Beranda
Sekmentasi Pasar Global | Manajemen Pemasaran Global
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Sekmentasi Pasar Global | Manajemen Pemasaran Global

Sekmentasi Pasar Global

Sekmentasi pasar adalah proses membagi pasar kedalam subset pelanggan yang memiliki persamaan perilaku dan persamaan kebutuhan. Masing-masing subset mungkin akan dipilih sebagai pasar sasaran yang akan dicapai dengan strategi pemasaran yang berbeda. Proses tersebut dimulai dengan suatu basis sekmentasi faktor sepesifikasi produk yang mencerminkan perbedaan-perbedaan dalam kebutuhan dan respons pelanggan terhadap variabel-varibel pemasaran (kemungkinan-kemungkinan tersebut adalah perilaku pembelian, cara pemakaian, manfaat yang dicari, tujuan, prefrensi, atau loyalitas).

Sekmentasi pasar global sudah ada sejak zaman dulu. Di akhir tahun 1960-an, salah seorang pengamat mengemukakan bahwa pasar eropa dapat dibagi menjadi tiga kategori luas berpengalaman internasional, setengah berpengalaman, dan propinsional hanya atas dasar perkiraan penerimaan terhadap pendekatan periklanaan umum. 

Sekarang ini, Perusahaan global membuat sekmentasi pasar dunia berdasarkan pada satu atau beberapa kriteria kunci seperti geografi, demografi, psikologis, karakteristik tingkah laku, dan manfaat yang dicari. Pasar nasional juga dapat dikelompokan mengunakan dimensi kunci dari bisnis industri tertentu untuk menetapkan kelompok. Alat yang kaut lainya untuk sekmentasi pasar global adalah sekmentasi horizontal oleh kategoti pelanggan. 

Contoh Sekmentasi Pasar Global 


Perusahaan makanan cepat saji seperti, Mc Donald's di Thailand melayani pelanggan dengan burger ayam dan babi sedangkan Mc Donald's di Malaysia melayani pelanggan dengan burger ayam, daging sapi, dan ikan. Ada beberapa variabel yang digunakan untuk menentukan segmentasi pasar global seperti segmentasi demografi, segmentasi psikografis, segmentasi perilaku, segmentasi manfaat dan segmentasi etnis.

Sekmentasi Geografis 


Sekmentasi geogarafis membagi dunia dalam subset-subset geografis. Kurang lebih keunggulan dari sekmentasi geografis adalah bahwa pasar-pasar yang ada dalam sekmentasi geografis ini satu sama lain lebih berdakatan dan lebih mudah untuk mengunjuginya dalam perjalanan yang sama atau menyinggahinya pada waktu yang sama ketika sedang melihat-lihat. Ada kenyataan bahwa dalam geografis dunia yang sama tidak berarti bahwa setiap negara benar-benar sama. 

Sekmentasi Demografis 


Sekmentasi demogarfis disarkan pada karakteristik populasi yang dapat diukur dari seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Sejumlah kecenderungan demografis global. seperti semakin sedikit pasangan yang menikah, semakain sedikit jumalah anak dalam keluarga, perubahan peran wanita, dan pendapatan serta setandar hidup yang semakin tinggi, merupakan pendorong meunculnya sekmen global. 

Sekmentasi Pesikografis 


Sekmentasi Pesikografis adalah proses pengelompokkan orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang dianut, dan gaya hidup. Data dapat diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang meminta responden untuk mengunakan sejauh mana mereka setuju atau tidak setuju dengan sejumlah pertanyaan. Di Amerika Serikat, perikografis terutama berkaitan dengan SRI Internasional, sebuah organisasi riset pasar dengan VALS asli dan VALS 2 yang merupakan revisinya menganalisis konsumen A.S. dikenal secara luas.   

Sekmentasi Tingkah Laku 


Sekmentasi tingkah laku memfokuskan apakah orang akan membeli dan mengunakan suatu produk atau tidak, disambing seberapa sering dan berapa banyak yang dipakainya. Konsumen dapat dikategorikan menurut tingkat penggunaan misalnya, pengguna berat, sedang, ringan, dan bukan pengguna. Konsumen dapat juga disekmentasikan berdasarkan setatus pengguna-pengguna potensial, bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna reguler, pengguna pertama kali, dan pengguna produk pesaing. Campbell Soup Company menentukan cina sebagi pasar sasarannya karena alasan yang sederhana saja, bahwa cina memiliki kumsumsi per kapita sub tertinggi didunia.

Sekmentasi Manfaat 


Sekmentasi manfaat global memfokuskan pada pembilang dari nilai pasar (value equanon) yaitu B (benefit) dalam V = B/P. Pendekatan ini dapat memberikan hasil yang memuaskan karena perusahaan pemasar yang luar biasa terhadap masalah yang dapat diselesaikan oleh suatu produk atau manfaat yang ditawarkannya, tanpa memperdulikan wilayah geografis. Misalnya, Nestel menyadari sikap pemilik kucing terhadap memberi makan binatang peliharaannya tidak berbeda dimana pun. Sebagai Respons, diluncurkan kampanye diseluruh Eropa yang diciptakaan untuk Friskies day cat food. Imbauaan  ini adalah bahwa makanan kucing yang kering lebih cocok untuk sifat mandiri kucing yang mudah dikenal secara universal.

Sekmentasi Vertikal Vs Horizontal 


Sekmentasi vertikal didasrkan pada kategori produk atau modus dengan poin harga. sebagai contoh, dalam bidang medis terdapat sinar-x, computed axial tomography (CAT) scan, dan seterusnya. Setiap modus memiliki poin harga sendiri. Poin harga ini merupakan cara tradisonal untuk mensekmentasikan pasar medikal imaging. Sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan pendekatan yang berbeda dan membuat sekmen untuk pasar yang yang sama dengan sistem health care delivery; riset nasinal dan pengajar dirumah sakit, rumah sakit pemerintah, dan seterusnya. Selanjudnya perusahan menjalankan kampanye secara regional, nasional, dan akhirnya secara global, yang disesuaikan dengan masing-masing jenis health care delivery, pendekatan sekmentasi horizontal sama berjalan sama baiknya dipasar luar negri asal seperti halnya di negara asal. 

Kesimpulan

 

Sekmentasi pasar global merukan sebuah kegiatan dimana sebuah perusahaan membagi pasar kedalam subset pelanggan yang memiliki persamaan perilaku dan persamaan kebutuhan. berdasarkan Sekmentasi Geografis, Sekmentasi Demografis, Sekmentasi Pesikografis, Sekmentasi Tingkah Laku, Sekmentasi Manfaat, Sekmentasi Vertikal atau horizontal.

Penulis blog

Tidak ada komentar