Beranda
Media Sosial
Instagram Perbarui Fitur untuk Menciptakan Konten yang Lebih Menarik
tulus_saktiawan
Januari 28, 2024

Instagram Perbarui Fitur untuk Menciptakan Konten yang Lebih Menarik

fitur baru instagram untuk konten, fitur baru instagram untuk reels, fitur baru instagram untuk stories, fitur baru instagram untuk explore
Instagram Perbarui Fitur 

Seiring perkembangan zaman, platform media sosial terbesar di dunia yakni Instagram terus melakukan pemutakhiran fitur demi meningkatkan pengalaman para penggunanya. Tujuannya tentu agar para kreator konten makin dimudahkan dalam memublikasikan karyanya secara lebih menarik.

Beberapa waktu lalu, sang raksasa media sosial ini baru saja merilis sederet fitur anyar nan mumpuni untuk mendukung para konten kreator mengasah kreativitasnya. Apa saja fitur segar dari Instagram itu? Yuk kita ulas satu per satu!

Filter Foto Hits Yang Makin Beragam

Sejak lahirnya Instagram sudah identik dengan foto-foto artistik yang diolah dengan filter pemutih warna. Seiring waktu, sang aplikasi berlogo kamera ini terus menambahkan filter foto & video ekslusif untuk memanjakan para penggunanya.

Baru-baru ini, ada penambahan 5 filter foto populer yang bisa membuat feed Instagram semakin kece. Antara lain filter Pastel Fade yang memberi kesan vintage, Cobalt untuk foto moody & minimalis, serta Creamy Ice yang viral karena efek putih tulang pada foto selfie.

Selain menambah filter baru, Instagram juga meningkatkan filter lama agar lebih fungsional. Misalnya kini pengguna bisa mengatur intensitas kekuatan filter hingga 100% melalui slider yang tersedia. Ada juga opsi dual-tone filter untuk menerapkan dua filter sekaligus pada satu foto agar lebih artistik.

Augmented Reality Canggih di Reel & Stories

Selain foto di feed, salah satu konten maxis yang sedang naik daun ada Reel (video pendek ala TikTok) dan juga Stories. Agar makin kekinian, kini konten-konten tersebut dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) terkini berupa puluhan template dan efek 3D yang bisa "menyulap" wajah serta tubuh pembuat konten menjadi berbagai karakter unik.

Beberapa contoh efek AR paling mutakhir yang bisa dipakai pada Reel & Stories antara lain Beauty Beam yang memberi highlight berkilauan pada wajah, efek multicolor neon light, hingga filter zombie & monster menyeramkan namun keren.

Bahkan makin banyak brand ternama yang berkolaborasi dengan Instagram untuk meluncurkan AR lens dan efek 3D eksklusif seperti dari brand Make Up Forever, Mac Cosmetics, hingga jenama fesyen seperti Prada yang baru-baru ini meluncurkan AR Effect unik di Instagram demi promosi produknya. Jadi pengalaman berkreasi konten di IG makin seru & tak terbatas!

Alur Konten Terencana Via Scheduling

Tantangan para pemilik akun bisnis di Instagram adalah bagaimana mengelola akun agar senantiasa aktif dengan konten berkualitas secara konsisten.

Menyadari hambatan ini, Instagram sungguh cerdik dengan meluncurkan fitur scheduling atau jadwal konten agar postingan di feed bisa diatur sedemikian rupa sesuai perencanaan kita di masa mendatang. Fitur ini membuat konten IG semakin rapi & terstruktur tanpa perlu repot mengunggah satu per satu setiap harinya.

Selain auto-posting terjadwal, fitur serupa juga hadir untuk Stories maupun Reels yang memungkinkan upload batch konten dalam satu waktu agar konten Instagram makin kaya dari hari ke hari. Benar-benar solusi smart untuk konsistensi konten di Instagram!

Temukan Konten-Konten Viral di Tab Penjelajahan

Bagi pengguna Instagram, tentu tidak asing dengan fitur Explore atau Penjelajahan yang biasa digunakan untuk nemu konten menarik dari seluruh dunia. Agar makin relevan dengan minat Anda, fitur Explore kini dibagi ke beberapa tab.

Misalnya tab Following yang menampilkan konten dari akun yang sudah Anda ikuti. Jadi bisa tetap update postingan terbaru tanpa perlu ke profile masing-masing akun. Selain itu ada juga fitur teman & akun serupa yang disarankan berdasarkan kesamaan interest agar semakin mudah menjalin relasi di Instagram.

Tak ketinggalan tab reels dan live juga tersedia di Explore agar Anda bisa menikmati ribuan konten seru berupa video singkat hingga streaming langsung dari influencer idola yang tak boleh dilewatkan! Intinya fitur jelajah Instagram makin kaya untuk sumber inspirasi konten tak henti-hentinya.

Itulah deretan contoh fitur teranyar dari Instagram dalam beberapa waktu terakhir demi menyempurnakan platformnya agar tetap menjadi juara di antara media sosial bidang fotografi dan videografi. Dipastikan masih banyak lagi inovasi menarik lainnya yang bakal hadir di Instagram di masa mendatang. So, terus pantengin update terbarunya ya!

Penulis blog

Tidak ada komentar