Beranda
Klasifikasi Dari Pasar Keuangan
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Klasifikasi Dari Pasar Keuangan

Klasifikasi Dari Pasar Keuangan

apa itu Pasar Keuangan? Pasar keuangan adalah mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seorang atau korporasi untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi), Dalam sekuritas komoditas dimungkinkan dapat melakukan pembelian dan penjualan awal atas produk-produk sumber alam seperti produk pertanian dan Pertambangan dan lain sebagainya.

Dalam arti sempit pasar keuangan adalah pasar yang memperjual-belikan (memperdagangkan) aset-aset keuangan. dimana Pasar keuangan atau financial market menyediakan suatu mekanisme penciptaan dan pertukaran aktiva keuangan. Walaupun aktiva keuangan dapat dibeli dan dijual secara pribadi, namun pada kebanyakan pasar keuangan yang telah maju terdapat peluang untuk memperdagangkan aktiva keuangan pada beberapa struktur institusional.

Pasar keuangan sendiri dapat diklasifikasikan dalam berbagai dimensi, misalnya berdasarkan aset yang diperdagangkan, berdasarkan sifat dari klaim, dan lain-lain.

1. Klasifikasi berdasarkan sifat dari klaim: 

  • Pasar utang (debt market) Pada dasarnya merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan arus kas tetap atau aset keuangan dengan instrumen utang (debt instrument). Contoh: obligasi (bonds), kredit (credit), surat utang jangka pendek (commercial peper), dan lain-lain.
  • Pasar ekuitas (equity market) Adalah pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan arus kas tidak tetap atau aset keuangan dengan instrumen ekuitas (equity instrument). Contoh: saham biasa.

2. Klasifikasi berdasarkan jatuh tempo klaim: 

  • Pasar uang (money market) Merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan instrumen utang jangka pendek. Pada umumnya jangka waktu jatuh tempo surat utang di bawah 12 bulan 
  • Pasar modal (capital market) Adalah pasar bagi aset-aset keuangan jangka panjang, yaitu aset keuangan yang jatuh temponya di atas 12 bulan. Di pasar ini aset keuangan yang diperdagangkan bisa dengan instrumen utang, bisa juga dengan instrumen ekuitas. 

3. Klasifikasi berdasarkan penerbitan klaim: 

  • Pasar primer (primary market) Adalah pasar keuangan dimana perusahaan-perusahaan menerbitkan aset keuangan untuk pertama kalinya dijual atau ditawarkan. Pasar ini juga disebut pasar perdana atau sering juga disebut initial public offering (IPO) 
  • Pasar sekunder (secundery market) Merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan / klaim keuangan yang sebelumnya sudah dijual di pasar perdana, atau pasar primer. Kadang-kadang disebut pasar dari aset keuangan yang telah usang. 

4. Klasifikasi berdasarkan waktu pengiriman: 

  • Pasar kas (spot market) Adalah pasar dimana pada saat transaksi langsung dilakukan penyelesaian pembayaran (settlement) dan penyerahan aset keuangan. 
  • Pasar derivatif (derivative market) Pada dasarnya merupakan pasar dimana transaksi aset keuangan penyelesaiannya dilakukan beberapa waktu kemudian atau secara berjangka. Transaksi ini pada umumnya merupakan kontrak berjangka (forward contracts) dan kontrak opsi (option contracts). Transaksi ini biasanya dilakukan investor untuk mengendalikan risiko besar.

5. Klasifikasi berdasarkan struktur organisasi: 

  • Pasar lelang (auction market) Adalah pasar di mana pembeli memasukkan tawaran kompetitif dan penjual memasukkan penawaran yang kompetitif pada saat yang sama. Harga aset keuangan yang diperdagangkan merupakan harga tertinggi yang pembeli bersedia membayar dan harga terendah yang penjual bersedia untuk menjual. Tawar menawar yang cocok kemudian dipasangkan bersama-sama dan selanjutnya dieksekusi. 
  • Pasar paralel atau pasar tidak terdaftar (over-the-counter market / OTC market) Merupakan pasar aset keuangan yang tidak tercatat di bursa. Para peserta perdagangan melakukan transaksi melalui telepon, jaringan faksimili atau elektronik, bukan di lantai bursa secara fisik. 
  • Pasar perantara (intermediated market) Adalah pasar di mana satu atau lebih lembaga keuangan berdiri di antara counterparty dalam transaksi.

Penulis blog

Tidak ada komentar