Beranda
NFT | Apa Itu, Cara Membuat, Dan Menjualnya
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

NFT | Apa Itu, Cara Membuat, Dan Menjualnya

apa itu NFT, bagaiaman membauat dan menjualnya

Setelah Booming kemarin siapa yang tidak tau NFT? kenapa Gozali bisa kaya mendadak? Gozali sendiri merupakan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang bernama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali yang saat ini berusia 23 tahun. Ghozali mendapatkan cuan besar setelah Foto selfie yang ia unggah Di OpenSea laku dibeli orang. Ia mulai Foto selfie sejak tahun 2017 saat berusia 18 tahun. Jumlah foto selfie yang dijual Ghozali di OpenSea adalah 933 foto. Tidak jauh jauh dari kasus Gozali pada artikel ini kita akan coba membahas mengenai apa itu NFT, bagaimana cara membuat NFT, dan bagaiaman cara menjualnya.

Apa Itu NFT 


NFT adalah singkatan dari non-fungible token, yang pada dasarnya berarti bahwa itu adalah aset digital satu-satunya yang dimiliki oleh Anda dan Anda saja. NFT paling populer saat ini mencakup karya seni dan musik, tetapi juga dapat menyertakan video dan bahkan tweet. Unik, tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi. Pertukaran NFT berlangsung dalam cryptocurrency seperti Bitcoin di situs spesialis. 

Cryptopunks adalah contoh NFT yang luar biasa. Ini memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menyimpan 10.000 barang koleksi dengan bukti kepemilikan.

NFT adalah unit data yang disimpan pada buku besar digital blockchain. Setiap token yang tidak dapat dipertukarkan bertindak sebagai semacam sertifikat keaslian, menunjukkan bahwa aset digital itu unik dan tidak dapat dipertukarkan. NFT tidak akan pernah dapat diubah, tidak akan pernah disesuaikan, dan tidak akan pernah dicuri, berkat prinsip- prinsip kriptografi yang membuat blockchain menjadi unik. 

Mungkin salah satu keuntungan terbesar dari teknologi NFT adalah memungkinkan artis dan pembuat konten untuk mempertahankan hak cipta penuh mereka. Ini jarang terjadi di sebagian besar perjanjian lisensi. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap menghasilkan pendapatan tanpa melepaskan hak cipta mereka. Dalam hal NFT, Anda dapat yakin akan keamanannya.

Beberapa pengusaha dan investor memanfaatkan NFT seperti saham dan untung dengan membeli dan menjualnya . Jika Anda telah membeli koleksi NFT dan tidak membutuhkannya lagi, Anda dapat dengan mudah menjualnya dengan cara yang sama seperti jika Anda membuatnya sendiri. Satu-satunya langkah yang akan Anda lewati adalah proses pencetakan.

Cara Membuat NFT 


Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah dengan memilih item Anda harus menentukan aset digital unik apa yang ingin Anda ubah menjadi NFT. Ini bisa berupa lukisan khusus, gambar, musik, koleksi video game, meme, GIF, atau bahkan tweet. NFT adalah item digital unik dengan pemilik tunggal. Kelangkaan itu memberikan nilai NFT. 

Pastikan Anda memiliki hak kekayaan intelektual atas item yang ingin Anda ubah menjadi NFT. Membuat NFT untuk aset digital yang tidak Anda miliki dapat membawa Anda ke masalah hukum.

Kedua, Pilih blockchain, setelah Anda memilih aset digital selanjudnya saatnya untuk memulai proses mencetaknya menjadi NFT. Itu dimulai dengan menentukan  teknologi blockchain  yang ingin Anda gunakan untuk NFT Anda. Yang paling populer di antara seniman dan pencipta NFT adalah  Ethereum ( CRYPTO:ETH ). Pilihan populer lainnya termasuk Tezos, Polkadot, Cosmos, dan Binance Smart Chain.

Ketiga, Siapkan dompet digital, Jika Anda belum memiliki  dompet digital , Anda harus menyiapkannya untuk membuat NFT karena Anda memerlukan beberapa mata uang  kripto untuk mendanai investasi awal Anda. Dompet akan memberi Anda akses ke aset digital Anda. The dompet atas NFT  termasuk Metamask, Dompet Matematika, AlphaWallet, Kepercayaan Dompet, dan Coinbase Wallet.

Setelah Anda mengatur dompet digital Anda, Anda pasti ingin membeli beberapa cryptocurrency. Sebagian besar platform NFT menerima Ether, cryptocurrency dari platform blockchain Ethereum. Jika Anda sudah memiliki beberapa cryptocurrency di tempat lain, Anda ingin menghubungkannya ke dompet digital Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan menjual NFT.

Keempat, Pilih pasar NFT, Setelah Anda memiliki dompet digital dan beberapa cryptocurrency, saatnya untuk mulai membuat (dan, menjual) NFT Anda. Untuk itu, Anda harus memilih pasar NFT. Beberapa pasar NFT teratas termasuk OpenSea, Axie Marketplace, Larva Labs/CryptoPunks, NBA Top Shot Marketplace, Rarible, SuperRare, Foundation, Nifty Gateway, Mintable, dan ThetaDrop.

Pilih pasar NFT yang sesuai dengan NFT Anda, contohnya Axie Marketplace adalah toko online untuk game NFT teratas  Axie Infinity. Sementara itu, NBA Top Shot adalah pasar yang berfokus pada bola basket. Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa pasar memerlukan cryptocurrency mereka sendiri. Rarible, misalnya, membutuhkan  Rarible ( CRYPTO:RARI ).

OpenSea biasanya merupakan tempat yang baik untuk memulai. Ini memungkinkan Anda untuk mencetak NFT Anda sendiri, dan merupakan pemimpin dalam penjualan NFT. Pasar NFT menjual NFT senilai $3,4 miliar pada Agustus 2021 saja. 

Setelah memilih pasar NFT Anda, Anda harus menghubungkannya ke dompet digital Anda. Itu akan memungkinkan Anda membayar biaya yang diperlukan untuk mencetak NFT Anda dan menahan hasil penjualan apa pun.

Cara menjual NFT 


Untuk menjual NFT, Anda Perlu mengunggah karya yang Anda milki, Pasar NFT pilihan Anda harus memiliki panduan langkah demi langkah untuk mengunggah file digital Anda ke platform mereka. Proses itu akan memungkinkan Anda untuk mengubah file digital Anda (PNG, GIF, MP3, atau jenis file lainnya) menjadi NFT yang dapat dipasarkan.

Kemudian Anda perlu mengatur proses penjualan, tahap terahir untuk dapat menjual NFT Anda adalah memutuskan bagaimana Anda ingin memonetisasi NFT Anda. Bergantung pada platformnya, Anda dapat:

  • Jual dengan harga tetap : Dengan menetapkan harga tetap, Anda mengizinkan orang pertama yang bersedia memenuhi harga itu untuk  membeli NFT Anda.
  • Tetapkan lelang berwaktu : Lelang berwaktu akan memberi mereka yang tertarik dengan NFT Anda batas waktu untuk mengajukan tawaran akhir mereka. 
  • Mulai lelang tak terbatas : Lelang tak terbatas tidak menetapkan batas waktu. Sebaliknya, Anda memiliki kendali untuk mengakhiri pelelangan kapan pun Anda mau.

Anda harus menentukan harga minimum (jika Anda menyiapkan lelang), menetapkan royalti untuk terus menguangkan NFT Anda jika dijual kembali di pasar sekunder, dan berapa lama untuk mengadakan lelang (jika waktunya). Ingatlah biaya saat menetapkan harga minimum karena Anda dapat kehilangan uang pada penjualan NFT jika Anda menetapkan harga terlalu rendah.

Penutup


Harga jual NFT meningkat seiring popularitasnya. Akibatnya, pembuat NFT dapat menghasilkan banyak uang. Namun, tidak semua NFT akan menjual, apalagi menghasilkan uang bagi pembuatnya, mengingat semua biaya yang terkait dengan pencetakan dan penjualan NFT. Karena biaya, Anda perlu mempersiapkan kemungkinan bahwa Anda bisa kehilangan uang pada pembuatan NFT Anda. Cara terbaik untuk menghindari kerugian adalah memastikan Anda menjual NFT yang dianggap berharga oleh orang lain dan menetapkan harga minimum yang akan lebih dari mengimbangi biaya terkait.

Penulis blog

Tidak ada komentar