Beranda
Tahap Awal Sebelum Membuat Bisnis Menjadi Digital
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Tahap Awal Sebelum Membuat Bisnis Menjadi Digital


Tahap Awal Sebelum Membuat Bisnis Menjadi Digital 

Sejak pandemi merebak di sejumlah negara, banyak perubahan terjadi dalam beberapa aspek kehidupan tak rerkecuali perilaku konsumsi dari masyarakat. Riset yang dilakukan Mckinsey menunjukan bahwa lebih dari 80% interaksi pelanggan  bersifat digital. Dan lebih dari 68% perusahaan yang mengikuti survey yang dilakukan setatista menghendaki perubahan bisnis menjadi digital. Tindakan mentrasformasi bisnis ke digital tidak lain untuk tetap menjaga revenue atau bahkan menigkantak revenue yang telah ada. lalu apakah semua bentuk bisnis dapat bertrasformasi ke digital? tentusaja bisa semua bentuk bisnis dapat melakukan trasformasi ke digital entah itu bisnis B2B atau pun B2C. lalu bagaimana langkah awal membentuk kehadiran digital bagi bisnis yang inggin bertrasformasi.

Langkah awal 

  1. Pastikan bisnis Anda terdaftar di Google Places dan berada di Google Maps . Karena banyak orang mencari perusahaan melalui Google , hadir di sana masuk akal. 
  2. Perbarui situs web Anda sesering mungkin. Setiap detail di situs web Anda harus up-to-date. 
  3. Periksa kompetisi Anda. Bagaimana bisnis mereka disajikan secara online? Apakah menurut Anda situs web dan alat online mereka bermanfaat atau tidak? Bagaimana Anda berbeda? 
  4. Pilih saluran media sosial yang tepat untuk mempromosikan bisnis, produk, atau layanan Anda. Menurut grup target Anda, LinkedIn mungkin lebih relevan daripada Facebook.

Buat Website Untuk Bisnis Anda 

website bisnis

Hal pertama, yang dapat anda laukan adalah dengan membuat website untuk bisnis anda, hal ini penting karena akan mempermudah pelanggan anda untuk menemukan anda di mesin pencari. Website juga dapat anda gunakan sebagai media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Untuk membuat sebuah website anda memerlukan hosting, secara sederhananya jika bisnis offline anda membutuhkan tempat atau lapak yang anda sewa untuk berjualan, begitu juga dengan digital anda memerlukan tempat untuk menyimpan semua data pada website yang anda kelola pada sebuah server. yang membedakan adalah pada biaya yang akan anda keluarkan, jika toko fisik membutuhkan biaya yang cukup besar, sedangkan jika anda menyewa server anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. 

Setelah memilih server hal selanjudnya yang dapat dilakukan adalah menentukan domain, Gunakan domain sesuai bisnis anda, jangan gunakan ejaan sang sulit diinggat pelanggan anda pastikan domain yang anda gunakan tidak mengunakan tanda baca dan angka hal ini akan mempermudah pelnaggan anda untuk mencari situs anda di mesin pencari.

Setelah situs web dibuat tentunya diperlukan pengoptimalan website untuk bisa menigkatkan trafik pengunjung, ada dua hal yang dapat anda lakukan pertama mengunakan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) dua hal ini memiliki tujian yang sama hanya saja yang membedakan adalah jika SEO mendapatkan trafik secara organik sedangkan SEM memerlukan biaya untuk mendapatkan trafik, kebanyakan bisnis mengunakan SEO, ini merupakan investasi jagka panjang dimana perbaikan dan pengoptimalan web akan mempengaruhi jumlah orang yang akan mengunjungi web anda, meski SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi anda tidak memerlukan uang untuk mendatangkan trafik.

Buat Akun Media Sosial 

Media Sosial Bisnis

Ada lebih dari 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2022. Ini menjadi peluang besar untuk mempromosikan bisnis anda, Jelas bahwa pemasaran media sosial memiliki kelebihan, jadi jika bisnis Anda belum memiliki profil yang sesuai, buatlah! Isi informasi bisnis Anda dan posting beberapa konten menarik untuk mulai mendapatkan pengikut. Seperti yang disebutkan, minta orang yang relevan dengan bisnis Anda untuk "menyukai" dan "membagikan" halaman Anda untuk membantu membangun profil Anda. Dengan pembaruan yang konsisten, strategi pemasaran media sosial yang tepatakan mengarah pada peningkatan lalu lintas, SEO yang lebih baik, tingkat konversi yang lebih tinggi, peningkatan loyalitas merek, dan banyak lagi. Hampir tidak ada alasan untuk tidak menerapkan media sosial ke dalam strategi pemasaran Anda. Karena sangat hemat biaya, hampir tidak ada ruginya. Pesaing Anda kemungkinan besar sudah ada di media sosial, jadi jangan biarkan mereka mengambil calon pelanggan Anda. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda akan melihat pertumbuhan dalam bisnis Anda.

Gunakan Email 

Email Bisnis

Email marketing, dalah saluran pemasaran yang kuat, suatu bentuk pemasaran langsung serta pemasaran digital, yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Ini dapat membantu membuat pelanggan Anda mengetahui item atau penawaran terbaru Anda dengan mengintegrasikannya ke dalam upaya otomatisasi pemasaran Anda. Ini juga dapat memainkan peran penting dalam strategi pemasaran Anda dengan menghasilkan prospek, kesadaran merek, membangun hubungan, atau menjaga pelanggan tetap terlibat di antara pembelian melalui berbagai jenis email pemasaran.

Gunakan Sistem Pembayaran Digital


Pengunakaan sistem pembayaran digital pada bisnis anda, akan mempermudah pelanggan untuk memilih opsi pembayaran yang paling sesuai dengan mereka, dan mempercepat transaksi yang ada, Berkat pembayaran digital, pengguna dapat bertransaksi tanpa perlu lagi mendatangi teller bank sambil membawa uang tunai. Cukup bermodalkan gadget dan internet, pengguna dapat melunasi tagihan dengan cepat, mudah, dan aman.

Buat Akun E-Commerce dan Jasa Pengiriman


E-commerce dan pemesanan online sangat relevan bahkan untuk usaha kecil. Orang suka memesan. Di tambah lagi pandemi membuat masyarakat lebih banyak berada dirumah untuk menghindari penyaberan virus, pembeliaan secara online menjadi tern tersendiri ditengah pandemi pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan dapat meningkat menjadi US$137,5 miliar pada 2025. Nilai transaksi tersebut merupakan pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) sebesar 25,3% dari pencapaian tahun 2020 sebesar US$44,6 miliar. RedSeer juga memproyeksikan nilai transaksi e-commerce Indonesia mencapai US$67,4 miliar pada 2021. Pada 2022, nilai transaksi diproyeksikan menjadi US$86 miliar. Selanjutnya, nilai tersebut meningkat menjadi US$104 miliar pada 2023 dan US$121 miliar pada 2024. Layanan pemesanan dan pengiriman online telah menjadi saluran penjualan yang solid.

Gunakan analitik dan tingkatkan efektifitas

 

Melacak kunjungan pelanggan, waktu pengiriman, dan kepuasan pelanggan melalui sistem operasi yang kompleks namun mudah digunakan memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas. Google Analytics adalah permulaan. Lebih banyak solusi yang berfokus pada industri membawa nilai tambah. Pemasok otomotif misalnya menggunakan sistem mereka untuk melacak waktu pengiriman, menemukan titik layanan dan mendapatkan wawasan tentang kepuasan pelanggan. Mengetahui apa yang salah dan apa yang benar membantu untuk mengambil tindakan yang benar. Perluas sistem operasi Anda untuk menggunakan data Anda secara lebih efisien dan mengurangi biaya.

Terhubung Dengan Pelanggan 


Tetap berhubungan dengan pelanggan Anda Anda tidak harus menjadi Apple , Amazon atau Starbucks untuk mendapatkan dan menjangkau pelanggan. Bahkan jika merek Anda masih membangun basis pelanggan, penting untuk mengupayakan hubungan pelanggan yang hebat. Beberapa langkah sederhana dapat membantu menjadikan pengalaman bisnis Anda lebih pribadi dan nyaman. 

1. Biarkan bisnis Anda dinilai 

Beri pelanggan pilihan untuk memberi umpan balik tentang layanan atau produk Anda. Percakapan yang berkelanjutan antara Anda dan pelanggan Anda bernilai tinggi. Menerima umpan balik langsung adalah dasar yang mudah dan murah untuk meningkatkan layanan dan produk Anda. Selain itu, ini menandakan kepercayaan kepada pelanggan potensial. Bukti sosial membantu pengambilan keputusan mereka. 

2. Pertahankan percakapan

dialog digital Komunikasi pribadi adalah kunci untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Gabungkan layanan perpesanan ke dalam bisnis Anda untuk bereaksi dan mengobrol langsung dengan grup sebaya Anda. Untuk tetap terdepan di antara para pesaing dan menjaga hambatan komunikasi tetap rendah, cobalah untuk menerapkan layanan pesan seperti WhatsApp atau Facebook messenger ke dalam komunikasi bisnis Anda. Menerapkan chatbot saat bisnis Anda tumbuh juga selalu menjadi pilihan. Mentransfer bisnis Anda ke lapangan bermain digital lebih dari yang diperlukan untuk bersaing dengan pemain besar. Ini membuka jalan bagi bisnis Anda untuk mendapatkan keuntungan dari potensi Anda sebagai bisnis yang bergerak cepat, fleksibel, cepat beradaptasi dengan perubahan. Karena tidak peduli seberapa kecil bisnis Anda, jika Anda menetap dengan aman dan kokoh di dunia digital, pintu lebih dari terbuka untuk tetap relevan dan pertumbuhan potensial.

Penulis blog

Tidak ada komentar