Pentingnya Bauran Pemasaran bagi bisnis - Zupertau
News Update
Loading...

Sabtu, 30 Januari 2021

Pentingnya Bauran Pemasaran bagi bisnis

 

Zuper_Tau.- Bauran pemasaran adalah serangkaian tindakan yang diambil bisnis untuk membangun dan memasarkan produk atau layanannya kepada pelanggan.

Ini membantu untuk memastikan bahwa Anda dapat menawarkan produk yang tepat kepada pelanggan Anda, pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat dengan harga yang tepat.

Jika bauran pemasaran secara tradisional dilakukan melalui pemasaran 4 P, kini 3 alat tambahan lainnya telah ditambahkan ke dalam campuran, menjadikannya pemasaran 7 P. Bisnis menggunakan campuran elemen bauran pemasaran ini untuk menghasilkan respons yang mereka inginkan dari audiens mereka.

Pentingnya Bauran Pemasaran

Ada beberapa manfaat bauran pemasaran yang menjadikannya penting bagi bisnis;

  1. Membantu memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda
  2. Membantu merencanakan penawaran produk yang sukses
  3. Membantu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif
  4. Membantu bisnis memanfaatkan kekuatan mereka dan menghindari biaya yang tidak perlu
  5. Membantu menjadi proaktif dalam menghadapi risiko
  6. Membantu menentukan apakah produk atau layanan Anda cocok untuk pelanggan Anda
  7. Membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan
  8. Membantu mempelajari kapan dan bagaimana mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda

Elemen Bauran Pemasaran

Mengembangkan bauran pemasaran yang benar untuk produk atau layanan Anda dimulai dengan memahami Ps Pemasaran.

Bauran Pemasaran 4 Ps

Produk

Produk adalah barang (seperti pemutar musik, sepatu, dll.) Atau layanan (seperti hotel, maskapai penerbangan, dll.) Yang ditawarkan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Saat mengembangkan produk, Anda perlu mempertimbangkan siklus hidupnya dan merencanakan berbagai tantangan yang mungkin muncul selama tahapannya. Setelah produk mencapai tahap akhir (fase penurunan penjualan), saatnya untuk menemukan kembali item tersebut untuk memenangkan permintaan pelanggan lagi.

Harga

Elemen bauran pemasaran berikutnya adalah harga yang bersedia dibayar pelanggan untuk produk Anda. Ini membantu menentukan keuntungan yang dapat Anda hasilkan.

Saat menetapkan harga untuk produk Anda, pertimbangkan berapa banyak yang telah Anda keluarkan untuk memproduksinya, kisaran harga pesaing Anda, dan nilai produk yang dirasakan.

Tempat

Ini tentang pusat distribusi produk dan metode yang digunakan dalam mendistribusikannya ke pelanggan.

Dimanapun ini, itu harus mudah diakses oleh pelanggan. Misalnya, jika Anda memiliki toko fisik, toko tersebut harus terletak di tempat yang mudah ditemukan oleh pelanggan. Jika Anda memiliki situs web untuk memasarkan produk Anda, pastikan itu mudah dinavigasi.

Promosi

Promosi mengacu pada metode yang digunakan bisnis untuk mendapatkan perhatian pelanggan terhadap produk mereka. Ini termasuk promosi penjualan, layanan pelanggan, hubungan masyarakat, periklanan, dll.

Saat membuat strategi promosi Anda, pertimbangkan taktik yang digunakan oleh pesaing Anda, saluran yang paling efektif dalam menjangkau pelanggan Anda, dan apakah mereka cocok dengan nilai yang dirasakan dari produk Anda.  

Bauran Pemasaran 7 Ps

7 P bauran pemasaran adalah versi pemasaran 4 P yang telah dimodifikasi dan diperpanjang. Model ini banyak digunakan di industri jasa. Ini menambahkan 3 elemen lagi ke 4 P yang dibahas di atas.

Orang-orang

Ini mengacu pada orang - baik pelanggan dan karyawan Anda - yang terkait langsung dengan produk atau layanan.

Meskipun Anda perlu mempelajari pasar sasaran Anda untuk memahami apakah mereka membutuhkan jenis produk yang Anda tawarkan, Anda perlu mempekerjakan orang yang tepat yang mampu memberikan yang terbaik untuk membangunnya.

Proses

Sistem dan proses memainkan peran penting dalam membangun dan memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan Anda.

Pastikan bahwa proses Anda bebas dari kemacetan dan pemblokir untuk mengurangi biaya yang tidak perlu terkait dengan pelaksanaan layanan.

Anda dapat menggunakan peta proses untuk memetakan langkah-langkah proses dan menganalisisnya untuk mengidentifikasi di mana Anda perlu melakukan perbaikan.


Bukti fisik

Bukti fisik mengacu pada apa yang dilihat pelanggan saat mengonsumsi produk atau layanan Anda. Ini dapat mencakup pencitraan merek, pengemasan, lingkungan fisik tempat Anda menjual produk, dll.

Pastikan bahwa semua aspek fisik yang terkait dengan produk atau layanan Anda sesuai dengan nilainya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done