Beranda
Pemasaran
elemen dasar rencana pemasaran
tulus_saktiawan
Juni 27, 2021

elemen dasar rencana pemasaran

 

Zuper_Tau.- Elemen kunci dari setiap rencana pemasaran yang sukses mencakup konsep produk, harga, tempat, dan promosi, yang juga dikenal sebagai empat P pemasaran. Bauran pemasaran dari empat fungsi P sebagai panduan untuk membantu manajer pemasaran berhasil mengembangkan strategi untuk mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan.

P Pertama: Produk

Konsep produk dalam rencana pemasaran berkaitan dengan menemukan produk yang tepat untuk pasar sasaran Anda. Produk haruslah sesuatu yang diinginkan oleh pelanggan yang dituju. Sebuah pasar sasaran dapat berupa kelompok usia tertentu, seperti dewasa muda; orang-orang dari wilayah geografis tertentu, Midwest atau Tenggara, misalnya; atau orang-orang dengan tingkat pendapatan tertentu, berpenghasilan lebih dari $ 50.000 per tahun.

Target pasar untuk produk Anda juga bisa menjadi kombinasi yang sangat spesifik dari kriteria ini. Misalnya, produsen game elektronik dapat menargetkan orang dewasa muda dengan pendapatan lebih dari $ 50.000 per tahun yang tinggal di wilayah metropolitan. Perusahaan sering melakukan survei untuk menentukan produk yang diinginkan oleh pasar sasaran tertentu.

 P Kedua: Harga

Harga adalah elemen yang sangat penting dari bauran pemasaran. Perusahaan harus menciptakan sesuatu yang bernilai bagi konsumen. Produk tersebut haruslah produk yang bersedia dibayar oleh konsumen dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

Analisis diperlukan untuk menentukan harga yang bersedia dibayar pelanggan untuk produk tertentu. Jika harga Anda terlalu rendah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan. Namun, penetapan harga yang lebih tinggi dari pemasok produk di pasar lainnya menyebabkan penurunan penjualan, yang juga mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

 P Ketiga: Tempat

Menjual produk Anda di tempat yang benar adalah aspek penting dari bauran pemasaran. Tidak peduli seberapa bagus produk atau layanan Anda, jika pelanggan tidak dapat menemukannya, tidak ada pembelian yang akan dilakukan. Untuk menentukan tempat yang tepat untuk memasarkan produk Anda, Anda harus menentukan di mana audiens target berbelanja untuk pembelian serupa. Ini mungkin berada di lokasi etalase fisik atau melalui toko Internet.

 P Keempat: Promosi

Setelah Anda menentukan produk apa yang akan Anda jual, harga yang akan Anda kenakan, dan tempat Anda akan menjualnya, Anda harus memberi tahu orang-orang tentang produk tersebut. Di sinilah promosi masuk. Ada banyak media yang tersedia untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen sasaran Anda, termasuk dari mulut ke mulut, surat kabar dan publikasi cetak lainnya, televisi, iklan radio dan iklan Internet.

Uang yang Anda miliki untuk dibelanjakan untuk promosi dapat menentukan cara yang Anda gunakan. Bisnis kecil dengan anggaran iklan terbatas dapat mencetak dan mendistribusikan brosur berbiaya rendah daripada menghabiskan uang untuk iklan radio atau televisi yang mahal.

 

Penulis blog

Tidak ada komentar