transfer.

berikut beberapa formulir yang harus Anda isi



Untuk dokumen yang wajib diunggah pastikan memiliki resolusi gambar yang tinggi dan terlihat jelas.

Proses verifikasi data kamu akan memakan waktu kurang lebih 1×24 jam. Selanjutnya kamu bisa membeli saham perusahaan yang tersedia di aplikasi. Semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri dapat kamu perdagangkan sahamnya di Ajaib.

Penulis blog

Tidak ada komentar