Beranda
Komponen Utama Pembangun Sistem pakar
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Komponen Utama Pembangun Sistem pakar


Sistem pakar adalah sistem komputer yang beroperasi berdasarkan pengetahuan khusus di bidangnya sehingga bahkan seorang amatir atau pemula tanpa pengetahuan khusus dapat memecahkan masalah pada tingkat yang sama dengan seorang ahli. Sistem membuat kesimpulan berdasarkan pengetahuan khusus dalam bidang tertentu atas nama seorang ahli, dan memberikan saran dan diagnosis seperti seorang ahli . 

Sistem pakar meniru prosedur di mana seorang pakar memperoleh jawaban, dan memiliki struktur unik yang memisahkan pengetahuan dan pemrosesan pemecahan masalah dari program biasa. Secara khusus, ini terdiri dari "mesin inferensi" dan "basis pengetahuan ."

Dalam sistem pakar terdapat beberapa komponen seperti knowledge base (basis pengetahuan), inference engine (mesin infrensi), working memory, explanation facility, knowledge acquisition facility, user interface.  

Knowledge Base (Basis Pengetahuan)


Basis pengetahuan mengandung pengetahuan untuk pemahaman, formulasi, dan penyelesaian masalah. komponen sistem pakar disusun atas dua eleman dasar, yaitu fakta atau aturan. fakta merupakan objek dalam area permasalahan tertentu, sedangkan aturan sendiri merupakan sebuah informasi tentang cara bagaimana memperoleh fakta baru dari fakta yang telah diketahui. pada struktur sistem pakar diatas. knowledge base disini untuk menyimampan pengetahuan dari pakar berupa rule/aturan.

Inference Engine (Mesin Infrensi)


Mesin infrensi merupakan otak dari sebuah sistem pakar dan dikenal juga dengan subutan control structure (setruktur control) atau rule interpreter (dalam sistem pakar basis kaidah). komponen ini mengandung mekanisme pola pikir dan penalaran yang digunakan pakar dalam menyesuikan suatu masalah. mesin infrensi disini adalah processor pada sistem pakar yang mencocokan bagian kondisi dari rule yang tersimpan dalam knowlodge base dengan fakta yang tersimpan di working memory. 

Working Memory


Berguna untuk menyimpan fakta yang dihasilkan oleh infrence engine dengan menambahkan parameter berupa derajat kepercayaan atau dapat juga dikatakan sebagai global data base dari fakta yang digunakan oleh rule-rule yang ada.

Explanation Facility


Modul yang memungkinkan sistem pakar memberikan penjelas menyediakan kebenaran dari solusi yang dihasilkan pada user, dan bagaimana sistem pakar mencapai suatu kesimpulan (reasoning chain). 

Knowledge Acquisition Facility


Meliputi proses pengumpulan, pemindaian dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seseorang pakar atau sumber pemgetahuan terdokumentasi ke program computer, yang bertujuan untuk memperbaiki atau mengembangkan basis pengetahuan. 

User Interface


Mekanisme untuk memberikan kesempatan pada user dan sistem pakar untuk berkumunikasi. atar muka menerima informasi dari pemakai dan mengubah kedalam bentuk yang dapat diterima oleh sistem. salain itu antar muka menerima informasi dari sistem dan menyimpannya ke dalam bentuk yang dapat diterima oleh pemakai. 

pada umumnya, antar muka pemakai juga berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru kedalam basispengetahuan sistem pakar, menampilkan penjelasan sistem dan memberikan tuntunan pengunaan sistem secara menyeluruh lengkap demi langkah sehingga pemakai megerti apa yang harus dilakukan sistem .

syarat utama untuk membangun sistem antar muka pemaki adalah kemudahan dalam menjalankan sistem. semua kesulitan dalam membangu sautu program harus disembunyikan, yang ditampilkan hanyalah tampilan yang interaktif, kemonikatif dan kemudahan pemakaian.  

Kesimpulan 


Sistem pakar adalah sistem komputer yang beroperasi berdasarkan pengetahuan khusus di bidangnya sehingga bahkan seorang amatir atau pemula tanpa pengetahuan khusus dapat memecahkan masalah pada tingkat yang sama dengan seorang ahli. Dan komponen untuk membangun sebuah sistem pakar membutuhkan knowledge base (basis pengetahuan), inference engine (mesin infrensi), working memory, explanation facility, knowledge acquisition facility, user interface. Ini diperlukan agar sistem pakar berjalan dengan sempurna, dan mudah untuk digunakan oleh User. 

Penulis blog

Tidak ada komentar