Beranda
Mengenal Investasi Dan Apa Keuntungan Yang Di Dapatkan
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Mengenal Investasi Dan Apa Keuntungan Yang Di Dapatkan

Ketika anda memutuskan berinvestasi, anda memberikan uang anda dan uang anda akan bekerja untuk anda dan tujuan masa depan anda, berinvestasi mungkin lebih rumit dibandingkan dengan anda menyetorkan gaji anda ke rekenig tabungan, tetapi setiap penabung bisa menjadi investor.

APA ITU INVESTASI ?

investasi sendiri adalah suatu aset yang digunakan untuk pertumbuhan kekayaan (accretion of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalti, dividen dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi investor. tujuan adalah untuk membeli produk keuangan, juga disebut investasi, dan mudah-mudahan menjualnya dengan harga lebih tinggi dari yang Anda bayarkan pada awalnya. ada beberapa jenis instrumen investasi misalnya Deposito, Saham, Emas, Properti, Reksa dana,Obligasi, dll.

perbedaan menabung dan berinvestasi :

  • Anda biasanya menyimpan uang di rekening bank tradisional atau hanya dengan menyimpannya di tempat yang aman. Saat Anda berinvestasi, Anda membeli produk dan menyimpan uang Anda di akun investasi tertentu.
  • Saat menabung, peluang Anda untuk berkembang lebih rendah, dan mungkin tidak ada sama sekali. Berinvestasi membantu Anda mengalahkan inflasi melalui bunga yang diperoleh—memastikan daya beli uang Anda tetap kuat.
  • Menabung biasanya dicadangkan untuk tujuan jangka pendek dan menengah, sedangkan investasi lebih cocok untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun.
Dilihat dari jangka waktunya, investasi dapat dibagi menjadi dua kategori :

1. Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi ini memiliki periode yang cukup pendek dengan hasil return yang dapat dilihat setelah 3 sampai 12 bulan. Jenis investasi ini juga sering disebut dengan istilah investasi sementara atau sekadar untuk mengamankan dana yang dimiliki sambil menunggu munculnya peluang investasi lain yang memiliki return relatif lebih optimal.

Setidaknya ada 2 ciri yang membuat sebuah instrumen investasi bisa disebut sebagai investasi jangka pendek. Pertama, investasi tersebut harus memiliki kualitas tinggi. Kedua, instrumen investasi tersebut harus sangat likuid dan mudah dijual kembali.

Meski secara sepintas investasi jangka pendek terlihat begitu sempurna, ada satu kekurangan yang dimilikinya. Dibandingkan dengan investasi jangka panjang, investasi jangka pendek memiliki return yang relatif jauh lebih rendah. Ada macam-macam investasi yang masuk ke dalam kategori ini. Salah satu di antaranya yang juga cukup populer adalah reksa dana.

2. Investasi Jangka Panjang

Setiap instrumen investasi yang masuk ke dalam kategori ini butuh waktu bertahun-tahun untuk mulai menghasilkan return. Tidak jarang, seorang investor harus menahan dan menyimpan investasi ini hingga 10 tahun sebelum menjualnya dan merealisasikan return. Bahkan tidak sedikit investasi jangka panjang yang hanya dibeli tanpa dijual kembali.

Meski membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menghasilkan return, investasi jangka panjang umumnya memiliki return yang lebih optimal dibandingkan jenis investasi jangka pendek. Namun sebagai konsekuensinya, risiko yang ditanggung juga umumnya lebih tinggi.

Untuk memaksimalkan potensi dari investasi jangka panjang, Anda harus memiliki modal yang cukup besar. Selain itu Anda juga harus menerima fakta bahwa sebuah investasi jangka panjang bisa saja terus merugi selama beberapa tahun pertama. Karena itulah, perlu analisis yang cukup mendalam sebelum memutuskan untuk mengambil jenis investasi ini.

Ada cukup banyak instrumen investasi yang masuk ke dalam kategori investasi jangka panjang. Salah satu yang cukup populer adalah investasi saham.

3 Setrategi Investasi 

Pertama, mulai berinvestasi sesegera mungkin, Semakin banyak waktu yang dimiliki uang Anda bekerja untuk Anda, semakin banyak peluang yang dimilikinya untuk berkembang. Itulah mengapa penting untuk mulai berinvestasi sedini mungkin.

Kedua, cobalah untuk tetap berinvetasi selama anda bisa, Ketika Anda tetap berinvestasi dan tidak keluar masuk pasar, Anda bisa mendapatkan uang di atas uang yang sudah Anda peroleh. Itu disebut pengembalian majemuk, dan itu bisa berarti lebih banyak uang untuk pensiun.

Ketiga, sebarkan investasi anda untuk mengelola resiko, Menempatkan semua uang Anda dalam satu investasi berisiko Anda bisa kehilangan uang jika investasi itu turun nilainya. Tetapi jika Anda mendiversifikasi uang Anda ke beberapa investasi, Anda dapat menurunkan risiko kehilangan uang.

Mulai lebih awal dan Tinggal lebih lama

Salah satu strategi investasi yang penting adalah memulai lebih cepat dan tetap berinvestasi lebih lama, bahkan jika Anda memulai dengan jumlah yang lebih kecil dari yang Anda harapkan untuk diinvestasikan di masa depan . Hal ini memungkinkan peracikan untuk melenturkan otot-ototnya. Peracikan terjadi ketika pendapatan baik dari keuntungan modal atau bunga diinvestasikan kembali menghasilkan pendapatan tambahan dari waktu ke waktu.

Seberapa penting waktu dalam berinvestasi? Sangat. Kita akan melihat contoh seorang investor berusia 25 tahun. Dia membuat investasi awal sebesar 20jt dan mampu memperoleh pengembalian rata-rata 6% setiap tahun. Jika dia mempertahankan investasi awalnya dan semua akumulasi pendapatan yang diinvestasikan selama kira-kira 40 tahun ke depan, pada saat dia berusia 65 tahun, dia akan meningkatkan uangnya menjadi lebih dari 10 kali jumlah aslinya. 

Bagaimana Anda bisa menghasilkan Uang melalui investasi

Berikut adalah beberapa strategi untuk menghasilkan uang dengan berinvestasi:
  • Menjual investasi Anda lebih dari yang Anda bayarkan.
  • Grafis dari tanda centang. Menerima pembayaran dalam bentuk deviden (saham) atau bunga (obligasi).
Kapan dan bagaimana Anda menghasilkan uang dapat bergantung pada jenis investasi yang Anda miliki. Ada aturan pajak tertentu mengenai pendapatan atas investasi, Seorang profesional keuangan dapat membantu menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki mengenai pendapatan investasi dan membantu Anda memilih jalur untuk tujuan Anda.

Berinvestasi adalah sesuatu yang dapat Anda mulai lakukan hari ini, besok atau ketika Anda merasa siap . Paling sering, ini bekerja dengan menggunakan kekuatan penggabungan untuk meningkatkan nilai uang Anda selama periode waktu tertentu ini dapat memengaruhi daya beli uang Anda di masa depan dan membantu Anda lebih aman secara finansial di masa pensiun.

Lalu apa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi

Mendapatkan Keuntungan: Hal pertama yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin menjalankan investasi adalah keuntungan yang didapat. Bahkan dapat dikatakan alasan ini menjadi landasan utama mengapa banyak orang melakukan investasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, investasi memang menjamin keuntungan yang begitu menguntungkan. Bahkan keuntungan tersebut tidak didapatkan dari sebuah kerja keras. Anda hanya perlu menyetorkan uang sebagai modal investasi sebuah perusahaan dan Anda akan mendapatkan keuntungan pada saat perusahaan mendapat profit.

Mengembangkan Kekayaan: Keuntungan lainnya mengapa banyak orang yang memilih investasi adalah dikarenakan dapat mengembangkan uang yang dimiliki dalam jumlah yang lebih banyak tanpa membuat Anda harus bekerja keras. Yang perlu dilakukan adalah menyisihkan keuntungan yang didapat serta memilih jenis investasi yang tepat untuk dijalankan.

Kebutuhan Masa Depan: Hal lainnya adalah berkaitan dengan masa depan. Investasi dapat dijadikan sebagai jaminan masa depan. Kondisi dari masa depan tidak bisa diprediksi, sehingga Anda harus memiliki sesuatu yang dapat membantu Anda ke depannya.

Misalnya saja ketika berinvestasi saham saat ini, beberapa tahun ke depannya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Saham yang dimiliki bisa meningkat dan dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Anda juga bisa mencoba bisnis properti yang lebih mudah dijalankannya. Setiap tahun, harga properti terus meningkat dan dapat digunakan sebagai aset kekayaan yang dapat dijual beberapa tahun ke depannya. Dengan begitu masa depan Anda bisa terjamin untuk tercukupi.

Tabungan Pensiun: Hal lainnya yang menjadi alasan mengapa banyak orang menjalankan investasi adalah investasi dapat dijadikan sebagai tabungan di hari tua. Untuk menyiapkan tabungan pensiun, Anda dapat menyiapkannya meskipun di usia yang masih sangat muda. Hal ini agar Anda bisa menghadapi masa pensiun dengan lebih matang. Anda bisa memilih investasi jangka panjang sedari dini, sehingga keuntungannya akan bisa dirasakan nanti ketika sudah memasuki masa pensiun.

Penghasilan Tambahan: Keuntungan lainnya adalah investasi yang dijalankan dapat digunakan sebagai penghasilan tambahan setelah pemasukan utama Anda. Misalnya saja jika berinvestasi properti rumah, Anda bisa menyewakan pada orang lain. Biaya dari sewa tersebut dapat menjadi penghasilan tambahan Anda. Sehingga Anda akan memperoleh keuntungan namun aset atau properti tersebut masih menjadi miliki Anda. sangat menguntungkan bukan.

 


Penulis blog

Tidak ada komentar