Anatomi Pemasaran | Manajemen pemasaran - Zupertau
News Update
Loading...

Jumat, 31 Desember 2021

Anatomi Pemasaran | Manajemen pemasaran


Banyak orang yang memasuki bidang pemasaran dengan sedikit atau tanpa pengalaman bisnis akan berpikir bahwa pemasaran sebagai pelajaran menjual. Mereka yang telah memiliki pengalaman dalam dunia pemasaran atau yang sudah profesional yang luas atau yang telah menjalani pelatihan teori pemasaran yang intensif akan melihat pemasaran sebagai bauran pemasaran. Menurut MarkPlus mendefinisikan pemasaran dengan tiga dimensi strategi: pemasaran strategis, taktik pemasaran, dan nilai perusahaan. Konsep pemasaran yang terintegrasi digambarkan dalam diagram, The Strategc Marketing Plus 2000. 

Karena kita bergerak menghadapi pasar global pada milenium mendatang, pemasaran harus didefinisikan ulang untuk menggambarkan penigkatan intensitas dihampir semua sektor industri. 

Setrategi Pemasaran: Bagaimana Memenagkan Mind Share


Strategi pemasaran adalah dimensi pertama dalam konsep pemasaran. Tugasnya adalah memenagkan mind share pelanggan. Karena kepentingan setrategis, tenpatnya di perusahaan ada di tingkat Strategic Buisness Unit (SBU). 

Elemen pertama dari strategi adalah sekmentasi. Sekmentasi didefinisikan sebagai suatu cara untuk memenagkan suatu pasar dengan kreatif. Kita menyebutnya sebagai strategi pemetaan (mapping strategy) perusahaan. setelah pasar dipetakan dan disekmentasikan ke dalam kelompok pelanggan potensial dengan karakteristik dan perilaku yang sama, perusahaan perlu menseleksi segmen yang akan dimasukinya. Tindakan ini desebut targeting yang merupakan elemen kedua dari strategi pemasaran. Targeting didefinisikan sebagi suatu cara untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif dengan menseleksi target pasara yang tepat. Kita juga mendefinisikan sebagi fitting strategy bagi perusahaan. 

Elemen strategi yang terahir adalah positioning. positioning didefinisikan sebagi cara untuk menentukan konsumen dengan kepercayaan. Kita menyebutnya startegi menjadi perusahaan. Setelah menentukan pasar dan mencocokan sumber  daya perusahaan kedalam segmen pasar yang terseleksi, perusahaan harus mendefinisikan menjadi suatu itu didalam pikiran pasar sasaran untuk mendapatkan posisi yang terpercaya dalam pikiran mereka. 

Taktik Pemasaran: Bagaimana Memenagkan Pangsa Pasar


Dimensi kedua dari The Strategic Marketing Plus 2000 adalah taktik pemasaran. Taktik pemasaran, karena perannya, merupakan elemen untuk memenangkan pangsa pasar. Sementara strategi pemasaran ada di tingkat SBU, taktik pemasaran ada di tingkat operasional.

Elemen pertama dari taktik pemasaran adalah diferensiasi. Diferensiasi adalah taktik inti untuk membedakan isi, konteks, dan infrastruktur dari penawaran perusahaan kepada pasar sasarannya. Sementara itu, kita menyebut bauran pemasaran.

sebagai taktik kreasi yang mengintegrasikan penawaran perusahaan, logistik, dan komunikasi. Selanjutnya, penjualan merupakan elemen ketiga dari taktik pemasaran, yang disebut dengan taktik merebut untuk mendapatkan arus kas bagi perusahaan dan mengintegrasikan pelanggan dan perusahaan dalam jangka panjang, hubungan yang saling memuaskan.

Nilai Pemasaran: Bagaimana Memenangkan Heart Share


Nilai pemasaran adalah dimensi terakhir dari The Strategic Marketing Plus 2000. Ini berada pada tingkat tanggung jawab perusahaan dan ditujukan untuk memenangkan the heart share dari pasar sasaran.

Elemen pertama dari nilai pemasaran adalah merek. Merek adalah indikator nilai (value indicator) bagi perusahaan, yang memungkinkan perusahaan untuk mengabaikan jebakan komoditas. Pelayanan adalah elemen pemasaran kedua. Ini adalah paradigma perusahaan untuk selalu mempertemukan atau melampaui kebutuhan, keinginan, ekspektasi pelanggan. Kita menyebutnya peninggi nilai (value enhance) perusahaan.

Elemen terakhir dari nilai pemasaran adalah proses. Ini adalah nilai kemungkinan perusahaan yang memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan nilai kepada pelanggan melalui proses dengan dan tanpa perusahaan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done