Beranda
Kelebihan Dan Kekurangan NFT
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Kelebihan Dan Kekurangan NFT

Kelebihan Dan Kekurangan NFT 

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu NFT, bagaimana cara membuat, dan menjualnya. Nah pada artikel kali ini kita akan melihat apa saja kelemahan dan kekurangan dari NFT. Tapi bagi yang belum tau NFT itu apa kita akan coba jelaskan kembali secara singkat.  Token NFT (non-fungible token) adalah sertifikat digital unik yang disimpan di blockchain, menjamin keaslian item dan memberikan hak eksklusif untuk itu. Konsep ini berasal dari dunia cryptocurrency. Token yang tidak dapat dipertukarkan tidak dapat diganti, dibagi, diganti secara tidak kasat mata. Sistem ini cocok untuk mengamankan hak atas objek unik sebuah karya seni, real estat, artefak dalam permainan komputer.

Nah sudah tau NFTkan, sekarang kita lanjud dengan bembahasan kita yaitu kelebihan dan kekurangan dari NFT sendiri : 

Kelebihan NFT 


Dalam literatu yang telah saya baca ada lima kelebiahan dari NFT, pertama dapat membuktikan keunikan data digital, kedua tambahkan nilai ke data, ketiga mudah diperdagangkan dan kompatibel, keempat siapa pun dapat membuat NFT, kelima tidak ada risiko kerusakan atau kehilangan.

1. Dapat membuktikan keunikan data digital


NFT dapat membuktikan keunikan suatu aset dengan mencatat informasi pemilik dan pemegang hak. Dalam aset digital seperti mata uang virtual, yang harus ditangani adalah gangguan dan penyalinan. Blockchain yang diadopsi untuk NFT bukanlah sistem manajemen terpusat konvensional, tetapi ketika dirusak karena informasi dibagikan oleh banyak terminal, data diedit tidak hanya pada satu terminal tetapi pada semua terminal yang terhubung. 

bahkan jika kamu mencoba membuat salinan dengan tangkapan layar, kamu tidak dapat menduplikasi informasi pemilik dan pemegang hak. Oleh karena itu, data yang disalin itu sendiri tidak memiliki nilai, dan satu-satunya NFT dengan informasi kepemilikan memiliki nilai yang unik. Sangat mudah untuk menganggapnya sebagai sertifikat atau sertifikat kepemilikan.

2. Tambahkan nilai ke data


NFT memiliki sifat programabilitas yang menambah nilai sebuah karya dengan memprogram semua pengaturan dan kondisi. Mekanisme ini menguntungkan penulis data digital yang merupakan pemegang hak. Misalnya, jika pemilik membeli atau menjual NFT setelah pekerjaan meninggalkan tangan pemegang kanan, sebagian dari harga pembelian dapat secara otomatis ditransfer ke pemegang kanan sebagai komisi. Atau bahasa sederhananya adalah pemilik mendapatkan royalti dari penjualan orang lain, selain itu pemilik juga dapat membatasi distribusi karyanya. 

3. Mudah diperdagangkan dan kompatibel


Karena NFT dikelola oleh blockchain, kamu dapat dengan bebas membeli dan menjual NFT kamu sendiri. Juga, karena banyak NFT diterbitkan di bawah standar umum, mereka dapat dioperasikan secara bergantian di berbagai tempat dalam standar yang sama.

4. Siapa pun dapat membuat NFT


Siapapun dapat dengan mudah membuat NFT. Karena kamu juga dapat menjual seni digital dan data game kamu sendiri di pasar, dapat dikatakan bahwa ambang masuknya rendah. Oleh karena itu, orang di seluruh dunia tertarik pada NFT dan terus menjual NFT yang dibuat di pasar.

5. Tidak ada risiko kerusakan atau kehilangan


Kemungkinan risiko memiliki lukisan asli termasuk kerusakan fisik seperti kerusakan atau kehilangan. Tidak jarang barang antik yang berharga rusak dan hilang dalam bencana seperti kebakaran atau gempa bumi. Namun, karena NFT adalah data digital, tidak ada kekhawatiran bahwa mereka akan rusak secara fisik. Ini adalah keuntungan unik dari NFT jika dibandingkan dengan aset nyata.

Kekurangan NFT 


Selain memiliki kelebihan NFT juga memiliki kekurangan, pertama, pemeliharaan hukum, kedua mengikuti Biaya (biaya gas) cenderung naik, ketiga tidak dapat secara fisik "dimiliki".

1. Pemeliharaan hukum mengikuti


Karena NFT adalah pasar yang berkembang pesat, perkembangan hukum saat ini mengejar situasi yang sebenarnya. Jika berkembang menjadi masalah hukum, bisa terjadi sengketa di pengadilan terkait penanganan kepemilikan NFT.

2. Biaya (biaya gas) cenderung naik


NFT dikenakan biaya yang disebut biaya gas. Biaya dapat diatur secara bebas oleh penjual NFT, sehingga semakin tinggi permintaan, semakin besar kemungkinan untuk naik. Dapat dikatakan bahwa tagihan gas cenderung menjadi penghalang dalam perdagangan NFT.  

Namun, jika platform menggunakan mekanisme off-chain, tidak ada biaya gas yang akan dikeluarkan. Coincheck NFT adalah pasar off-chain yang khas.

3. Tidak dapat secara fisik "dimiliki"


NFT tidak dapat didekorasi seperti lukisan asli, dan seni digital perlu dilihat melalui monitor. Oleh karena itu, meskipun dibeli, tidak dimiliki secara nyata, sehingga ada masalah yang sulit untuk merasa bahwa itu dimiliki.  

Meskipun ini adalah masalah mendasar karena sifat aset digital, dapat dikatakan bahwa ketika seorang produsen menjual NFT, penting bagi pemiliknya untuk merasa bahwa dia memilikinya.

Penutup 


Disamping kekurangannya yang ada, masih banyak kelebihan yang ditawarkan dari NFT, NFT telah berkembang begitu pesat dan meninggalkan berbagai kasus, tetapi ada pandangan kuat bahwa mereka masih terus berkembang.

Penulis blog

Tidak ada komentar