Beranda
Dampak virus corona terhadap perekonomian nasional?
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Dampak virus corona terhadap perekonomian nasional?

                            

Zuper_Tau.-  penyakit menular seperti virus corona dan terutama tindakan yang diambil untuk memberantasnya memiliki dampak buruk terhadap perekonomi dalam berbagai cara. beberapa dampak ini bersifat langsung, beberapa lainnya tidak langsung.

dampak langsung yang timbul dari penutupan tempat kerja, ketidak hadiran para pekerja karena sakit, sumber daya yang digunakan untuk merawat mereka yang jatuh sakit, dan hilangnya pendapatan.

pandemi berdampak buruk pada permintaan domestik terutama pada sektor jasa, pada saat yang sama, ketidak pastian terus tumbuh dan kepercayaan bisnis dan rumah tangga melemah, yang menyebabkan penurunan permintaan lebih lanjud dan siknifikan. 

selain itu, ganguan pada ranti produksi domestik dan global menunda atau mengurangi peroduksi secara permanen.

penyakit menular dan tindakan untuk memberantas memiliki dampak tidak langsunag misal pada efisiensi kerja. mereka juga dapat menigkatkan biaya investasi dan menunda tentang keputusan tentang hal ini, mengurangi masukan dalam pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja, dan menimbulkan biaya bagi sektor publik.

durasi dampak tidak langsung pada durasi pandemi dan tindakan untuk memberantasnya, dan apakah perubahan permanan terjadi dalam perilaku konsumen dan dalam fungsi rantai produksi.   

Penulis blog

Tidak ada komentar