Beranda
Mencapai Kesesuaian Strategis Dalam Rantai Pasokan
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Mencapai Kesesuaian Strategis Dalam Rantai Pasokan


Kesesuaian strategis mensyaratkan bahwa baik strategi kompetitif dan rantai pasokan perusahaan memiliki tujuan yang selaras. Ini mengacu pada konsistensi antara prioritas pelanggan yang diharapkan dapat dipenuhi oleh strategi kompetitif dan kemampuan rantai pasokan yang ingin dibangun oleh strategi rantai pasokan. Agar perusahaan dapat mencapai kecocokan strategis.

Hal-Hal Yang Harus Dicapai 

  1. Strategi kompetitif dan semua strategi fungsional harus cocok bersama untuk membentuk strategi keseluruhan yang terkoordinasi. Setiap strategi fungsional harus mendukung strategi fungsional lainnya dan membantu perusahaan mencapai tujuan strategi kompetitifnya.
  2. Fungsi-fungsi yang berbeda dalam sebuah perusahaan harus secara tepat menyusun proses dan sumber daya mereka untuk dapat menjalankan strategi ini dengan sukses.
  3. Desain rantai pasokan secara keseluruhan dan peran setiap tahap harus selaras untuk mendukung strategi rantai pasokan.

Sebuah perusahaan mungkin gagal baik karena kurangnya kesesuaian strategis atau karena keseluruhan desain rantai pasokan, proses, dan sumber daya tidak memberikan kemampuan untuk mendukung kesesuaian strategis yang diinginkan.

Dalam hal ini kita megambil contoh kasus perusahaan Dell, evolusi Dell dan rantai pasokannya. Antara 1993 dan 2006, strategi kompetitif Dell adalah menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan harga yang wajar. Mengingat fokus pada kustomisasi, rantai pasokan Dell dirancang untuk menjadi sangat responsif. Fasilitas perakitan yang dimiliki oleh Dell dirancang agar fleksibel dan dengan mudah menangani berbagai macam konfigurasi yang diminta oleh pelanggan. Fasilitas yang berfokus pada biaya rendah dan efisiensi dengan memproduksi volume besar dengan konfigurasi yang sama tidak akan sesuai dalam pengaturan ini.

Gagasan kecocokan strategis juga diperluas ke fungsi lain di dalam Dell. PC Dell dirancang untuk menggunakan komponen umum dan memungkinkan perakitan cepat. Strategi desain ini jelas selaras dengan tujuan rantai pasokan untuk merakit PC yang disesuaikan untuk menanggapi pesanan pelanggan. Dell bekerja keras untuk membawa keselarasan ini ke pemasoknya. Mengingat bahwa Dell memproduksi produk yang disesuaikan dengan tingkat persediaan yang rendah, pemasok dan operator harus sangat responsif.

Namun, mulai tahun 2007, Dell mengubah strategi kompetitif dan rantai pasokannya. Sementara terus menawarkan kustomisasi, perusahaan juga memperluas penjualan PC melalui toko ritel seperti Wal-Mart. Bermacam-macam di ritel, bagaimanapun, sangat berbeda dari fokus pada kustomisasi di saluran penjualan langsung. Melalui Wal-Mart, Dell menawarkan variasi desktop dan laptop yang terbatas. Juga penting bahwa monitor dan periferal lainnya tersedia dalam inventaris karena pelanggan yang membeli PC di Wal-Mart tidak mau menunggu monitor muncul nanti. Jelas, rantai pasokan yang fleksibel dan responsif yang selaras dengan kebutuhan pelanggan untuk kustomisasi tidak selalu sejalan dengan baik ketika pelanggan tidak lagi menginginkan kustomisasi tetapi lebih memilih harga rendah. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Dell harus menyesuaikan berbagai strategi fungsional mengingat perubahan dalam strategi kompetitif jika ingin mempertahankan kecocokan strategis. Salah satu tanggapan awal Dell adalah tidak membangun semuanya sesuai pesanan dan meningkatkan ketergantungannya pada produsen kontrak yang berbasis di negara-negara berbiaya rendah untuk perakitan.

Lalu Bagaimana Kesesuaian Strategis Dicapai


Apa yang perlu dilakukan perusahaan untuk mencapai kesesuaian strategis yang sangat penting antara rantai pasokan dan strategi kompetitif? Strategi bersaing akan menentukan, baik secara eksplisit maupun implisit, satu atau lebih segmen pelanggan yang diharapkan dapat dipenuhi oleh perusahaan. Untuk mencapai kecocokan strategis, perusahaan harus memastikan bahwa kemampuan rantai pasokannya mendukung kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan segmen pelanggan yang ditargetkan. Ada tiga langkah dasar untuk mencapai kesesuaian strategis ini, yang kami uraikan di sini dan kemudian dibahas secara lebih rinci: 

  1. Memahami Ketidakpastian Pelanggan dan Rantai Pasokan: Pertama, perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan untuk setiap segmen yang ditargetkan dan ketidakpastian yang ditimbulkan oleh kebutuhan ini pada rantai pasokan. Kebutuhan ini membantu perusahaan menentukan biaya dan persyaratan layanan yang diinginkan. Ketidakpastian rantai pasokan membantu perusahaan mengidentifikasi sejauh mana ketidakpastian permintaan, gangguan, dan penundaan yang harus disiapkan oleh rantai pasokan. 
  2. Memahami Kemampuan Rantai Pasokan: Masing-masing dari banyak jenis rantai pasokan dirancang untuk melakukan tugas yang berbeda dengan baik. Sebuah perusahaan harus memahami apa rantai pasokan yang dirancang untuk melakukannya dengan baik. 
  3. Mencapai Kesesuaian Strategis: Jika ada ketidaksesuaian antara apa yang dilakukan rantai pasokan dengan sangat baik dan kebutuhan pelanggan yang diinginkan, perusahaan perlu merestrukturisasi rantai pasokan untuk mendukung strategi kompetitif atau mengubah strategi kompetitifnya.

Penulis blog

Tidak ada komentar