Beranda
Keritikan robrt nozick Terhadap pandangan yang dikemukakan oleh johan rawls (etika bisnis )
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Keritikan robrt nozick Terhadap pandangan yang dikemukakan oleh johan rawls (etika bisnis )

Zuper_Tau.- robrt nozick  lahir tahun 16 november dan wafat pada 23 januari 2002 nozick adalah seorang filsuf amerika, dia memegang jabatan sebagai guru besar universitas joseph pellegerino di uuniversitas harved, nozick juga  menjadi presiden asosiasi filsafat amerika dia dikenal karena bukunya yang berjudul philosophical exlanations (1981) dan anarchy state and utopia ( 1974).

johan rawls lahir di Baltimore, marlyland Amerika serikat, tahun 1921, pendidikanya dibidang ekonomi dan fisafat. sesuia dengan perang dunia ke II ia maggajar sebagai profesor fisafat berturut turut di universitas Cornell dan massachusets isntitute of technology dari tahun 1962 ia mengajar di universitas hervard sampai memasuki masa pensiun, bukunya yang paling masyhur berjudul A The  ory of  justice (1971).


Kritik robrt nozick terhadap  perinsip perbedaan dari rawls  dari bukunya A The ory of justice ( 1971) adalah karya filsafat dan etika politik tahun 1971 oleh filsuf John Rawls, di mana penulis berusaha memberikan teori moral alternatif untuk utilitarianisme dan yang membahas masalah keadilan distributif. 

    Dalam buku ini menyebut bahwa teori tentang keadilan distribuktif  itu "Entitlement Theory" kata  " Entitlement"  mudah dialih bahasakan dengan tepat, atau dapat kita terjemahkan sebagai " landasan Hak " menurut  kita akan memiliki sesuatu dengan adil, jika pemilikan itu berasal dari keputusan bebas yang yang mempunyai landasan hak. pertama prinsip "original  acquisitions" kita akan memperoleh sesuatu pertama kali dengan memproduksi hal itu, kedua prinsip "trasfer"

kita akan memiliki sesuatu karena akan diberikan oleh orang lain, ketiga prinsip "rectifications of injustice" kita mendapatkan sesuatu kembali yang dulunya kalau  kita akan memiliki sesuatu dengan adil karena landasan hak misalnya kita akan membeli sebidang tanah atau kita dihadiahkan oleh orang lain, kita akan menjadi pemilik yang sah dan terserah pada kita saja akan di apakan milik kita itu.

    Nozick juga memiliki dua keberatan mendasar dari prinsip prinsip distribuktif yang tradisional. pertama, prinsip itu bersifat  ahistoris dan memiliki pola yang ditentukan sebelumnya (patterned), karena toidak memperhatikan bagaimana bagian itu sampai terjadi. kedua adalah bahwa prinsip tradisional menekankan pada pembagian barang suatu pola yang ditentukan sebelumnya.

 

Penulis blog

Tidak ada komentar