Beranda
Software Sistem Informasi Pemasaran | Komponen & Contoh
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Software Sistem Informasi Pemasaran | Komponen & Contoh

Software Sistem Informasi Pemasaran

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai definisi, model serta komponen dari sistem informasi pemasaran. Bagi suatu perusahaan mengembangkan sistem informasi pemasaran merupakan sebuah keharusan, kita melihat betapa ketetnya persaingan pasar saat ini dan yang memenagkan persaingan adalah mereka yang memberikan layanan yang luar biasa dan memahami dengan baik tentang apa yang pelanggan butuhkan dengan tetap.

Kita ketahui bersama bahwa sistem informasi pemasaran terbentuk karena adanya orang, prosedur, dan alat atau mesin. Alat ini sendiri dapat kita sebut sebagai perangkat lunak atau aplikasi.

Komponen sistem informasi pemasaran 


Menurut Robert Harmon (2003), komponen-komponennya adalah:

1. Antarmuka pengguna 

Antarmuka pengguna adalah untuk manajer atau pengambil keputusan atau pengguna mana pun yang menggunakan sistem.  Desain antarmuka pengguna sistem atau perangkat lunak bervariasi tergantung pada tujuan dan visi perusahaan.  

2. Perangkat lunak aplikasi 

Ini adalah perangkat lunak yang akan saya jelaskan di artikel ini. Perangkat lunak ini digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis data secara mekanis, kemudian memberikan laporan kepada pengguna untuk keputusan pemasaran.  

3. Pemasaran basis data 

Sistem database pemasaran di mana data dikumpulkan, dikelola, dan disimpan.  

4. Dukungan sistem 

Komponen ini didedikasikan untuk mengelola dan memelihara sistem. Mereka akan memecahkan masalah sistem jika ada kesalahan untuk menjaga sistem tetap berjalan dan berjalan dengan baik.

Contoh Software Sistem Informasi Pemasaran


Sistem informasi pemasaran adalah suatu alat atau aplikasi yang dapat menyampaikan arus informasi untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan pemasaran sehari-hari di perusahaan Anda.   

Alur informasi dimulai dari pengumpulan data, analisis data, dan terakhir penyampaian laporan khusus.  Jadi, dengan definisi dasar ini. Kita dapat memahami bahwa perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem informasi pemasaran sangat beragam, dari perangkat lunak yang sangat sederhana seperti perangkat lunak spreadsheet seperti Microsoft Excel hingga perangkat lunak yang disesuaikan dan kompleks berdasarkan permintaan.

1. Pemasaran HubSpot

HubSpot Marketing menyediakan sistem canggih yang menyatukan semua upaya pemasaran Anda, membantu tim Anda meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan konversi. Ini memiliki fungsi drag-and-drop untuk merancang situs web yang menarik dengan halaman responsif terlepas dari perangkat yang digunakan oleh pengunjung Anda. 

Desain situs web hanyalah langkah pertama. Perangkat lunak ini selanjutnya akan membantu Anda dalam mempersiapkan dan mengoptimalkan konten yang relevan dan menarik serta mendistribusikannya ke audiens yang tepat. Ini memungkinkan Anda membuat ajakan bertindak yang menarik dan mempersonalisasi pesan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengunjung Anda. 

Vendor memiliki uji coba gratis yang menarik di mana Anda dapat mengotak-atik fitur tanpa biaya. 

HubSpot Marketing memberi Anda alat seperti formulir kontak dan tes A/B untuk mengembangkan strategi pembuatan prospek yang sukses dan memutuskan pengunjung mana yang memiliki potensi asli untuk menjadi prospek yang memenuhi syarat. Prosesnya tidak berhenti di sini, karena ini juga memungkinkan Anda memberikan semua prospek berharga jalur pribadi untuk membeli dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Dari sana, ini akan menghasilkan laporan tentang dampak dan kontribusi strategi Anda terhadap penjualan. Pemasaran HubSpot dimulai dengan paket gratis sebagai bagian dari maksud perusahaan untuk memfasilitasi operasi kritis ujung-ke-ujung tim penjualan, menawarkan CRM khusus yang gratis untuk digunakan dan Pusat Penjualan dengan paket juga mulai dari $0 per bulan.

2. Monday.com

monday.com menyediakan template dan alat pemasaran yang memukau secara visual untuk bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aset pemasaran dan kampanye Anda dalam satu ruang kolaboratif, membantu tim yang berbeda untuk bekerja sama dan tetap berada di halaman yang sama. Ini memberi Anda garis waktu dan dasbor yang rapi dan mudah digunakan untuk tampilan lengkap rencana dan proyek pemasaran Anda. Anda dapat menggunakan kalender pemasaran, ikhtisar proyek, atau template pelacakan kampanye untuk tetap di atas segalanya. 

Selain itu, ia memiliki fitur manajemen klien yang memungkinkan Anda menyimpan kontak dan menangkap panggilan, email, dan rapat. Ini menyimpan semua data klien dalam sistem sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan informasi penting di satu tempat. Dalam satu dasbor terpusat, Anda dapat mengunggah file dan membuatnya tersedia untuk anggota tim Anda. 

Anda dapat menggunakan semua fitur secara gratis selama jangka waktu tertentu untuk melihat apakah perangkat lunak tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Maropost Marketing Cloud

Maropost Marketing Cloud adalah solusi pemasaran digital berbasis cloud yang menyediakan hub terpadu untuk web, seluler, email, dan pemasaran sosial. Platform ini digunakan secara luas di industri perjalanan dan pariwisata, industri media dan hiburan, dan untuk e-niaga. Maropost memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pelanggan dengan mudah melalui saluran yang berbeda, membuat konten, dan pada akhirnya membangun loyalitas merek. 

Modul utama termasuk untuk pemasaran email, pemasaran seluler, manajemen audiens, dan otomatisasi perjalanan pelanggan. Fitur termasuk kampanye email dengan kemampuan pengujian A/B, kampanye SMS, dan pelaporan dan analitik lanjutan. Ini juga menyediakan alat intelijen pemasaran untuk melacak produk, pendapatan, dan perilaku pelanggan.

4. MailerLite

MailerLite dilengkapi dengan alat standar dan canggih untuk membawa proses pemasaran email Anda ke tingkat berikutnya. Muncul dilengkapi dengan berbagai editor teks, opsi manajemen pelanggan, dan solusi otomatisasi alur kerja untuk membantu Anda merampingkan kampanye Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk secara cerdas mengelompokkan audiens Anda berdasarkan berbagai faktor sehingga Anda dapat memberi mereka konten yang paling relevan. Selain itu, platform ini dilengkapi dengan alat pelaporan yang memudahkan untuk mengoptimalkan semua upaya pemasaran email. 

Selain fungsionalitas yang disebutkan di atas, MailerLite juga dilengkapi dengan fitur pengeditan foto bawaan, manajemen halaman arahan, serta alat pembuatan formulir web. Platform ini bahkan memiliki template yang siap disesuaikan untuk mempercepat proses desain Anda. Last but not least, ia memiliki kemampuan API dan mendukung banyak integrasi asli yang memungkinkan Anda menghubungkan platform ke ekosistem perangkat lunak yang ada.

5. Vene dash

vene dash adalah solusi pemasaran kinerja ujung ke ujung yang bertujuan untuk membantu bisnis mengoptimalkan kampanye pemasaran afiliasi mereka. Muncul dilengkapi dengan alat yang memungkinkan pengguna mengawasi kampanye mereka, memantau kinerja afiliasi, serta mengelola semua transaksi dengan pengiklan dan penerbit. 

Selain itu, vene dash juga memungkinkan pengguna untuk melakukan penilaian risiko lalu lintas, pemeriksaan URL, pemantauan situs tujuan, dan perlindungan penipuan. Dengan cara ini, bisnis dapat memaksimalkan program afiliasi mereka. Last but not least, platform ini hadir dengan opsi integrasi API yang kuat sehingga Anda dapat yakin bahwa itu dapat bekerja dengan mulus bersama platform Anda yang ada.

Penutup 


Seperti yang dijelaskan diatas untuk menag dalam persaingan Anda perlu memahami apa yang dinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Perangkat lunak pemasaran membantu Anda untuk lebih mudah memahami apa yang pelanggan Anda inginkan. 

Penulis blog

Tidak ada komentar