Fungsi Pemasaran | Apa Itu dan Mengapa Itu Penting - Zupertau
News Update
Loading...

Senin, 10 Januari 2022

Fungsi Pemasaran | Apa Itu dan Mengapa Itu Penting

Fungsi Pemasaran 

Jika ingin memasuki bidang pemasaran, penting untuk memahami peran ketujuh fungsi pemasaran tersebut. Setiap fungsi mewakili komponen kunci dari proses pemasaran dan menyoroti bagaimana pemasar membantu perusahaan mereka berhasil. Menjadi akrab dengan komponen ini sebagai profesional pemasaran dapat membantu Anda lebih memahami industri Anda, mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif dan mempromosikan merek Anda. Dalam artikel ini, kami mencantumkan tujuh fungsi pemasaran dan menjelaskan mengapa itu penting.

Apa Itu Fungsi Pemasaran? 


Fungsi pemasaran adalah dasar untuk pekerjaan yang dilakukan oleh para profesional pemasaran. Setiap fungsi terdiri dari serangkaian tanggung jawab dan tugas untuk tim pemasaran untuk merancang, mengatur, dan melaksanakan kampanye yang sukses. Ada tujuh fungsi pemasaran yang diterima secara luas yang berkontribusi pada keseluruhan pekerjaan pemasar. Ketujuh fungsi tersebut antara lain:  

  • Promosi 
  • Penjualan 
  • Manajemen Produk 
  • harga 
  • Manajemen informasi pemasaran 
  • Pembiayaan 
  • Distribusi

Mengapa fungsi pemasaran itu penting?


Ketujuh fungsi pemasaran itu penting karena masing-masing mewakili kategori kegiatan yang terjadi dalam pemasaran. Tujuan pemasaran adalah untuk mempromosikan dan menjual produk di pasar yang kompetitif, dan sering mengacu pada tujuh fungsi pemasaran saat mengembangkan kampanye memungkinkan tim pemasaran untuk tetap fokus pada tujuan mereka. Tujuh fungsi pemasaran penting untuk memahami tujuan strategi, proses, dan alat pemasaran. Fungsi-fungsi ini bekerja secara terpadu untuk membantu para profesional mengembangkan strategi pemasaran yang konsisten untuk beberapa jenis merek dan organisasi.

7 Fungsi Pemasaran 


Berikut adalah tujuh fungsi pemasaran, beserta manfaatnya bagi para profesional pemasaran:

1. Promosi 

Promosi adalah tentang menginformasikan dan meyakinkan calon pelanggan untuk mendukung bisnis Anda. Untuk bisnis besar, ini seringkali juga hanya sebagai pengingat kepada pelanggan tentang merek dan produknya. Either way, promosi mengkomunikasikan bahwa bisnis Anda menawarkan nilai kepada pelanggan.  

Promosi bisa dibilang merupakan fungsi pemasaran yang paling intuitif. Lagi pula, promosilah yang menarik pelanggan industri Anda ke bisnis Anda dan memberi Anda pangsa pasar Anda. Tapi promosi datang dalam beberapa bentuk.     

Bentuk utama promosi yang pertama adalah periklanan. Periklanan dapat bekerja secara efektif dalam salah satu dari berbagai cara. Bahkan media yang tampak tua atau ketinggalan zaman dapat memberikan hasil yang baik. Perusahaan yang ingin beriklan membuat keputusan berdasarkan riset pasar. Mereka menempatkan iklan di tempat yang mereka kenal atau dilihat oleh sebagian besar pelanggan mereka, yang dapat mencakup kombinasi apa pun dari:

  • Iklan 
  • radio
  • iklan TV 
  • Iklan surat kabar
  • Surat iklan 
  • Iklan media sosial 
  • Iklan Mesin Pencari 
  • Billboard 
  • Catatan di tiang

PR adalah bentuk promosi penting berikutnya. Hubungan masyarakat ditujukan untuk meningkatkan citra bisnis. PR biasanya berfokus pada komunitas atau misi yang mempromosikan kebaikan bersama. Bisnis semakin diharapkan untuk menunjukkan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, banyak bisnis terlibat dalam inisiatif untuk mempromosikan daur ulang, kesetaraan, atau topik relevan lainnya. Mereka juga digunakan untuk meningkatkan posisi perusahaan di pasar.

2. Penjualan 

Penjualan adalah fungsi pemasaran yang terdiri dari komunikasi dengan pelanggan potensial dan mengejar prospek penjualan. Penting bagi profesional pemasaran untuk mengejar prospek penjualan dengan halus, yang membantu mereka membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Saat komunikasi dengan pelanggan potensial berlangsung, pemasar yang sukses dapat memperkenalkan produk mereka dan menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan. Teknik penjualan yang efektif dapat membantu Anda membedakan merek Anda dari pesaing. Pemasar dan tenaga penjualan dapat berkolaborasi untuk menentukan cara terbaik memposisikan produk mereka di pasar mereka dan menjualnya kepada pelanggan potensial.

3. Manajemen Produk 

Manajemen produk mencakup pengembangan, desain, dan peningkatan produk atau layanan. Peran pemasar dalam manajemen produk adalah untuk memastikan bahwa produk jadi memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini termasuk memeriksa keseluruhan visual produk, kegunaannya, dan cara penyampaiannya. Beberapa strategi manajemen produk meliputi:

  • Menganalisis pesaing: Meneliti dan menganalisis pesaing Anda melengkapi Anda dengan informasi untuk mengembangkan produk yang menyaingi atau melampaui produk mereka. 
  • Berkomunikasi dengan pelanggan: Strategi ini memberikan wawasan yang bermanfaat tentang cara meningkatkan produk Anda sebelum mencapai pasar. 
  • Menerapkan umpan balik: Penting bagi profesional pemasaran untuk mengumpulkan umpan balik dari beberapa area baik di dalam maupun di luar organisasi mereka, untuk meningkatkan proses produksi mereka. 
  • Melakukan riset pasar: Meneliti produk serupa membantu tim pemasaran menentukan apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana memuaskan mereka.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain: Berkolaborasi dengan tim lain di organisasi Anda mempersiapkan seluruh perusahaan Anda untuk merilis produk, menghasilkan ide untuk distribusi, dan mengirimkan produk dengan mulus.

4. Harga 

Penetapan harga adalah fungsi pemasaran yang menentukan apakah Anda menjual atau tidak. Harga tercantum dalam kategori terpisah. Setiap produk atau layanan memiliki kisaran harga yang dapat diterima. Harga ini didasarkan pada penawaran dan permintaan yang biasanya sudah tersedia riset pasar yang ekstensif.  

Harga bervariasi tergantung pada kualitas produk atau layanan. Di banyak industri, Anda bisa bertahan tanpa menjual jauh di atas rata-rata. Mobil mewah adalah salah satu contohnya. Namun, perusahaan yang menjual pada harga tersebut harus memberikan proposisi nilai unik yang dapat dibenarkan.  

Di beberapa industri, disarankan untuk menjual dengan harga di bawah rata-rata yang diterima. Jika Anda dapat mengalahkan harga pesaing Anda berdasarkan kualitas, itu akan dapat diterima oleh banyak segmen pasar. Namun, bisnis masih perlu memastikan ada pasar untuk ini. Dalam beberapa kasus, harga rendah akan dianggap mencurigakan dan tidak diinginkan, sementara dalam kasus lain biaya tinggi tidak dapat dianggap dibenarkan di benak pembeli. Inilah sebabnya mengapa penetapan harga merupakan fungsi pemasaran yang penting dan harus didukung oleh riset pasar yang berkualitas.  

Kedua, posisi keuangan bisnis. Biaya distribusi juga akan mempengaruhi penetapan harga sebagian besar bisnis. Untuk menjadi kompetitif, bisnis perlu memberikan harga yang wajar yang sesuai dengan keuntungan mereka.

5. Manajemen Informasi Pemasaran 

Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda ketika Anda fokus pada data dan informasi. Sangat penting untuk mengumpulkan dan menyimpan data, seperti preferensi pelanggan dan demografi. Seringkali, data ini secara langsung berhubungan dengan audiens target Anda untuk produk dan layanan Anda. Ini juga dapat menginformasikan keputusan bisnis yang efektif untuk seluruh perusahaan, jadi pertimbangkan untuk membagikan data dan temuan Anda dengan departemen lain juga.

Anda dapat mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai alat pemasaran, seperti:  

  • Survei 
  • Ulasan online 
  • Keterlibatan media sosial 
  • Laporan riset pasar

Setiap alat pemasaran menyediakan data dan umpan balik yang unik, jadi memilih yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Misalnya, jika tim Anda ingin mengukur efektivitas kampanye media sosial terakhir Anda, Anda dapat meneliti jumlah pengikut yang diperoleh akun merek Anda selama kampanye. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah upaya Anda berhasil meningkatkan keterlibatan media sosial.

6. Pembiayaan 

Pembiayaan adalah fungsi pemasaran yang melibatkan pengamanan pendanaanbaik secara internal maupun eksternal untuk membuat kampanye pemasaran. Penting bagi tim pemasaran untuk mengamankan ketersediaan yang cukup dalam anggaran tahunan mereka untuk meningkatkan kampanye pemasaran sebelumnya dan tetap mengikuti perkembangan tren industri.  

Sebuah tim pemasaran dapat menunjukkan nilai tambah bagi perusahaannya jika pendapatan terus meningkat karena kampanye pemasaran yang berkualitas tinggi. Lintasan ke atas ini juga memungkinkan tim tersebut untuk mengamankan pendanaan di masa depan, karena mereka dapat menunjukkan pengembalian positif yang dapat diukur atas investasi mereka.

7. Distribusi 

Distribusi adalah proses pengangkutan produk atau layanan perusahaan Anda ke pelanggan Anda. Ada beberapa metode distribusi fisik dan digital, antara lain:

  • Toko online 
  • Katalog atau majalah 
  • Panggilan penjualan 
  • Toko ritel 
  • Pedagang grosir

Pemasar sering memilih saluran distribusi yang paling sesuai dengan produk, merek, atau audiens target tertentu. Sangat penting untuk memilih lokasi untuk menjual produk Anda yang sering dikunjungi audiens target Anda. Distribusi adalah fungsi pemasaran yang membutuhkan kolaborasi lintas departemen untuk memastikan bahwa setiap produk mencapai konsumen Anda dengan cara yang diinginkan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done