Beranda
Media Sosial
Peluang Baru untuk Kreator TikTok: Meraup Keuntungan dengan Fitur Seri
tulus_saktiawan
Februari 08, 2024

Peluang Baru untuk Kreator TikTok: Meraup Keuntungan dengan Fitur Seri

Fitur Seri TikTok, Peluang Baru, Kreator TikTok, Meraup Keuntungan
Peluang Baru untuk Kreator TikTok

TikTok terus berkembang dan menjadi salah satu platform video paling populer di seluruh dunia. Platform yang awalnya lebih dikenal sebagai aplikasi musik dan dansa video pendek ini kini menawarkan berbagai fitur baru yang membuka peluang besar bagi para kreator konten untuk meraup keuntungan.

Salah satu fitur terbaru TikTok yang patut diperhitungkan oleh para kreator adalah Fitur Seri TikTok. Apa sebenarnya Fitur Seri TikTok ini dan bagaimana cara kreator memanfaatkannya untuk meningkatkan pendapatan?

Fitur Seri di TikTok memberi ruang bagi kreator untuk membuat konten dalam format seri mini atau seri panjang berdurasi. Format ini memungkinkan pengguna membuat cerita dan alur yang menarik secara berkesinambungan dalam video pendek maupun panjang.

Dengan fitur ini, kreator TikTok dapat mengeksplorasi format dan konten baru yang bersifat serial, mulai dari serial komedi, drama, reality show, hingga dokumenter pendek. Fitur ini adalah lahan baru yang masih sangat terbuka lebar bagi kreator kreatif untuk mengeksplorasinya.

Peluang Besar Meraup Pendapatan dari Fitur Seri TikTok

Menurut laporan yang dirilis oleh perusahaan analitik App Annie 2022, durasi rata-rata tontonan video di TikTok telah melampaui Youtube. Ini menunjukkan tingginya minat dan antusiasme pengguna TikTok dalam mengkonsumsi berbagai tipe video di aplikasi tersebut.

Dengan adanya Fitur Seri, minat pengguna TikTok untuk menonton konten berepisode dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para kreator. Lantas, bagaimana cara kreator memperoleh keuntungan finansial dari Serial TikTok?

1. Iklan di Konten Seri TikTok

Seperti kreator dan influencer di platform lain, kreator konten berseri di TikTok juga dapat memanfaatkan program iklan dari TikTok, yaitu TikTok Pulse.

Dengan TikTok Pulse, para pembuat konten berseri dapat menayangkan iklan di tengah atau di ujung episodenya sesuai kebijakan TikTok. Semakin banyak yang menonton konten kreator, maka semakin besar pula potensi penghasilan dari program iklan tersebut.

Selain iklan bawaan TikTok Pulse, kreator juga dapat mencari iklan langsung dari merek dan menayangkannya di konten serialnya. Ini juga peluang mendapatkan pendapatan signifikan jika kreator sudah memiliki pengikut dan viewers yang banyak di platform TikTok.

2. Sponsorship dan Endorse Konten TikTok

Kreator konten yang sudah memiliki basis pengikut tinggi pun dapat meraup keuntungan dengan bekerja sama dengan merek untuk memproduksi konten berseri bertajuk sponsorship atau endorsement produk/jasa dari brand tersebut.

Sebagai contoh, konten kreator tentang membuat donat dengan menggunakan produk tepung khusus, lalu ditayangkan dalam 4 episoden mini berdurasi 1-2 menit per episodenya. Atau konten serial tentang aktivitas liburan keluarga yang disponsori oleh hotel atau tempat wisata.

Kolaborasi dengan merek seperti ini tentu menghasilkan keuntungan finansial yang sangat bagus bagi kreator berpengaruh di TikTok dengan jumlah pengikut tinggi dan tingkat penonton yang besar.

Merek juga semakin antusias untuk berkolaborasi dengan influencer konten seri karena format ini memungkinkan mereka mengeksplor cerita dan pesan produk/jasanya secara lebih menarik kepada audiens, ketimbang konten tunggal.

3. Monetisasi dan Donasi Pemirsa

Fitur-fitur monetisasi bawaan TikTok seperti Gift, Donasi, dan TikTok LIVE juga dapat dimanfaatkan kreator konten seri untuk mendapat tambahan penghasilan dari para pengikut dan pemirsanya.

Misalnya, fitur Donasi dapat dipromosikan di konten seri agar penonton dapat memberikan donasi atas apresiasi mereka terhadap serial yang dibuat kreator.

Atau, kreator dapat memanfaatkan fitur TikTok LIVE untuk membahas proses pembuatan konten seri serta berinteraksi dengan pengikut. Hadiah atau Gift yang masuk ke TikTok LIVE juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

Dengan berbagai monetisasi dan interaksi menarik dengan pemirsa ini, konten kreator berseri TikTok punya potensi keuntungan jauh lebih besar ketimbang konten tunggal.

5 Ide Konten Seri Menguntungkan di TikTok

Sesuai data App Annie, penonton TikTok menghabiskan waktu rata-rata 95 menit per hari di aplikasi ini. Angka ini terus meningkat dari tahun ke tahun seiring bertambahnya fitur-fitur baru seperti konten serial.

Lantas konten serial seperti apa yang berpotensi besar untuk meraih viewers dan keuntungan finansial di TikTok? Beberapa ide kreatifnya adalah:

1. Serial Resep Masakan atau DIY Kreatif

Konten tutorial seputar resep makanan dan minuman, DIY atau "Do It Yourself" proyek kreatif masih sangat digemari di TikTok. Kreator bisa membaginya ke dalam beberapa episode pendek yang mudah diikuti.

Misal serial 7 resep smoothie kekinian, DIY alat praktis dari barang bekas sebanyak 10 episode, dan seterusnya.

2. Serial Detektif Internet

Konten seri dengan kreator berperan sebagai detektif amatir yang memecahkan misteri viral di internet sangat digemari di TikTok. Banyak akun detektif internet yang meraup jutaan viewers dan follower berkat serial kasus menarik ini.

3. Reality Show Keseharian

Tren konten realita keseharian juga masih kuat di TikTok, seperti aktivitas haru selebriti, professional, ibu rumah tangga, pelajar, dan lainnya. Kreator bisa membaginya ke dalam episoden harian atau mingguan.

4. Drama atau Serial Fiksi Pendek

Beberapa pencipta konten TikTok sukses besar berkat serial dengan alur cerita dan episode pendek layaknya drama atau film pendek. Genre fantasi, romantis, horor, komedi, hingga thriller bisa dieksplorasi di sini.

5. Dokumenter Perjalanan atau Edukasi

Konten dokumenter tentang perjalanan wisata, budaya, kuliner, atau alam di suatu tempat juga digemari, apalagi bila dibagi ke dalam episoden perjalanan yang menarik. Serial edukasi seputar ilmu pengetahuan, teknologi, sejarah, hingga kesehatan juga tak kalah populer karena banyak yang ingin terus belajar hal baru.

Dengan beragam ide kreatif tersebut, para kreator konten TikTok dapat memproduksi serial yang benar-benar menghibur dan memberi nilai bagi jutaan pemirsanya. Konsistensi dalam membuat episode juga penting untuk menjaga minat pengikut mengikuti serial dari waktu ke waktu.

Tips Sukses Kreator Konten Seri di TikTok

Agar sukses meraup pendapatan dari konten seri di TikTok, ada beberapa tips praktis yang bisa diterapkan kreator, yaitu:

1. Konsisten dalam Jadwal Upload

Konsistensi jadwal upload tiap episodenya, misal 2 kali seminggu pada hari dan jam yang sama sangat penting. Hal ini membuat followers terbiasa menantikan kelanjutan ceritanya.

2. Tag dan Label Episode

Beri tag dan label nomor episodenya dengan jelas, misal "Eps. 1 Pembunuhan di Villa Hantu". Fitur tag memudahkan orang menemukan konten kreator di TikTok.

3. Buat Sinopsis Singkat Serie TikTok

Tuliskan sinopsis atau deskripsi ringkas tentang apa dan siapa saja karakter di serial kreator. Hal ini membantu penonton baru memahaminya.

4. Ajak Berinteraksi di Komentar/LIVE

Sering bertanya jawab dengan pengikut di kolom komentar & mengadakan sesi TikTok LIVE rutin yang membahas serial juga penting untuk meningkatkan hype dan engagement.

5. Promosi Lewat Platform Lain

Jangan lupa promosikan serial di platform & sosmed lain seperti IG dan YouTube agar jangkauannya makin meluas.

Itulah peluang dan tips praktis bagi kreator konten TikTok untuk sukses meraup keuntungan dari fitur konten seri yang kian populer. Platform video pendek terus berkembang dengan inovasi menarik tiap tahunnya. Pastikan selalu memanfaatkan fitur dan tren terbaru agar tak ketinggalan dengan ramainya persaingan konten di sana.

Penulis blog

Tidak ada komentar