Beranda
Ruang Lingkup Bank dan Lembaga keuangan
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Ruang Lingkup Bank dan Lembaga keuangan

 1.1 Pengertian Bank 

Menurut Kasmir (2014:14) dalam bukunya Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sedangkan Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah

badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidur rakyat banyak. 

Dari pengertian di atas dapat dijelaskan secara lebih luas lagi bahwa bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. 

Sedangkan usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana,menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti, bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi masyarakat. 

Kegiatan menyalurkan dana, berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat. Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut.

Gambar 1.1 Kantor Bank Mandiri Cabang semarang padenaran 

1.2 Tujuan Jasa Perbankan

Jasa bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Jasa perbankan  pada umumnya terbagi atas dua tujuan. Pertama, sebagai penyedia mekanisme dan alat  pembayaran yang efisien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai, tabungan,  dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam kehidupan ekonomi. Tanpa  adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien ini, maka barang hanya dapat  diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu. 

Kedua, dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan  pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara  akan meningkat. Tanpa adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang  tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak  memiliki dana pinjaman.

1.3 Jenis Bank 

Berikut di bawah ini adalah macam-macam dan jenis-jenis bank yang ada di Indonesia dapat ditinjau dari berbagai macam segi antara lain: 

1.3.1 Bank Dilihat dari Segi Fungsinya 

Sejak diberlakukannya Undang-Undang nomor 10 tahun 1998, jenis bank dapat dibedakan menjadi Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. 

1. Bank Umum Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank Umum sering juga disebut Bank Komersial. Bank umum di Indonesia dilihat dari kepemilikannya terdiri atas: 

  • Bank milik pemerintah seperti BRI, BNI, BTN. 
  • Bank Pembangunan Daerah (BPD), 
  • Bank Swasta Nasional Devisa, seperti BCA, NISP, Bank Danamon. 
  • Bank milik swasta nasional 
  • Bank milik koperasi 
  • Bank milik asing, seperti Bank of America, Bank of Tokyo. 

 Bank umum dilihat dari segi kedudukan dalam hal pelayanan kepada masyarakat dibedakan menjadi : 

  • Bank Umum Devisa artinya yang ruang lingkup gerak operasionalnya sampai ke luar negeri. 
  • Bank Umum Non Devisa artinya ruang lingkup gerak operasionalnya di dalam negeri saja 

2. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 

Gambar 1.2 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 

Menurut Undang-Undang Nomor 7 tahun 1992 tentang Perbankan, yang dimaksud Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. 

1.3.2 Bank dilihat dari segi kemampuan bank menciptakan alat pembayaran 

Bank yang dapat menciptakan alat pembayaran baik berupa uang kartal maupun uang giral. Bank yang termasuk kelompok ini adalah: 

1. Bank Sentral atau Bank Indonesia sebagai pencipta uang kartal. Selain itu tugas Bank Sentral diantaranya: 

  • menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter ; 
  • mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran; dan 
  • mengatur dan mengawasi bank. 

2 Bank Umum sebagai pencipta uang giral (uang yang hanya berlaku secara khusus dan tidak berlaku secara umum).

1.4 Pengertian Lembaga keuangan 

Menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perbankan,  yang dimaksud lembaga keuangan adalah semua badan yang rnelalui kegiatan-kegiatan di  bidang keuangan menarik uang dari masyarakat dan menyalurkan uang tersehut kembali ke  masyarakat. Lembaga keuangan menyalurkan kredit kepada nasabah atau menginvestasikan  dananya dalam surat berharga di pasar keuangan (finansial market). Lembaga keuangan juga  menawarkan bermacam – macam jasa keuangan mulai dan perlindungan asuransi, menjual  program pensiun sampai dengan penyimpanan barang-barang berharga dan penyediaan suatu  mekanisme untuk pemhayaran dana dan transfer dana 

Gambar 1.3 Lembaga Keuangan

Pengertian lembaga keuangan non Bank adalah semua badan yang melakukan kegiatan  di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama  dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna  membiayai investasi perusahaan. Lembaga keuangan berkembang sejak tahun 1972, dengan  tujuan untuk mendorong perkembangan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi lemah.  Beberapa jenis lembaga keuangan non bank diantaranya yaitu perusahaan asuransi,  perusahaan leasing, perusahaan dana pensiun, reksadana, bursa efek, pegadaian, perusahaan  modal ventura dll.

1.5. Peranan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan sebagai badan yang melakukan kegiatan-kegiatan di bidang keuangan mempunyai peranan sebagai berikut: 

  1. Membantu dunia usaha dalam meningkatkan produktivitas barang / jasa 
  2. Memperlancar distribusi barang 
  3. Mendorong terbukanya lapangan pekerjaan 


Penulis blog

Tidak ada komentar