Beranda
Pemasaran
Tiga Perinsip Dasar Pemasaran
tulus_saktiawan
Januari 05, 2022

Tiga Perinsip Dasar Pemasaran

Tiga Perinsip Dasar Pemasaran 

Pemasaran adalah sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau layanan. Pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain.

Menurut Asosiasi Pemasaran Jepang, Pemasaran adalah kegiatan komprehensif untuk penciptaan pasar melalui persaingan yang sehat, dengan perusahaan dan organisasi lain mengambil perspektif global dan mendapatkan saling pengertian dengan pelanggan.

Sedangkan Menurut Philip KotlerPemasaran bukanlah teknologi untuk membuang produk, tetapi aktivitas untuk menciptakan nilai pelanggan yang asli, dan juga merupakan konsep yang mendukung peningkatan kehidupan pelanggan. 

Peran pemasaran adalah mengubah kebutuhan orang yang selalu berubah menjadi peluang pendapatan.

Inti dari pemasaran dapat diringkas dalam tiga prinsip dasar. perinsip yang pertama mengidentifikasi tujuan dan tugas pemasaran, yang kedua realitas persaingan pemasaran, dan yang ke tiga berbagai cara untuk mencapai dua prinsip pertama.

Nilai Pelanggan Dan Persamaan Niali


Intisari dari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang diciptakan oleh pesaing. Persamaan nilai, adalah pedoman bagi tugas ini. Seperti yang disarankan dalam pemasaran, nilai bagi pelanggan dapat ditingkatkan dengan memperluas atau dengan memperbaiki produk atau menfaat jasa, dengan menurunkan harga, atau gabungan dari unsur ini. Perusahaan yang mengunakan harga sebagai senjata bersaing harus mempunyai strategi keunggulan biaya dalam menciptakan keunggunal kompetitif yang dapat dipertahankan. Pengetahuan pelangganyang digabungkan dengan inovasi dan kreatifitas dapat mengarah pada perbaikan produk dan jasa yang berarti bagi pelanggan. Bila manfaat itu cukup kuat dan bernilai bagi pelanggan, perusahan tidak perlu menjadi pesaing yang menawarkan produk dengan harga redah untuk memenagkan persaingan.

Keungulan Kompetitif Atau Difrensiasi 


Perinsip dasar pemasaran yang kedua adalah keunggulan kompetitif. kenunggulan kompetitif adalah penawaran total, dihadapan pesaing yang relevan, yang lebih menarik pelanggan. Keunggulan tersebut dapat muncul dalam unsur apa pun yang ditawarkan oleh perusahaan seperti produk, harga, iklan, dan promosi di tempat penjualan, serta distribusi produk itu sendiri.

salah satu setrategi yang sangat kuat untuk melakukan penetrasi pasar nasional baru adalah menawarkan produk superior dengan harga yang lebih murah, keunggulan harga akan cepat menarik perhatian pelanggan dan bagi pelanggan yang membeli produk tersebut, kualitas yang lebih baik akan memberikan suatu kesan. 

Fokus

 

Prinsip ketiga adalah fokus, atau konsentrasi perhatian. Fokus diperlukan untuk berhasil dalam tugas menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan kompetitif. Semua perusahaan tekemuka, besar dan kecil. mengalami sukses karena mereka memahami dan menerapkan prinsip dasar ini. IBM sukses karena perusahaan ini mefokuskan pada kebutuhan dan keinginan pelanggan daripada perusahaan lain dalam industri pemrosesan data yang baru muncul. Salah satu alasan mengapa IBM mengalami krisis pada awal tahun 1990-an adalah karena para pesaingnya telah lebih jelas memfokuskan pada kebutuhan dan keinginan pelanggan. DELL dan Compaq memberikan keandalan pengolahan dan harga rendah pada para pelangganya. IBM menawarkan peroduk dengan keandalan yang sama tetapi dengan harga yang lebih mahal. 

Fokus yang jelas terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan serat pada penawaran yang bersaing untuk menggerakan usaha, yang diperlukan untuk mempertahankan keunggulan yang membedakan. Semua ini hanya dapat dicapai dengan memfokuskan sumber daya dan kebutuhan dan keinginan pelanggan serata menyampaikan suatu produk yang akan memenuhi kebutuhan dan keingina tadi. 

Kesimpualan 


Pemasaran dalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan menigkatkan profitabilitas, pangsa pasar, promosi, serta perutumbuah. Inti dari pemasaran dapat diringkas dalam tiga prinsip dasar. perinsip yang pertama mengidentifikasi tujuan dan tugas pemasaran, yang kedua realitas persaingan pemasaran, dan yang ke tiga berbagai cara untuk mencapai dua prinsip pertama. 

Penulis blog

Tidak ada komentar