Beranda
UAS Mata Kuliah Bisnis Internasional
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

UAS Mata Kuliah Bisnis Internasional

 

  • Bagaimana fungsi keuangan bisnis internasional dalam meningkatkan posisi kompetitif perusahaan di bursa global? Jelaskan!  
  • Perbedaan antarnegara dalam memberikan kompensasi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis internasional. Menurut anda, apakah perusahaan membayar kompensasi sesuai standar di negara tersebut atau menyamakan gaji secara global? Jelaskan!  
  • Dalam praktik gobal yang dilakukan oleh McDonald’s, bagaimana pendekatan yang dilakukan oleh McDonald’s dalam mengambil perbedaan lokal ke dalam pertimbangan strategi bisnis yang dilakukan? Jelaskan!    

JAWABAN :


1. Posisi Kompetitif atau Competitive Position merupakan ukuran kesuksesan perusahaan, dimana salah satu ukurannya adalah dominasi relatif di pasar. Perusahaan yang lebih besar biasanya menetapkan tujuan dalam hal posisi kompetitif, yang seringkali menggunakan total penjualan atau pangsa pasar sebagai ukuran keunggulan kompetitif atau posisi mereka ( Louise Kelly & Chris Booth, 2004,).

Keuangan perusahaan dalam bisnis internasional, berkaitan dengan struktur modal perusahaan, termasuk pendanaannya dan tindakan yang diambil manajemen untuk meningkatkan nilai perusahaan. Keuangan perusahaan juga mencakup alat dan analisis yang digunakan untuk memprioritaskan dan mendistribusikan sumber daya keuangan.

Tujuan akhir dari keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai bisnis melalui perencanaan dan implementasi sumber daya, sambil menyeimbangkan risiko dan profitabilitas.

Keuangan perusahaan dalam binis internasional didapatkan dari dua sumber yaitu dengan menjual saham atau IPO dibursa efek atau melalui pinjaman dibank, hal ini tentunya untuk memenuhi permodalan perusahaan untuk dapat bersaing di pasar internasional, Struktur modal perusahaan sangat penting untuk memaksimalkan nilai bisnis. Modal yang didapat nantinya akan digunakan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan dalam bidang pemasaran,oprasional,serta sumber daya manusia. Contonya dalam bidang pemasaran, perusahaan dengan permodalan yang cukup, dapat dengan leluasa  membuat strategi promosi yang lebih beragam seperti adanya diskon, cashback dll hal ini akan menigkatkan penjualan dari perusahaan, setrategi promosi yang berfariasi juga akan menigkatkan pangsa pasar dari perusahaan tersebut sehingga dapat menigkatkan level perusahaan dalam bursa global.

2. Menurut Wikipedia Indonesia, Kompensasi merupakan segala sesuatu yang diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada seseorang yang umumnya merupakan objek yang dikecualikan dari pajak pendapatan.

Kompensasi merupakan hal yang kompleks dan sulit, karena didalamnya melibatkan dasar kelayakan, logika, rasional, dan dapat dipertanggungjawabkan serta menyangkut faktor emosional dari aspek tenaga kerja.

Kompensasi diberikan dengan tujuan memberikan rangsangan dan motivasi kepada tenaga kerja untuk meningkatkan prestasi kerja, serta efisiensi dan efektivitas produksi. Oleh karena itu, bila kompensasi diberikan secara benar, para karyawan akan lebih terpuaskan dan termotivasi untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.

Lalu bagaimana perusahaan menetapkan kompensasi yang diberikan kepada para karyawan disetiap negara? Bentuk dari kompensasi yang diberikan perusahaan kepada para karyawan beragam antara lain gaji atau upah, insentif, bonus, tunjangan, dan fasilitas. 

Diberbagai negara memiliki aturan tersendiri, bagai perusahaan dalam memberikan kompensasi pada karyawanya, dikutip dari Japan today, gajih karyawan dihutung berdasarkan jam kerja, upah minimum rata-rata di Jepang adalah 901 yen per jam (sekitar Rp. 116 ribu). Sedangkan diindonesia uapah pekerja dihitung menggunakan system upah perbulan. Dan rata-rata upah minimum sebesar Rp 2,76 juta per bulan. Data diambil dari Badan Pusat Statistik pada Agustus 2020. Melihat fakta diatas maka dapat disimpulkan bahwa kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan akan menyesuasikan setandar yang ada disetiap negara, karena biaya hidup karwayan serta loyalitas karyawan berbeda disetiap negara sehingga perusahaan perlu memperhitungkan lah itu, jikalau perusahaan inggin tetap menstadarisasi gaji karyawan secara global maka karyawan merasa tidak nyaman untuk bekerja di perusahaan tersebut, Kembali lagi tujuan diberikanya kompensasi bagi karyawan untuk memotivasi kepada para karyawan seta menciptakan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, jika kompensasis dianggap tidak sesuai bagi karyawan kama motivasi serta loyalitas kariyawan juga rendah.

3. Menurut Wikipedia Indonesia perusahaan McDonald's Corporation adalah perusahaan makanan cepat saji Amerika, yang didirikan pada tahun 1940 sebagai restoran yang dioperasikan oleh Richard dan Maurice McDonald, di San Bernardino, California, Amerika Serikat. 

McDonald's adalah rantai restoran terbesar di dunia berdasarkan pendapatan, melayani lebih dari 69 juta pelanggan setiap hari di lebih dari 100 negara di 37.855 outlet pada 2018.

Pendekatan yang dilakukan perusahaan McDonald's dalam mengambil perbedaan local adalah dengan inovasi produk, Upaya McD dalam berinovasi produk dengan menyesuaikan citarasa masyarakat di setiap negara. Contonya saat McD pertama kali berekspansi keIndonesia. McD menyisipkan menu nasi sebagai pendaming fried chicken dan saus sambal yang disukai masyarakat Indonesia. penambahan menuuntuk watu-waktu tertentu juga dilakukan oleh McD Indonesia di beberapa kota besar. Adapun menu tersebut yaitu paket nasi uduk yang ditawarkan saat berbuka puasa dan sahur. Tidak hanya itu, McD terus berinovasi untuk menciptakan menumakanan yang cocok untuk masyarakat Indonesia seperti menambahkan bumbusate/rendang/balado pada burger, serta es krim McFlurry. 

Target dan Nilai Masyarakat Indonesia, Produk yang ditawarkan oleh McD dapat dibilang sangat universal karena ditargetkan kepada semua umur. Target khusus McD adalah keluarga, mulai darianak-anak hingga orang tua. Hal ini terlihat dari program dari McD seperti program Mykids dan Happy Meal.

Menganalisis kebiasaan masyarakat local, hal ini tercermin dalam pelayanan McD di Indonesia dimana, kebiasaan masyarakat Indonesia adalah menyukai sesuatu yanginstan. Khusus makanan, terlihat bahwa masyarakat lebih menyukai makanancepat saji dengan alasan waktu. Melihat hal ini, McD Indonesia menyediakanspot yang nyaman untuk konsumen menikmati makanan cepat saji, sertamenyediakan layanan drive thru, dimana konsumen dapat membeli tanpa harusmengantri panjang di dalam outlet.

Menganalisis dominasi agama dinegara tujuan, Kembali lagi hal ini tercermin dalam Produk yang ditawarkan oleh McD di Indonesia McD selalu memberikan lebel halal, selain itu McD Indonesia juga bekerjasama dengan MUI Indonesia dalam pencatutan label halal sesuai denganSOP yang berlaku.

Bahasa dan Terjemahan, untuk melakukan penyesuaian budaya, McD juga mengunakan bahasa yang disesuaikan disetiap negara, hal ini juga akan memudahkan para pembeli lokal dalam memesan makanan.

Dari perbedaan local di setiap negara McD dapat mengubah menjadi strategi bisnis, dan menjadi keungulan kompetitif yang dimiliki perusahaan McDonald's Corporation.


Penulis blog

Tidak ada komentar