Beranda
Sistem Informasi Manufaktur, Pengertian, Manfaat, Model
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Sistem Informasi Manufaktur, Pengertian, Manfaat, Model

Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Doug Foshee dalam Rekayasa Manufaktur edisi September/Oktober 2016, produsen semakin mencari cara untuk "menutup loop" dan meningkatkan pengiriman tepat waktu. Salah satu solusinya adalah sistem informasi manufaktur maju (MIS). Solusi ini dapat berkisar dari satu mesin, sistem yang berdiri sendiri hingga solusi di seluruh perusahaan yang melibatkan kolaborasi di banyak departemen.

Pentingnya sistem informasi manufaktur terus meningkat. Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, setiap organisasi harus tetap terdepan untuk menciptakan keunggulan dibandingkan pesaing mereka. Untuk menentukan tujuan bisnis Anda dan mencapainya dengan sukses, Anda perlu memiliki akses ke data yang relevan tentang proses manufaktur Anda.

Apa itu sistem informasi manufaktur 


Definisi manufaktur secara umum adalah suatu aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai variasi sumber daya dan aktivitas perancang produk, pembelian, pemasaran, mesin dan perkakas, Manufacturing, penjualan, perencanaan proses, production control, pengiriman material, support service, dan customer service.

sistem informasi manufaktur adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang bekerja dalam hubungannya dengan sistem informasi fungsional lainnya untuk mendukung Manajemen perusahaan dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses, dan output. sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi produk yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.

Ruang Lingkup Sistem Informasi Manufaktur


ruang lingkup sistem informasi manufaktur meliputi sistem perencanaan manufaktur, rencana produksi, rencana tenaga kerja, rencana kebutuhan bahan baku dan sistem pengendalian manufaktur.

Manfaat Sistem Informasi Manufaktur Bagi Perusahaan 

  1. Hasil produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena sistem informasi manufaktur menggunakan komputer sebagai alat pemroses. 
  2. Perusahaan lebih cepat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya. 
  3. Arsip lebih terstruktur karena menggunakan sistem database. 
  4. Sistem informasi manufaktur yang berubah fisik robotik hasil produksi semakin cepat tepat dan dan berkurangnya jumlah sisa bahan yang tidak terpakai.

Model Sistem Informasi Manufaktur


  1. Subsistem Input 
    • sub sistem informasi akuntansi 
    • sub sistem informasi engineering
    • sub sistem informasi manufaktur 
  2. Subsistem Output
    • sub sistem produksi 
    • sub sistem persediaan 
    • sub sistem kualitas
    • sub sistem biaya 
Model sistem informasi manufaktur 

Teknologi sistem informasi manufaktur 


  1. Teknologi Produksi fisik 
    • Computer Aided Design (CAD)
    • Computer Aided Manufacturing (CAM)
    • Robotik (Industrial Robots/RI)
  2. Teknologi informasi pada sistem informasi manufaktur 
    • Sistem Pemesanan Kembali (Re-Order Point/ROP)
    • Material Requirement Planing (MRP) 
    • Manufacturing Resource Planning (MRP II) 
    • Pendekatan just in time (JIT) 

mengapa perusahaan perlu menerapkan sistem informasi manufaktur? 


Perusahaan yang menerapkan sistem informasi manufaktur menyadari manfaat nyata untuk proses bisnis mereka , termasuk pengurangan limbah dan waktu penyiapan yang lebih cepat, data yang lebih akurat untuk biaya utama seperti tenaga kerja, memo, perkakas, dll., peningkatan waktu kerja, dan alur kerja tanpa kertas.

Keuntungan mengunakan sistem informasi manufaktur bagi perusahaan 


Dengan adanya model sistem informasi produksi, operator pabrik memiliki pandangan yang sama sekali berbeda tentang fasilitas mereka. Sistem dapat beroperasi di beberapa area, termasuk definisi produk di seluruh siklus hidup produk, penjadwalan sumber daya, eksekusi pesanan, dan analisis produksi. Sistem membuat catatan waktu nyata, menangkap data yang relevan selama proses pembuatan. Hal ini memungkinkan optimalisasi proses , meningkatkan efisiensi dan berpotensi mengurangi kesalahan dan waktu henti. Dalam lanskap kompetitif saat ini, ini adalah keuntungan utama dari sistem manufaktur yang cerdas. Selain itu, dokumentasi dan penyimpanan catatan yang disediakan sistem sangat berguna di sektor yang diatur secara ketat, seperti obat-obatan atau makanan dan minuman. 

Kesimpulan 


Kemajuan terbaru di bidang manufaktur dan teknologi informasi menghadirkan alternatif strategis yang menjanjikan untuk merancang sistem informasi manufaktur baru. Sistem informasi manufaktur total merupakan sistem terintegrasi dari teknologi manufaktur dan strategi bisnis ke dalam sebuah sistem informasi. Ini adalah alat strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif, yang memungkinkan perusahaan untuk merespon dengan cepat terhadap perubahan pasar, mencapai fleksibilitas produk dan proses, dan mengelola kompleksitas lingkungan manufaktur saat ini.

Penulis blog

Tidak ada komentar