Beranda
Pemerintah menekankan empat area fokus untuk pengembangan ekonomi Islam
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Pemerintah menekankan empat area fokus untuk pengembangan ekonomi Islam

Wakil Presiden Maruf Amin menyoroti 4 fokus pengembangan industri ekonomi serta keuangan syariah di Indonesia.

“ Fokus zona awal merupakan industri halal yang dilaksanakan dengan meningkatkan kawasan industri halal di dalam kawasan industri,” kata Wapres Amin dalam keynote speech pada Bizare Investment Conference 2021 yang diselenggarakan secara online dari Jakarta, Sabtu.

Pemerintah senantiasa berkomitmen buat memprioritaskan Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah( UMKM) sembari merumuskan kebijakan buat pengembangan industri halal dalam negara, tegas Amin.

“ Fokus kedua kami merupakan industri keuangan syariah yang bertujuan buat membangun sistem keuangan yang modern serta andal selaku tulang punggung industri serta perdagangan nasional,” kata Wapres.

Penggabungan 3 bank syariah kepunyaan negeri jadi satu Bank Syariah kepunyaan negeri Indonesia( BSI) ialah fakta komitmen pemerintah buat meningkatkan industri keuangan syariah, kata Amin.

Kabar terpaut: Ekonomi Syariah Maju dengan Baik, Berkembang Menjanjikan: VP Amin

Pemerintah pula mendesak pengembangan lembaga keuangan syariah kecil serta menengah di Indonesia, semacam bank wakaf mikro, lembaga keuangan mikro syariah, serta koperasi syariah, katanya.

“ Fokus ketiga merupakan meningkatkan sistem dana sosial Islam nasional dengan reorganisasi wakaf,” kata Wapres.

Pemerintah wajib membenarkan reorganisasi lembaga wakaf tidak merugikan dana serta harta umat Islam yang dititipkan kepada lembaga wakaf, paling utama pada masa transisi pergantian status harta barang wakaf dari benda tidak bergerak jadi benda bergerak, kata Amin.

“ Fokus keempat kami merupakan tingkatkan serta memperluas cakupan bisnis syariah,” kata Amin.

Amin mencatat, ekspansi ruang lingkup bisnis syariah ialah strategi berarti buat mendesak perekonomian umat Islam Indonesia.

Pengembangan bisa dicoba dengan mendirikan pusat inkubasi bisnis buat menampung ide- ide bisnis dan meningkatkan bisnis syariah di daerah Indonesia, tambahnya.

Kabar terpaut: Perkembangan syariah lebih baik dari perkembangan ekonomi nasional: Bank IndonesiaBerita terpaut: Meningkatnya kedudukan ekonomi syariah di Indonesia


Penulis blog

Tidak ada komentar