Beranda
Pemulihan pandemi di Indonesia pada Kuartal pertama tahun 2021 laporan menurut - IEP
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Pemulihan pandemi di Indonesia pada Kuartal pertama tahun 2021 laporan menurut - IEP

COVID-19 menyebabkan salah satu resesi global paling parah dalam memori hidup. Ekonomi global menyusut 3,5 persen pada tahun 2020 dibandingkan dengan 1,7 persen pada tahun 2009 selama krisis keuangan global. Resesi sama parahnya di negara maju seperti di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang tidak termasuk China (-4,7 vs -4,3 persen). Kawasan Asia Timur dan Pasifik (EAP) tumbuh sedikit (+1,2 persen) yang sebagian besar mencerminkan pertumbuhan di China (Prospek Ekonomi Global Bank Dunia Juni 2021). Sektor-sektor intensif kontak seperti transportasi dan perhotelan, akomodasi, grosir, dan eceran lebih terpengaruh daripada manufaktur. Penelitian menunjukkan bahwa resesi global dapat menjadi lebih buruk tanpa respons kebijakan yang berani dan ambisius di seluruh dunia (Chudik, Kamiar dan Raissi, 20215). Negara-negara yang mengalami resesi yang lebih ringan lebih mengandalkan pengujian dan tidak terlalu bergantung pada pembatasan mobilitas yang ketat, memiliki ruang fiskal yang lebih besar, dan lebih sedikit terpapar pada permintaan eksternal (Pembaruan EAP Bank Dunia, April 2021). Faktor-faktor seperti pangsa pekerjaan yang dapat dikerjakan dari jarak jauh dan infrastruktur digital juga dikaitkan dengan resesi yang lebih ringan (Bank Dunia IEP Des 20201, IMF WEO April 2021).

Dampak Pandemi Pada Indonesia 

Perekonomian mengalami kontraksi sebesar 2,1 persen pada tahun 2020. Hal ini didorong oleh penurunan konsumsi swasta dan investasi (masing-masing -1,5 dan -1,6 poin persentase), yang sebagian disangga oleh pertumbuhan ekspor bersih (1,1 poin persentase). Resesi sangat merugikan rumah tangga dan perusahaan. Perusahaan mengalami penurunan penjualan yang cepat dan tajam karena ekonomi ditutup selama paruh pertama tahun 2020. Yang terkena dampak terburuk adalah di antara usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan mereka yang memiliki layanan bernilai tambah rendah. Hal ini menyebabkan meningkatnya pengangguran dan keluar dari pasar tenaga kerja. Sekitar 1,8 juta orang menjadi pengangguran antara Februari 2020 dan 2021 dan 3,2 juta orang lainnya keluar dari angkatan kerja (Badan Statistik Nasional, BPS, Februari 2021). Tiga ratus ribu lebih sedikit pemuda memasuki la pasar bursa selama periode yang sama. Sekitar 2,8 juta orang jatuh ke dalam kemiskinan (BPS, 2020) dengan program bantuan sosial pemerintah mengurangi kemungkinan hasil yang lebih buruk (Kotak A.1). Pangsa rumah tangga yang melaporkan kekurangan pangan karena kekurangan uang atau sumber daya lainnya turun dari 32 menjadi 22 persen antara Agustus 2020 dan Maret 2021 meskipun tetap meningkat (survei Hify Bank Dunia, sekitar Maret 2021). Tantangan-tantangan ini menyoroti pentingnya mempercepat pemulihan dan merangsang penciptaan lapangan kerja berkualitas yang menjadi fokus bagian B dari laporan ini.

Sumber: Business Pulse Survey, Putaran 2 Oktober 2020; SAKERNAS Agustus 2020, BPS, perhitungan staf Bank Dunia.

Pemulihan Indonesia pada  kuartal pertama tahun 2021

Pemulihan relatif terhadap rekan-rekan dinilai menggunakan 'celah pemulihan' yang didefinisikan sebagai perbedaan antara PDB riil dan nilai perkiraannya menggunakan tren sebelum krisis. 

Sumber: Staf Bank Dunia

Ini memberikan ukuran kontrafaktual dari kehilangan output yang dapat dipantau dan dijadikan acuan. 

Sumber: CEIC, Pelacak Respons Pemerintah Oxford COVID-19, perhitungan staf Bank Dunia

menunjukkan kesenjangan pemulihan menyempit dari -7,5 menjadi -7,1 persen antara Triwulan ke-2 dan Triwulan ke-4 tahun 2020 sedangkan untuk rata-rata peer itu menyusut dari -13,6 menjadi -5,1 persen. 'Kecepatan pemulihan' – didefinisikan sebagai tingkat pertumbuhan rata-rata antara kuartal keempat dan kedua pada tahun 2020 – adalah 1,3 persen, terendah di antara rekan-rekan.

Sumber: CEIC, Oxford COVID-19 Government Response Tracker, World Sumber: BPS, perhitungan staf Bank Dunia Perhitungan staf Bank

Dengan melemahnya kuartal pertama tahun 2021,

Sumber: CEIC, Oxford COVID-19 Government Response Tracker, World Sumber: BPS, perhitungan staf Bank Dunia Perhitungan staf Bank

kesenjangan pemulihan tetap tinggi di -7,9 persen. Pertumbuhan konsumsi dan investasi telah tertahan karena pasar tenaga kerja yang masih lemah dan ketidakpastian yang tinggi sementara impor yang lebih kuat menyebabkan peningkatan persediaan. Kesenjangan pemulihan di sektor jasa intensif kontak juga meningkat dibandingkan dengan industri manufaktur karena jarak sosial dan permintaan eksternal yang lebih kuat di sektor manufaktur.

Indikator utama menunjukan pemulihan pandemi pada kuartal kedua pada tahun 2021

Penjualan ritel, yang melemah dibandingkan rekan-rekan sejak awal pandemi, meningkat 11 persen antara Maret dan April. Aktivitas manufaktur, yang diukur dengan Indeks Manajer Pembelian, telah berkembang dengan mantap dan kuat dibandingkan dengan rekan-rekan yang didorong oleh permintaan eksternal dan harga komoditas yang lebih optimis.

penurunan jumlah kasus aktif diawal tahun

Kasus baru menurun dari 10.000 per hari pada Januari-Februari menjadi 5.000 per hari pada April 2021. Tingkat tes positif juga terus menurun dari puncaknya pada 36,2 persen pada Februari menjadi 12-13 persen pada April, meskipun tetap relatif tinggi. Meskipun tes harian telah meningkat menjadi 2 tes per sepuluh ribu orang pada April 2021 dari 1 tes per sepuluh ribu orang pada Desember 2020, itu masih jauh lebih rendah daripada rekan-rekan seperti Filipina (5), Thailand (10), India (12) dan Turki (36). Namun demikian, Indonesia tetap rentan terhadap gelombang baru yang didorong oleh strain yang lebih menular seperti yang dialami oleh negara lain9 serta mobilitas yang lebih tinggi selama perayaan akhir Ramadhan. Kerentanan yang sedang berlangsung terhadap pandemi menyoroti pentingnya peluncuran vaksin yang cepat.


Sumber: Our World in Data, perhitungan staf Bank Dunia


Kontrol pandemi yang efektif dan peluncuran vaksin yang cepat

Sentimen bisnis dan konsumen memainkan peran penting dalam keputusan pengeluaran dan investasi jangka pendek dan menengah, terutama mengingat kemungkinan permintaan yang terpendam. Kepercayaan konsumen menurun tajam selama pandemi karena persepsi kondisi ekonomi saat ini lemah (kurang dari enam bulan). Pengumuman pengembangan vaksin pada November 2020 dan peluncuran kampanye vaksinasi gratis pada Januari 2021 memberikan beberapa dorongan sentimen. Tetapi dampaknya mungkin telah dikurangi dengan meningkatnya kasus pada bulan Desember-Februari. Kepercayaan konsumen melewati ambang batas optimis, sama dengan 100, pada April 2021 untuk pertama kalinya sejak pandemi mulai didorong oleh ekspektasi membaiknya kondisi ke depan. Ekspektasi jangka pendek juga membaik tetapi sebagian besar tetap pesimis.

Penulis blog

Tidak ada komentar