Beranda
Apa itu Ekonomi Syariah dan Mengapa Penting Bagi Muslim?
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Apa itu Ekonomi Syariah dan Mengapa Penting Bagi Muslim?

Yurisdiksi komersial Islam mencakup aturan untuk transaksi di bidang keuangan dan kegiatan ekonomi lainnya dengan cara yang sesuai Syariah sesuai dengan kitab suci Islam (Al-Qur'an dan Sunnah). Ketaatan pada prinsip-prinsip Islam, berdasarkan perjanjian di mana para pihak melakukan tindakan tertentu dengan imbalan pertimbangan yang sah, merupakan blok bangunan penting dari sistem keuangan dan ekonomi Islam. Prinsip-prinsip teori ekonomi Islam membatalkan transaksi melalui penipuan dan pengaruh yang tidak proporsional yang dilakukan satu orang terhadap yang lain. 

    Syariah adalah hukum agama Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari para pengikut Muslimnya. Istilah Syariah mengacu pada serangkaian hukum agama Islam yang di samping ritual keagamaan mengatur semua aspek kehidupan sehari-hari umat Islam. Syariah didasarkan pada Alquran, kitab suci hadits (perkataan Nabi Muhammad) dan kemudian karya para ahli hukum Islam. 

    Keuangan Islam adalah metode mengatur sistem keuangan yang menganut hukum Syariah. Ini mencakup semua kegiatan ekonomi yang terkait dengan prinsip-prinsip Syariah (Muamalat). Tidak seperti keuangan konvensional, yang bergantung pada uang kertas, model keuangan Islam mencakup semua bagian ekonomi yang terkait dengan produksi barang dan jasa, daripada transaksi yang terkait dengan pasar keuangan, seperti pasar saham.   

    Jika keuangan Islam didasarkan pada aset nyata, kehancuran seperti Depresi Hebat tahun 2008 lebih kecil kemungkinannya. Prinsip-prinsip yang mendukung keuangan Islam menciptakan sistem yang kuat yang menawarkan banyak pelajaran untuk pasar konvensional. Dengan mengimpor prinsip-prinsip keuangan Islam, pasar ekonomi global dapat memperkuat transparansi dan etika mereka secara keseluruhan dengan mengandalkan aset nyata.   

    Fitur utama dari ekonomi Islam adalah bahwa kegiatan ekonomi dan keuangan terkait erat dengan aktivitas sektor ekonomi riil dengan mempromosikan struktur berbasis ekuitas yang didukung oleh aset berwujud dan berbasis utang, sedangkan investasi dalam transaksi konvensional tidak didukung oleh aset nyata. 

    Akibatnya, keuangan Islam mendorong penciptaan nilai sosial dan ekonomi. Memasukkan prinsip-prinsip keuangan Islam akan membuat pasar konvensional lebih kuat, karena keseimbangan kekuatan antara para pihak akan menghasilkan transaksi yang lebih adil. 

    Dalam beberapa tahun terakhir telah ada minat yang cukup besar dalam keuangan Islam di beberapa pusat keuangan konvensional terkemuka di dunia, termasuk London, New York dan Hong Kong, karena investor Barat mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam produk keuangan Islam. Sementara pertanyaannya tetap apakah bank yang didorong ke tepi jurang oleh krisis keuangan baru-baru ini akan mengubah perilaku mereka dan menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial dalam kegiatan investasi mereka, pertumbuhan keuangan Islam yang berkelanjutan menunjukkan penerimaan yang berkembang di pasar untuk pendekatan yang berbeda. Dalam keuangan Islam, dapat dikatakan bahwa itu sebenarnya lebih berkelanjutan daripada rekan-rekan Baratnya, karena konsep intinya bahwa semua pihak transaksional berbagi risiko.  

    Mereka membentuk bagian integral dari kerangka penelitian ekonomi Islam karena mereka membantu ekonom Muslim untuk memahami hukum tindakan terlarang dan pelanggaran sipil dalam konteks Islam (Fry, 1981) dan menjelaskan bagaimana hukum dan perjanjian dapat disesuaikan dengan standar Islam yang sempurna. Rasionalitas dalam ekonomi Islam tidak terbatas pada melayani kepentingannya sendiri di dunia ini, tetapi diperluas ke akhirat, di mana ketaatan terhadap nilai-nilai moral membantu mengekang kepentingan pribadi dan mempromosikan kepentingan sosial. Perbankan dan keuangan Islam menguraikan berapa banyak yang dapat berinvestasi dalam aturan suku bunga. 

    Di sisi lain, sistem ekonomi Islam berupaya memberikan filter moral bagi berbagai tingkat aktivitas kehidupan dengan mendirikan lembaga-lembaga di sektor sukarela dan aparatur negara untuk menjamin pembangunan ekonomi dan keadilan sosial di masyarakat. Ekonomi Islam berusaha untuk mempromosikan persaudaraan manusia, keadilan sosial ekonomi dan kesejahteraan melalui peran terintegrasi nilai-nilai moral, mekanisme pasar, masyarakat keluarga dan pemerintahan yang baik. Apa yang membedakan paradigma ekonomi Islam dari ekonomi konvensional adalah bahwa umat Islam yang bersangkutan memperhitungkan implikasi moral dari pelaksanaan ekonomi pasar bebas. 

    Menurut ekonom Rasem Kaye, sementara sejumlah universitas dan perguruan tinggi menawarkan kursus ekonomi dan keuangan Islam, sebagian besar kursus yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga ini berfokus pada keuangan Islam, bukan ekonomi Islam. Cendekiawan klasik dunia Muslim telah memberikan kontribusi berharga bagi pemikiran Islam tentang masalah produksi, konsumsi, pendapatan, kekayaan, properti, pajak tanah, dan kepemilikan tanah. Namun, orang tidak boleh tidak puas dengan kenyataan bahwa tantangan utama bagi ekonomi Islam adalah bahwa banyak ekonom dan pemikir Muslim menggunakan teori dan pendekatan tradisional untuk mengajarkan ekonomi dan komponennya di bidang perbankan dan keuangan (Haneef, 2016; Hassan, 2005; Kayed, 2008; MA Khan, 2013). 

    Bab tiga memberikan taksonomi singkat prinsip-prinsip pasar Islam dasar dan menilai mereka dalam konteks konteks kelembagaan dan perilaku ekonomi ketidakpastian Knighthood. Inti dari ekonomi dan keuangan Islam adalah kenyataan bahwa uang itu sendiri tidak memiliki nilai intrinsik. Menurut ekonom Muhammad Akram Khan, pilar terpenting dari teori ekonomi Islam adalah riba (landemark) zakat (pajak atas kekayaan dan pendapatan). 

    Pada bulan Juni, misalnya, Goldman Sachs memberikan pinjaman kepada Arcapita Bank, sebuah perusahaan investasi syariah yang sesuai dengan Syariah dan tidak mengenakan bunga. Dalam keuangan Islam, uang tidak dapat digunakan untuk menghasilkan lebih banyak uang, karena produksi kekayaan yang mendasarinya harus dari jenis yang menghasilkan keuntungan. 

    Eqtesad-e Eslami, yang berarti ekonomi Islam, sebagian besar menghilang pada 1990-an dari wacana politik Iran ketika hidupnya di dunia Muslim beralih ke bentuk perbankan bebas bunga yang ambisius. Untuk membiayai perdagangan nasional dan internasional mereka yang berkembang, umat Islam mengembangkan sistem keuangan yang mampu memobilisasi seluruh reservoir sumber daya keuangan di dunia Islam abad pertengahan untuk membiayai pertanian, kerajinan, manufaktur, dan jarak jauh trade (Udovitch 1970). 

Penulis blog

Tidak ada komentar