Memahami Dasar Pemasaran - 3C dan 4P - Zupertau
News Update
Loading...

Rabu, 12 Januari 2022

Memahami Dasar Pemasaran - 3C dan 4P

Pemasaran - 3C dan 4P
Kita dapat mendefinisikan Pemasaran sebagai proses memahami pelanggan dan pasar pelanggan dengan cara yang memungkinkan perusahaan membuat pilihan yang tepat dan mencapai tujuan perusahaan dengan lebih baik; Oleh karena itu proses pemasaran harus selalu dimulai dari pelanggan.

Untuk melakukannya seorang pemasar selalu mengidentifikasi 4P, 4P sering disebut “Bauran Pemasaran” dan telah menjadi kerangka kerja yang sangat populer selama 30 tahun terakhir. Itu dilengkapi dengan model 3C, yang dikembangkan oleh guru strategi Jepang Kenichi Ohmae , yang menawarkan pandangan strategis pada faktor-faktor lain yang diperlukan untuk sukses. Dikombinasikan bersama, model 4P dan 3C, menentukan langkah perencanaan pertama yang perlu diambil untuk memahami situasi saat ini dan mendorong produk lebih sesuai dengan kebutubah dan keinginan parapelanggan. 

Lalu apa itu 4P dan 3C, kita akan bahas satu-pertau untuk mengetahuinya. 

Apa itu bauran pemasaran 4P 

Bauran pemasaran 4P
Model bauran pemasaran, juga disebut bauran pemasaran, adalah elemen inti dari setiap strategi bisnis. Modelnya sederhana dan universal digunakan, dan merupakan semacam daftar periksa untuk pengembangan produk perusahaan yang efektif di pasar. Justru karena kesederhanaannya, model bauran pemasaran dapat digunakan oleh siapa saja bahkan orang yang bukan ahli pemasaran. Bauran pemasaran 4P, terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi).

Kita akan jelaskan lebih lanjud mengenai elemen yang membangun bauran pemasaran 4P. 

product (produk)

Produk adalah apa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar dan konsumen. Sebuah produk dapat berupa barang fisik atau jasa. Produk merupakan langkah pertama dalam bauran pemasaran. Produk yang sukses selalu dibangun di atas pemahaman dan pemenuhan kebutuhan penting pasar sasaran.

price (harga)

Harga merupakan elemen penting dari bauran pemasaran, bertanggung jawab atas keuntungan akhir dari penjualan barang. Harga ditentukan berdasarkan nilai produk yang dirasakan oleh konsumen, biaya produk, harga pesaing, dan tingkat pengembalian yang diinginkan.

place (tempat)

Tempat penjualan memastikan bahwa produk tersedia untuk pasar sasaran dan berarti produk perusahaan harus berada di pasar di tempat yang tepat (di mana konsumen sasaran dapat melihat dan membelinya) pada waktu yang tepat (ketika konsumen sasaran membutuhkan untuk membelinya). Dengan kata lain, tempat penjualan mengacu pada model distribusi produk perusahaan.

promotion (promosi)

Dalam konteks bauran pemasaran, promosi dipahami sebagai semua komunikasi pemasaran yang memungkinkan Anda untuk menarik perhatian konsumen ke produk, membentuk pengetahuan tentang produk dan karakteristik utamanya, membentuk kebutuhan untuk membeli produk dan pembelian ulang. 

Promosi mencakup komunikasi pemasaran seperti: periklanan, promosi di titik penjualan , optimisasi mesin pencari, PR, pemasaran langsung dan lain-lain.

Lalu apa itu 3C 

3C pemasaran

3C merupakan model strategi pemasaran, Elemen dari 3C sendiri terdiri dari pelanggan, pesaing, dan perusahaan. Dengan menganalisis ketiga elemen ini, Kita akan dapat menemukan key success factor (KSF) dan membuat strategi pemasaran yang layak. 

Kita akan jelaskan lebih lanjud mengenai 3 elemen yang membangun 3C.

pelanggan


Untuk benar-benar membuat keputusan pemasaran yang baik, kita perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang motivasi yang mendorong pelanggan ke produk kita atau ke produk pesaing, dan bagaimana pelanggan berbeda dalam hal motivasi ini. Kita harus dapat menjawab pertanyaan seperti: “Seberapa sering pelanggan membeli produk? ”; “Apakah mereka cenderung lebih banyak laki-laki atau perempuan? ”; “Apakah mereka lebih muda atau lebih tua? ”; dll. Semua pertanyaan ini akan mengarahkan kita pada apa yang kita sebut "wawasan pelanggan yang mendalam" dan pemahaman yang jelas tentang segmen target produk kita.

Perusahaan


Perusahaan perlu memutuskan siapa yang akan mereka targetkan dan apa tujuan pemasaran yang akan dicapai. Ukuran audiens target akan berbeda serta sikap pelanggan target dan manfaat finansial dari keberhasilan dengan taktik tersebut. taktik yang berbeda akan diperlukan. Perusahaan C itu menargetkan segmen pelanggan tertentu dan mengembangkan tujuan pemasaran yang fokus pada segmen ini.

Pesaing


Rangkaian pertanyaan terakhir berkaitan dengan pemahaman pesaing utama kita, dan yang lebih penting, bagaimana pelanggan memandang pesaing utama kita untuk menyiapkan strategi yang paling efisien (mis. Mencuri saham). Pesaing C kemudian memahami siapa di benak pelanggan yang merupakan pesaing utama dan bagaimana kita akan memposisikan diri terhadap persaingan.

Kesimpulan


Dari beberapa yang telah kita bahsa barusan dapat disimpulkan bahwa. sepuah perusahaan akan mendapatkan kesuksesan apa bila mereka mempertimbangkan bauran pemasaran serta di tabah lagi dengan setrategi model pemasaran 3C untuk mengidentifikasi produk lebih lanjud. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done