Beranda
Agile Organization vs Traditional Organization Mana yang Tepat untuk Proyek Anda?
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Agile Organization vs Traditional Organization Mana yang Tepat untuk Proyek Anda?

Agile Organization

Dalam beberapa tahun terakhir, Agile telah mendominasi dunia pengembangan proyek dan pengembangan perangkat lunak. Semua tampaknya membahas metodologi manajemen proyek. Dunia perubahan bisnis dengan cepat dan itulah sebabnya perusahaan mencari proses, pendekatan, dan metodologi yang dapat membantu mereka mengeksekusi bisnis tanpa gangguan.

Meskipun ada puluhan pendekatan manajemen proyek yang berbeda, tetapi opsi terakhir harus dilakukan ketika mempertimbangkan sifat bisnis dan persyaratan. Dari semua metode, metodologi tradisional (air terjun) dan gesit sering saling berhadapan.

Jika Anda ingin tahu bagaimana kedua pendekatan berbeda satu sama lain dan mana yang harus dipilih untuk proyek Anda berikutnya, ia telah mencapai tempat yang tepat. Di bawah ini adalah diferensiasi terperinci dari pendekatan manajemen proyek.

Apa itu Manajemen Proyek Tradisional?

Manajemen tradisional proyek adalah metodologi yang mapan di mana proyek dijalankan dalam siklus berurutan. Ikuti urutan permanen: inisiasi, perencanaan, implementasi, pemantauan dan penutupan. Pendekatan manajemen proyek tradisional memberikan penekanan khusus pada proses linear, dokumentasi, perencanaan dan prioritas muka. Menurut metode tradisional, waktu dan anggaran adalah variabel dan persyaratan tetap karena mereka sering menghadapi masalah dan tenggat waktu anggaran. Untuk setiap langkah, ada alat dan teknik yang ditentukan oleh metodologi PMBOK® standar diikuti oleh manajer proyek.

Menariknya, ini juga mencakup metodologi lain seperti PRINCE2 yang dihadiri oleh beberapa organisasi di bawah pemerintah Inggris dan perusahaan swasta seperti Vodafone, Siemens dan lainnya. Ini juga disebut model air terjun.

Manfaat metodologi tradisional

  1. Tujuan yang ditentukan dengan jelas 
  2. Proses yang dapat dikontrol 
  3. Hapus dokumentasi 
  4. Lebih akuntabilitas

Apa itu Manajemen Proyek Agile

Metode Agile adalah proses manajemen proyek yang membagi proyek menjadi tugas dan tahapan yang lebih kecil. Pemisahan karya ini memungkinkan tim Agile untuk memasukkan kontribusi dari pihak yang berkepentingan, penilaian ulang pekerjaan, dan mengambil pendekatan berulang pada setiap tahap proses. Salah satu pendekatan paling umum dalam gesit meliputi distribusi pekerjaan dalam fase pengembangan jangka pendek, yang dikenal sebagai Sprint. Ini memungkinkan tim untuk bekerja dengan cepat dan mengevaluasi kembali pekerjaan dengan Direktur dan Stakeholder dalam merencanakan perencanaan dan Scrum Sprn cepat. Setelah ditinjau, tim proyek dan pemangku kepentingan dapat melanjutkan pekerjaan mereka atau mengubah rencana untuk ras kecepatan berikutnya. Dibandingkan dengan pendekatan yang biasa untuk manajemen proyek, Agile memberi prioritas pada kecepatan, fleksibilitas, kerja tim, dan kebutuhan pihak yang berkepentingan.


Manfaat manajemen proyek tangkas

  1. pekerjaan proyek dapat dipecah menjadi unit kerja sesuai tim
  2. responsif terhadap kebutuhan klien 
  3. intraksi klien dan developer lebih intens 
  4. proyek yang anda kerjakan akan lebih cepat selesai 
  5. kecepatan kerja tim lebih setabil 
  6. hasil yang lebih berkualitas 

Perbedaan antara metodologi proyek tradisional dan tangkas


Alasan Mengapa Agile lebih disukai bukan pendekatan tradisional

Kemampuan Adaptasi

Inti dari Metodologi Agile adalah kemampuannya untuk merespons perubahan tujuan, lingkungan atau masalah proses. Melalui kerangka gesit, kemampuan untuk mengevaluasi pekerjaan sedang dilakukan, jadwal dan kebutuhan proyek diintegrasikan ke dalam pendekatan ini. Jika pihak yang tertarik ingin mengubah ruang lingkup atau alamat proyek, pertemuan singkat (Scrum) dan perencanaan cepat (perencanaan sprint) memberikan kesempatan bagi tim untuk mengubah alamat pekerjaan mereka. Jika seorang anggota tim menemukan masalah dalam tugas yang sedang dilakukan pada saat itu atau sebagian dari sebuah proyek di mana sedang dilakukan, program proyek dapat disesuaikan sehingga masalah dapat dilampaui dengan cepat. Alih-alih tim proyek yang menghasilkan sesuatu yang tidak lagi memenuhi kebutuhan klien, Agile memungkinkan Anda untuk mengubah arah dengan cepat.

Konsolidasi pihak yang berkepentingan

Dengan tingkat fleksibilitas ini, Agile juga akan tetap selaras dengan kebutuhan dan tuntutan pelanggan dan pelanggan yang selalu berubah. Dalam proyek apa pun, tujuan dan cakupan yang dijelaskan pada awal proyek kepada tim dan pihak-pihak yang berkepentingan jarang mereka. Ini terjadi sebanyak mungkin, karena pelanggan memerlukan pekerjaan tambahan dan kebutuhan tambahan, atau bahwa pelanggan akhir perlu berubah seiring waktu berjalan. Apa pun alasan untuk mengubah rencana oleh pihak yang berkepentingan, Agile memungkinkan Anda untuk menanggapi lebih banyak perubahan sehingga Anda dapat menyelesaikan proyek dengan cepat tanpa penundaan. Ini akan memastikan bahwa hasil kerja dapat memenuhi harapan perubahan klien, sejauh harapan telah berubah sejak awal proyek.

Kecepatan

Tentu saja, metode Agile tidak akan menanggung nama ini jika karakteristiknya tidak gesit atau gesit. Ketika menggambarkan tugas peralatan di bagian-bagian kecil, dan memberi mereka periode kerja yang lebih pendek tetapi jelas, gesit memungkinkan tim mereka berkonsentrasi pada pekerjaan dan bekerja lebih cepat. Dengan cara paling sederhana, produk dapat mencapai pasar atau pelanggan tercepat. Namun, kecepatan dan kemampuan ini untuk beradaptasi ini sebenarnya adalah inti dari kombinasi yang membuat tangkas menarik perhatian dari dunia bisnis dari beberapa bidang. Ketika masalah muncul, tim Anda dapat mengubah taktik dan mengatasinya dengan cepat. Tidak ada waktu yang dihabiskan untuk melihat lagi rencana atau dokumen awal: menaikkan masalah dalam pertemuan singkat (Scrum), memprogramnya, kemudian menyelesaikan masalah. Dengan cara ini, Agile membantu tim tetap fokus pada tugas individu dan menyelesaikannya tepat waktu.

Cara memilih pendekatan yang benar

Bahkan, tidak ada metodologi "ukuran tunggal untuk semua" yang memadai untuk setiap proyek atau organisasi. Pilihan implementasi metodologi sangat tergantung pada faktor-faktor seperti sifat proyek, ukuran, sumber daya yang terlibat, antara lain.

Sebagian besar waktu, manajer proyek cerdas memutuskan metodologi mana yang akan diadopsi selama inisiasi atau inisiasi proyek. Dia menerima panggilan terakhir sesuai dengan sponsor lain dari proyek dan orang-orang yang terlibat dalam proses perencanaan proyek. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih metodologi yang benar untuk proyek Anda.

  1. Lihatlah persyaratan proyek. 
  2. Pertimbangkan teknologi yang terlibat dalam proyek. 
  3. Apakah proyek rentan terhadap risiko dan ancaman yang tidak diinginkan.
  4. Faktor penting lainnya adalah ketersediaan sumber daya. 
  5. Kekritisan produk akhir sangat bergantung pada sifat metodologi.

kesimpulan 

Dalam perjuangan antara proyek-proyek tradisional dan manajemen proyek gesit ini, yang terakhir ternyata menjadi pemenang yang jelas. Ketika Anda melibatkan pengembang dan klien dalam proses penting, hasil akhir untuk pelanggan dan pengalaman kerja untuk semua orang yang terlibat jauh lebih berguna daripada menerapkan pendekatan gaya tradisional untuk manajemen proyek.


Manfaat lain termasuk kualitas tinggi, lebih produktivitas, nilai komersial yang lebih baik, biaya lebih sedikit dan kecepatan pasar cepat ke pasar. Selain itu, mengingat sifat dasar yang dinamis saat ini di mana perubahan terjadi kapan saja, mematuhi metodologi gesit akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi perusahaan.

Penulis blog

Tidak ada komentar