Beranda
Pengantar: Pengertian, Fungsi, Proses Dan Peran Manajemen
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Pengantar: Pengertian, Fungsi, Proses Dan Peran Manajemen

sejarah Ilmu, Manajemen sebenarnya sama usianya dengan secara manusia karena pada dasarnya semua kegiatan manusia baik secara pribadi (individu) maupun kelompok (organisasi) tidak bisa lepas dari prinsip-prinsip manajemen

secara ilmiah, manajemen mulai timbul sejak terjadinya Revolusi Industri sekitar abad 20 dimana berbagai negara Eropa dan Amerika terjadi perubahan perubahan perubahan dalam mengelola industri yang harus semakin efektif dan efisien hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat sudah semakin banyak semakin maju dan sudah semakin kompleks.

A. PENGERTIAN MANAJEMEN

Definisi manajemen atau pengertian manajemen Japar litaina dibeberapa sumber yang cukup terkenal.

Manajemen menurut Kamus Besar Bohasa Indonesa KBBI adalah: 

“penggunaan sumber daya secara eleki untuk mencapa sasaran" ala "pimpinan yang bertanggung jawab alas jalannya perusaahaan dan organisasi Kata manajemen seperi yang anda katahul berasal dari bahasa inggris “management” yang berasai dri kata dasar "monoge".

Definisi monoge menurut kamus oxford adalah:

"to be in charge or make decisions in a buisniss or an organization" (memimpin atau membuat keputusan di perusahaan alav organisasi

Dan definisi management menurut kamus oxord adalah:

"the control and making of decisions in a buisniss or similar organization" (pengendaan dan pembuatan keputusan di perusahaan atau organisasi sejenis

pengertian managemen yang kedua (masih menurut oxord adalan)

"the process of dealing with or controling peopel or things" (proses yang beruwan dengan atau mengendalkan crang atov bendal,

berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :

1. manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan pengarahan, dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. (by:Drs.Oey Liang Lee)
2. manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. (by: james A,F. stoner)
3. manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan oleh untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.(by: R. Terry)
4. manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(by:Lawrence A. Appley
5. manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.(by: Horold koontz dan cyil o'donnel)

Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, Namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :

manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti planning organizing staffing directing dan controlling yang dilakukan oleh para anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumberdaya organisasi untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan 

Dari definisi di atas maka manajemen dapat kita Gambarkan menjadi seperti gambar di bawah ini.


B. FUNGSI MANAJEMEN

1. planning 

berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit, misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. pembatasan yang terakhir merumuskan perencanaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
  1. tindakan apa yang harus dikerjakan?
  2. apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan?
  3. Dimanakah tindakan itu harus dikerjakan?
  4. kapan tindakan itu harus dikerjakan?
  5. siapa yang akan mengerjakan tindakan itu?
  6. Bagaimana cara melaksanakan tindakan itu?
menurut Stoner planning adalah proses penetapan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi organizing.

2. organizing/pengorganisasian

fungsi ini menyangkut tugas manajer dalam merancang dan mengembangkan suatu organisasi sehingga berbagi program dapat dilaksanakan pengorganisasian menyangkut :
  1. penentuan seluruh sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. perencanaan dan pengembangan suatu organisasi.
  3. penugasan tanggung jawab tertentu. 
  4. pendelegasian wewenang.

3. staffing

staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna memaksimalkan kepada organisasi.

4. Directing/Commanding

directing atau commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan saran perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar bertujuan pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

5. Controlling 

controlling atau pengawasan sering juga disebut Pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian Bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dan tujuan yang telah digariskan semula.

C. MANAJEMEN SEBAGAI ILMU, SENI DAN PROFESI

1. Manajemen sebagai ilmu 

manajemen telah dipelajari sejak lama dan dikembangkan diteliti dengan metode ilmiah sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang telah dikumpulkan secara sistematis diorganisasi dan diterima kebenarannya hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen metode ilmiah pada hakikatnya nya meliputi urutan kegiatan:
  1. mengetahui adanya persoalannya 
  2. mendefinisikan persoalannya 
  3. mengumpulkan fakta dan informasi 
  4. menyusun alternatif penyelesaian 
  5. mengambil keputusan dengan memilih salah satu alternatif penyelesaian 
  6. melaksanakan keputusan serta tindakan lanjut

2. Manajemen sebagai seni 

manajemen juga dianggap sebagai seni Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan memerlukan Kharisma stabilitas emosi kewibawaan kejujuran kemampuan menjalin hubungan antar manusia untuk dapat menggerakkan orang lain guna mencapai tujuan organisasi yang yang semuanya itu hanya diperuntukan oleh bakat seseorang beberapa hal di atas tentu sulit untuk dipelajari sehingga membutuhkan seni untuk dapat menguasainya.

3. Manajemen sebagai profesi

hampir dalam semua kegiatan supaya dapat mencapai tujuan organisasinya maka perlu adanya manajerial (orang yang mengaturnya) Mengapa demikian karena dalam pekerjaan ataupun harus dicapai secara efektif dan efisien kegiatan itu membutuhkan orang yang memiliki kemampuan manajerial sehingga manajemen sekarang sudah dipandang sebagai sebuah profesi.

D. PENGERTIAN EFISIEN DAN EFEKTIF 

seringkali kita berbicara mengenai dua kata yang sering dibicarakan secara bersamaan kata efektif dan efisien Dimana ada kata efektif pasti ada juga kata efisien tapi apakah kita tahu makna dari masing-masing dari dua kata tersebut?

1. Efisien 

efisien adalah perbandingan terbaik antara satu kegiatan dengan hasilnya sehingga diperlukan dua unsur yaitu kegiatan dan hasil dari kegiatan tersebut sehingga keberhasilannya dapat Dinilai dari segi besarnya sumber biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.

menurut Mulyamah (1987;3) yaitu : 

efisien merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataan lain penggunaan yang sebenarnya

2. Efektif 

definisi dari kata efektif yaitu suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memiliki tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.

menurut sondang p. siagian (2001:24) memberikan definisi sebagai berikut :

Efektivitas adalah pemanfaatan sumberdaya sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang dijalankan nya efektivitas menunjukkan keberhasilan dari segi tercapainya tindakannya sasaran yang telah ditetapkan jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran berarti makin tinggi efektivitasnya.

 menurut abdurahmat (2003:92)

Efektivitas adalah pemanfaatan sumberdaya sasaran dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

Hidayat (1986) yang menjelaskan bahwa 

Efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan Seberapa jauh target (kuantitas, kualitas, dan waktu) telah tercapai di mana makin besar persentase target yang dicapai makin tinggi efektivitasnya





Penulis blog

Tidak ada komentar