Beranda
MENGAPA PERUSAHAAN MEMILIKI TANGGUNG JAWAB ATAS LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR PERUSAHAAN? (etika bisnis)
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

MENGAPA PERUSAHAAN MEMILIKI TANGGUNG JAWAB ATAS LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR PERUSAHAAN? (etika bisnis)

 

Zuper_Tau.-   kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu sebuah tanggung jawab, Tanggung jawab adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul, dan menanggung akibatnya.

Kemudian apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup, menurut Wikipedia Bahasa Indonesia lingkungan hidup adalah  kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Tujuan pokok perusahaan adalah mencari keuntungan (profit centre), sedangkan kegiatan-kegiatan memelihara linkungan hidup disekitar perusahaan adalah berbentuk kegiatan yang mengeluarkan biaya yang dianggap tidak menciptakan keuntungan (profit) tetapi membangun citra dan memperbaiki serta memelihara hubungan baik yang kemanfaatannya akan memiliki dampak positif terhadap keberadaan perusahaan di masyarakat dan lingkungannya (benefit) yang bentuk serta sifat kemanfaatannya non material.

Didalam undang-undang No. 40 tahun 2007 pasal 74 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) dan Undang-Undang No. 25 tahun 2007 pasal 15(b) dan pasal 16 (d) tentang Penanaman Modal (UU PM), setiap perseroan atau penanam modal diwajibkan untuk melakukan sebuah upaya pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang telah dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan. Kebijakan ini juga mengatur sanksi bagi perusahaan yang tidak menjalankan kewajiban tersebut.

Mengacu pada undang-undang diatas mengapa suatu perusahaan memiliki tanggung jawab atas lingkungan hidup di Kawasan perusahaan, karena hal ini dianggap penting bagi setiap perusahaan untuk dapat mengatur, mengolah dan mempergunakan lingkungan sebaik-baiknya untuk tidak hanya menguntungkan dan meningkatan efisiensi bisnis setiap perusahaan, namun juga bagi lingkungan dan dampak sosial di masa yang akan datang.

Contoh dari  kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup dapat kita lihat dari perusahaan Apple inc. Salah satu cara untuk melestarikan lingkungan adalah dengan memanfaatkan energi terbarukan atau energi yang berasal dari proses alam. Nah hal inilah merupakan wujud konkret kepedulian  Apple untuk melestarikan lingkungan. Untuk menjaga supaya lingkungan tetap hijau, mereka menghindari pembangkit listrik dari batu bara dan beralih pada pembangkit listrik bertenaga matahari. Apple sadar bahwa listrik dari batu bara menghasilkan gas emisi yang bisa membahayakan lingkungan. Untuk itu, mereka menggunakan tenaga surya sebagai pembangkit listrik. 

 


Penulis blog

Tidak ada komentar