Beranda
Definisi, Konsep, Dan Contoh Sistem Informasi Eksekutif
tulus_saktiawan
Maret 05, 2024

Definisi, Konsep, Dan Contoh Sistem Informasi Eksekutif


Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah sistem informasi yang dirancang untuk mencari dan menganalisis informasi, serta untuk memfasilitasi pengambilan keputusan oleh kepala perusahaan di berbagai tingkatan. Menyediakan akses termudah ke informasi internal dan eksternal yang diperlukan untuk memenuhi tujuan strategis organisasi. SIE memberikan perhatian khusus pada desain antarmuka yang ramah pengguna. Ini sederhana dan mudah digunakan. Besar penting adalah melekat pada fungsi pelaporan dan kemampuan untuk memberikan yang paling lengkap drill-down analisis data . Secara keseluruhan, SIE adalah sistem pendukung keputusandisesuaikan untuk eksekutif. SIE membantu mereka mengidentifikasi, membandingkan, dan menganalisis perubahan paling penting di pasar, serta menyelesaikan masalah bisnis yang muncul dengan paling efektif. Sistem Informasi Eksekutif ditujukan untuk manajer dan direktur perusahaan yang memiliki waktu luang terbatas dan memiliki sedikit pengalaman dengan komputer.

Sejarah Singkat Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif (SIE) berevolusi dari sistem Pendukung Keputusan berbasis model pengguna tunggal dan produk basis data relasional yang ditingkatkan. SIE pertama menggunakan layar informasi yang telah ditentukan sebelumnya dan dikelola oleh analis untuk eksekutif senior. Misalnya, pada musim gugur 1978, pengembangan sistem SIE yang disebut Sistem Informasi Manajemen dan Pendukung Keputusan (MIDS) dimulai di Lockheed-Georgia (lih., Houdeshel dan Watson, 1987). Mulai sekitar tahun 1990, pergudangan data dan On-Line Analytical Processing (OLAP) mulai memperluas ranah SIE dan mendefinisikan kategori yang lebih luas dari Data-Driven DSS (lih., Dhar dan Stein, 1997) Nigel Pendse (1997) mengklaim produk Sistem Informasi Eksekutif pertama adalah Pusat Komando Perangkat Lunak Pilot.Dia mencatat baik analisis multidimensi dan OLAP memiliki asal-usul dalam bahasa pemrograman APL dan dalam sistem seperti Express dan Comshare's System W. Nigel Pendse dari OLAPReport.com telah menulis dan memperbarui sejarah yang jauh lebih rinci tentang asal-usul produk OLAP.  

Nylund (1999) menelusuri perkembangan yang terkait dengan Business Intelligence (BI) hingga upaya Procter & Gamble pada tahun 1985 untuk membangun DSS yang menghubungkan informasi penjualan dan data pemindai ritel. Metaphor Computer Systems, sebuah spin-off peneliti dari Xerox's Palo Alto Research Center (PARC), membangun P&G DSS awal. Alumni metafora belakangan mendirikan banyak vendor BI: Richard Tanler mendirikan Information Advantage dan Katherine Glassey mendirikan Brio Technologies. Istilah BI adalah istilah umum yang dipopulerkan yang seharusnya diperkenalkan oleh Howard Dresner dari Gartner Group pada tahun 1989. BI menjelaskan serangkaian konsep dan metode untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan menggunakan sistem pendukung berbasis fakta. BI terkadang digunakan secara bergantian dengan buku pengarahan, alat laporan dan kueri, serta sistem informasi eksekutif.

Sistem Informasi Eksekutif Menurut Para Ahli 

Menurut Mc.Leod

Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah suatu sistem yang memberikan informasi kepada para manajer di tingkat yang lebih tinggi atas kinerja perusahaan secara keseluruhan (Mc.Leod: 2008).

Menurut Danang

Sistem informasi eksekutif ialah sistem yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan yang merupakan salah satu kebutuhan utama dalam suatu organisasi, khususnya menegah dan besar, dimana para eksekutif membutuhkan informasi yang telah tersaring dari level manajemen dibawahnya (Danang, 2014: 212)

Menurut Rockart dan Delong

Executive Information System adalah sistem berbasis komputer yang mampu melayani kebutuhan informasi bagi eksekutif, mampu mengakses secara cepat informasi mutakhir dan mampu mengakses secara langsung pada laporan - laporan manajemen. Biasanya sangat mudah digunakan, didukung dengan grafik, menyajikan laporan pengecualian, dan mampu melakukan penelususran lebih rinci terhadap informasi yang diperolehnya( Sopingi dkk, 2015: 67).

Menurut McLeond and George (2008)

Sistem informasi eksekutif adalah suatu sistem yang memberikan informasi kepada para manajer ditingkat yang lebih tinggi atas kinerja perusahaan secara keseluruhan. Sistem informasi eksekutif perusahaan biasanya terdiri atas stasiun-stasiun kerja eksekutif yang terhubung melalui jaringan ke komputer pusat (McLeod and George, 2008: 246). 

komponen Sistem informasi eksekutif 

Peralatan

Sebelum membeli peralatan untuk SIE, Anda perlu menentukan rentang tugas yang akan diselesaikan dengan bantuan mereka. Peralatan utamanya adalah:

  • perangkat input data dirancang untuk memeriksa dan memperbarui informasi dengan cepat;
  • prosesor pusat adalah inti dari sistem, karena mengontrol pengoperasian komponen lain;
  • file untuk menyimpan data, berisi semua informasi bisnis yang diperlukan;
  • perangkat output data, melalui mereka visualisasi atau pencetakan informasi dilakukan.

Selain itu, dengan munculnya LAN , beberapa produk SIE telah tersedia untuk workstation berjaringan. Mereka tidak memerlukan dukungan khusus dan peralatan komputer yang mahal.

Perangkat lunak

Pilihan perangkat lunak biasanya dipandu oleh kemudahan penggunaan dan kompatibilitas dengan perangkat keras SIE yang ada.

  • editor teks dasar memungkinkan Anda bekerja dengan dokumen;
  • database membantu manajer mengakses informasi dari sumber internal dan eksternal;
  • editor grafis, dengan teks bantuan dan data statistiknya disajikan kepada manajer dalam bentuk visual sederhana;
  • program yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis statistik, keuangan, atau kuantitatif lainnya secara rutin dan khusus.

Antarmuka

SIE menggunakan beberapa jenis antarmuka: laporan, pertanyaan/jawaban, menu, perintah atau bahasa alami, I/O. Sangat penting bahwa antarmuka memenuhi persyaratan manajer. Antarmuka yang ideal mudah digunakan, fleksibel, dapat memastikan operasi yang konsisten, mencerminkan semua data yang diperlukan dan berisi informasi referensi.

Telekomunikasi

Karena banyak perusahaan dibangun di atas prinsip desentralisasi, telekomunikasi memainkan peran kunci dalam sistem informasi jaringan. Transmisi data yang andal adalah yang paling penting saat membangun jaringan. Telekomunikasi dalam SIEdapat mempercepat akses ke data terdistribusi.

Cara Kerja Sistem Informasi Eksekutif 

Sistem informasi menggunakan data yang disimpan dalam database komputer untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Database adalah kumpulan terorganisir dari data yang saling terkait yang mencerminkan aspek utama dari aktivitas perusahaan. Sistem informasi menangkap data dari organisasi (data internal) dan lingkungannya (data eksternal). sistem informasi eksekutif kemudian menampilkannya dengan bentuk garfik pada antarmuka yang mudah digunakan.

Karakteristik Kunci Sistem Informasi Eksekutif

  1. Data terperinci – SIE menyediakan data absolut dari database yang ada.
  2. Mengintegrasikan data eksternal dan internal – SIE mengintegrasikan mengintegrasikan data eksternal dan internal. Data eksternal dikumpulkan dari berbagai sumber.
  3. Menyajikan informasi – SIE mewakili data yang tersedia dalam bentuk grafik yang membantu menganalisisnya dengan mudah.
  4. Analisis tren – SIE membantu eksekutif organisasi untuk memprediksi data berdasarkan data tren.
  5. Mudah digunakan – Ini adalah sistem yang sangat sederhana untuk digunakan.

Maanfaat  Sistem Informasi Eksekutif Bagi Para Eksekutif 

Sistem Informasi Eksekutif penting karena membantu eksekutif tingkat atas menganalisis, membandingkan, dan menyoroti tren di area penting sehingga mereka dapat memantau kinerja dan mengidentifikasi peluang dan masalah. Perangkat entri data input memungkinkan eksekutif untuk memasukkan, memverifikasi, dan memperbarui data dengan segera.

Keungulan SIE Lainnya : 

  • SIE mudah digunakan dan menghemat waktu manajemen tingkat atas organisasi.
  • SIE menyediakan akses ke informasi yang tepat waktu dengan cara yang cepat.
  • SIE menyediakan alat analisis online yang ekstensif.
  • SIE dapat dengan mudah diberikan dukungan DSS.

Contoh Dari Sistem Informasi Eksekutif

Produk perangkat lunak Comshare's Commander Decision adalah program berbasis client-server dan intranet yang memfasilitasi adopsi cepat aplikasi pendukung keputusan yang berfokus pada pelanggan seperti analisis kinerja, sistem informasi eksekusi, dan pesan manajemen. Keputusan Komandan memungkinkan pengguna bisnis untuk menerima informasi dalam bentuk apa pun, termasuk peta, bagan, kotak, kueri, perhitungan, dan pengingat pribadi tentang kondisi pertemuan yang dijadwalkan. Alat ini dapat digunakan untuk membangun aplikasi IIS untuk pelaku, seperti dijelaskan di atas, atau DSS untuk manajer di berbagai tingkat bisnis.

Kesimpulan 

Sistem informasi eksekutif (EIS) adalah sistem pendukung keputusan (DSS) yang digunakan untuk membantu eksekutif senior dalam proses pengambilan keputusan . Ini dilakukan dengan menyediakan akses mudah ke data penting yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis dalam suatu organisasi. SIE biasanya menampilkan tampilan grafis pada antarmuka yang mudah digunakan. Sistem Informasi Eksekutif penting karena membantu eksekutif tingkat atas menganalisis, membandingkan, dan menyoroti tren di area penting sehingga mereka dapat memantau kinerja dan mengidentifikasi peluang dan masalah.

Penulis blog

Tidak ada komentar