Beranda
Strategi Promosi Melalui Digital Marketing
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Strategi Promosi Melalui Digital Marketing

Strategi Promosi Melalui Digital Marketing 

Seiring perkembangan zaman teknologi tidak lagi difokuskan untuk satu atau beberapa pekerjaan saja, dewasa ini teknologi informasi dapat dijadikan sebagai sarana pemasaran atau yang lebih kita kenal sebagai Digital Marketing

Digital marketing adalah metode pemasaran yang memanfaatkan “digital” seperti internet dan teknologi IT. Sampai Internet merambah dunia, salesman mengunjungi rumah dan bisnis secara individu, memiliki pengalaman dalam melakukan penjualan, kesan berinteraksi dengan pelanggan, atau kuesioner kepada masyarakat umum melalui surat kabar, majalah, televisi, dll. Pemasaran ke kelompok (massa) berdasarkan survei adalah arus utama. Namun, dengan munculnya Internet, analisis akses situs web dan pemasaran melalui email ke individu yang dikategorikan telah muncul. Saat ini, tidak hanya web dan email, tetapi juga perilaku dan pembelian toko nyata dianalisis dengan menggunakan teknologi big data dan AI untuk menganalisis selera dan perilaku pelanggan, dan pemasaran digital yang mempertimbangkan kebutuhan dan tren tersembunyi sedang dilakukan.

Mengapa harus digital marketing? Pemasaran digital memungkinkan Penjual menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan skala bisnis mereka, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan . Menyiapkan bisnis online, menjalankan kampanye iklan, mengembangkan strategi konten adalah beberapa tugas yang dilakukan pakar pemasaran digital untuk memberikan hasil seperti itu.

Lalu bagaimana strategi promosi melalui Digital Marketing untuk menigkatkan penjualan produk Anda? 

Search Engine Optimization (CEO) 


SEO adalah proses meningkatkan situs web Anda sehingga peringkatnya tinggi di hasil mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang terkait dengan bisnis Anda. SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dari anggota audiens target Anda. Mengapa menggunakan SEO sebagai strategi pemasaran digital? Karena sebelum konsumen membeli produk ada kecenderungan konsumen untuk melakukan riset produk yang akan mereka beli, dan mesin pencari merupakan salah satu platfrom yang sering digunakan konsumen untuk melakukan riset produk, dan lebih dari 30% penguna mesin pencari melakukan mengklik pada artikel dihalaman pertama, dan 10% lainnya maju kehalaman kedua. 

Iklan bayar per klik (PPC)


PPC adalah bentuk periklanan berbayar yang mengandalkan sistem berbasis lelang.  Dengan PPC, Anda  menawar kata kunci  yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan, iklan Anda terpicu saat penelusuran pengguna menyertakan kata kunci Anda. Iklan ini kemudian muncul di bagian atas hasil pencarian, di atas daftar organik. Jika pengguna memutuskan untuk mengklik iklan Anda, Anda kemudian membayar untuk klik itu. PPC bertujuan untuk menjangkau pencari dengan kueri transaksional, artinya mereka siap membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mengapa menggunakan PPC sebagai strategi pemasaran digital? karena PPC adalah salah satu metode periklanan berbayar yang paling hemat biaya. Bagi banyak bisnis yang baru memulai pemasaran digital atau mencari dorongan cepat, PPC adalah strategi pemasaran online yang berguna. hal ini dapat mendorong situs web bisnis anda berada pada urutan pertama. selain itu Pengguna yang mengklik iklan memiliki kemungkinan 50 persen lebih besar untuk membeli produk. 

Pemasaran Konten 


Dalam pemasaran konten, bisnis Anda berfokus untuk menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui konten. Konten ini, yang dapat mencakup  video, entri blog, infografis, dan lainnya, memberikan nilai bagi pengguna. Namun, ini bukan salinan yang berorientasi pada penjualan ini bersifat informasional. Tujuan keseluruhan pemasaran konten sebagai strategi media digital adalah untuk memberikan informasi berharga kepada audiens target Anda, meningkatkan lalu lintas, dan menghasilkan konversi. Dari sudut pandang teknis, pemasaran konten juga berfokus pada pengoptimalan konten Anda untuk mesin telusur guna meningkatkan visibilitas Anda di hasil penelusuran. Mengapa menggunakan pemasaran konten sebagai strategi pemasaran digital? karena dengan kemampuan untuk terhubung dengan audiens di seluruh saluran pembelian, serta  tingkat konversi situs web ganda, pemasaran konten adalah strategi pemasaran digital yang cerdas untuk digunakan. Bagian terbaiknya adalah  biayanya 62 persen lebih murah  daripada upaya pemasaran tradisional. Selain itu Lebih dari 60 persen pengguna lebih memilih perusahaan yang membuat konten. 

Pemasaran email Atau Email Marketing


Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan yang baru. Ini adalah teknik yang sangat baik untuk membangun kesadaran merek, menjaga perusahaan Anda tetap diingat, dan mendorong pembelian berulang. Tujuan utama pemasaran email sebagai inisiatif pemasaran digital adalah untuk tetap menjadi yang teratas dalam pikiran pelanggan potensial, dan memberikan informasi bermanfaat kepada klien saat ini, seperti berita industri yang relevan, dan konten yang dipersonalisasi, seperti kupon produk, yang membuat mereka terus kembali. Mengapa menggunakan pemasaran email sebagai strategi pemasaran digital? karena Ketika datang ke pemasaran email, ia menawarkan banyak manfaat. Itulah mengapa  lebih dari 80 persen perusahaan  menggunakan pemasaran email, mulai dari operasi manufaktur hingga toko ritel hingga bisnis teknologi. 

Pemasaran media sosial


Pemasaran media sosial berfokus pada membangun kesadaran merek dan meningkatkan konversi. Kampanye pemasaran media sosial dapat menampilkan satu atau beberapa platform media sosial, tergantung pada audiens target Anda dan preferensi platform mereka. Beberapa platfrom populer yang dapat digunakan antara lain : Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan TikTok. Tujuan inti dari pemasaran media sosial adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan konversi, serta membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan. Mengapa menggunakan pemasaran media sosial sebagai strategi pemasaran digital? karena Dengan  kurang dari 30 persen perusahaan yang  menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, ada peluang besar bagi bisnis yang berinvestasi di dalamnya. Lebih baik lagi,  lebih dari 25 persen  waktu pengguna Internet dihabiskan di media sosial  yang berarti ini adalah saluran sempurna untuk terhubung. Lebih dari 70% pembelian menggunakan media sosial untuk membuat keputusan membeli. 

Kesimpulan  


Pemasaran digital adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan baru dan mencapai tujuan bisnis Anda. Selain itu, ia menawarkan berbagai strategi, mulai dari video, email, hingga sosial, untuk mencapai tujuan unik Anda. Baik Anda ingin meningkatkan penjualan, pendapatan, kesadaran, atau loyalitas, pemasaran digital adalah caranya. 

Keberhasilan strategi pemasaran digital Anda, bagaimanapun, tergantung pada pengembangan dan pelaksanaannya. 

Penulis blog

Tidak ada komentar