Beranda
Membandingkan Sistem Informasi Manufaktur Terbaik
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Membandingkan Sistem Informasi Manufaktur Terbaik

Sistem Informasi Manufaktur 

Setiap perusahaan manufaktur pasti membutuhkan Sistem Informasi Manufaktur, Sistem Informasi Manufaktur membantu perusahaan dalam menciptakan kecerdasan buatan yang tidak dapat diperoleh melalui metode lain. Sistem multi guna ini merupakan bagian integral dari banyak industri, termasuk mode, manufaktur, percetakan, pengemasan, hotel dan perhotelan, konstruksi, transportasi, dan banyak lagi. 

Apa itu SIM? Sistem Informasi Manufaktur adalah platform perangkat lunak yang kuat yang mampu melacak kemajuan bahan mentah menjadi barang jadi. MIS terintegrasi memungkinkan kontrol berbagai variabel mulai dari input hingga layanan pendukung, hingga mesin, dan personel secara real time sehingga manajemen baik di lapangan maupun di kantor pusat dapat mengoptimalkan produksi dan menghilangkan inefisiensi.

Pada pembahan kali ini, kita akan membandingkan beberapa produk SIM dipasaran, dari segi kegunaan, kekurangan, kelebuhan, dan harga yang harus dibayar untuk menerapkan produk SIM pada perusahaan. 

1. E2 Shop System


E2 Shop System adalah solusi yang mengelola job shop dan manufaktur yang dibuat berdasarkan pesanan, mode campuran, dan berbasis pekerjaan. Ini tersedia dalam model penyebaran berbasis cloud atau di tempat dan memberi pengguna fleksibilitas untuk menangani jadwal pekerjaan dan mengubah tanggal jatuh tempo pelanggan. Pengguna dapat mengontrol data mereka, jam keluar dan pekerjaan, dan memperbarui inventaris dari aplikasi seluler.   

Sangat cocok untuk perakitan, fabrikasi, busa, cetakan, toko penangkaran dan banyak lagi. Ini memberi pengguna wawasan pelacakan real-time ke lantai toko manufaktur. Ini mendukung pelacakan pekerjaan dan penetapan biaya dan menangani kompleksitas papan sirkuit tercetak untuk menjaga biaya produksi tetap rendah. 

Kelebihan 

  • Karena memiliki modul perkiraan, yang membantu meningkatkan proses penjualan dengan melacak perkiraan dan kesalahan lama. 
  • Ini menawarkan opsi pencarian fleksibel yang membantu pengguna menemukan detail dengan mudah. 
  • Ini memungkinkan pengguna untuk membuat kutipan dengan cepat. 
  • Anda dapat mengontrol tampilan data oleh setiap pengguna karena memiliki keamanan pengguna. 
  • Untuk mendapatkan estimasi yang akurat, pengguna dapat menyesuaikan variabel seperti tingkat efisiensi, persentase sisa.

Kekurangan 

  • Software ini tidak cocok untuk toko yang menggunakan proses batch atau continuous flow. 
  • Biaya pemeliharaan tahunan seperti pembaruan dan dukungan sangat tinggi.
  • Pemeliharaan versi desktop mahal dan akan ada kemungkinan sistem mogok.
  • Kustomisasi perangkat lunak sesuai kebutuhan Anda sulit dan mahal.

Harga E2 Shop System

Untuk bisa menggunakan E2 Shop System pada perusahaan. Anda membutuhkan dana sebesar $4995 Untuk lisensi awal. 

2. Arena PLM


Manajemen siklus hidup produk dapat dilakukan dengan PLM Arena. Aplikasi berbasis cloud ini mengelola siklus hidup produk, mulai dari konsepsi, desain, dan manufaktur, dan semuanya hingga akhir. Sistem bisnis, data, proses, dan orang-orang terintegrasi ke dalam alat ini. Informasi produk dan informasi tentang rantai pasokan bisnis yang diperluas juga disediakan. Bisnis yang menciptakan dan mengembangkan produk untuk pasar di seluruh dunia menghadapi peningkatan kompleksitas dan tantangan rekayasa dan Arena PLM membantu mereka mengatasinya. Ada puluhan ribu pengguna Arena PLM di seluruh dunia yang telah memproses jutaan catatan item, file desain, dan mengubah pesanan. Dengan itu, manajemen perubahan (CM) dan tagihan bahan (BOM) yang harus dikerjakan oleh tim manufaktur dan teknik disederhanakan, apa pun ukuran bisnisnya.

Kelebihan 

Karena ini bekerja di cloud, Anda tidak perlu berinvestasi di server komputer khusus untuk mengoperasikannya. Ini berjalan di Windows, iOS, Mac, dan OS Android sehingga saya dapat dengan mudah beralih dari satu perangkat ke perangkat lain dan melacak persetujuan pada dokumen saya. Ini ramah pengguna, yang mengurangi kurva belajar dan memungkinkan saya untuk meningkatkan produktivitas saya dalam waktu singkat. Anda dapat mengunggah beberapa dokumen, dan sistem akan menggabungkannya menjadi satu, yang sangat berguna. Ini adalah alat yang sangat baik untuk kontrol dokumen, membantu saya untuk memperbarui versi, dan tidak ada yang perlu khawatir menemukan versi baru, mereka hanya perlu tahu di mana dokumen master.

Kekurangan 

Ada beberapa proses yang harus dilakukan secara manual, seperti misalnya ketika Anda meminta persetujuan dokumen setelah semua pemberi persetujuan memberikan ok, platform masih mengharuskan administrator untuk menyetujui proses tersebut.

Terminologi di SW tidak selalu selaras dengan terminologi lain di pasar sehingga Anda harus menyesuaikan, ada masalah yang belum terpecahkan dengan BOM membandingkan antara revisi (berfungsi untuk PN yang berbeda tetapi tidak untuk revisi yang berbeda untuk PN yang sama).

Harga Arena PLM 

Untuk bisa menggunakan E2 Shop System pada perusahaan. Anda membutuhkan dana sebesar rata-rata $79/per orang/per bulan + langganan tahunan.

3. EnterpriseIQ MES


EnterpriseIQ adalah solusi ERP modular terintegrasi yang dikembangkan untuk membantu bisnis berjalan secara efisien dan lancar. Ini sangat membantu untuk perusahaan besar yang bekerja di beberapa lokasi dan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan manufaktur.  

Paket ini menawarkan satu visi tunggal untuk semua ERP, manufaktur, MES, dan operasi rantai pasokan dalam antarmuka pengguna yang mudah diakses. Semua transaksi diperbarui secara real time, secara signifikan mengurangi waktu admin dan memungkinkan bisnis beroperasi dengan mulus di berbagai lokasi.

Pendekatan modular dan terukur untuk ERP yang diambil oleh IQMS memungkinkan produsen fleksibilitas untuk menambahkan fitur ERP yang lebih canggih dan perangkat lunak manufaktur saat mereka tumbuh. EnterpriseIQ menawarkan fungsionalitas di seluruh spektrum proses manufaktur, mulai dari perencanaan, penjadwalan, dan kontrol inventaris hingga manajemen rantai pasokan dan pengiriman. Fitur CRM dan manajemen sumber daya manusia tambahan juga tersedia untuk perusahaan yang memerlukan rangkaian perangkat lunak untuk mencakup semua aplikasi perusahaan besar.  

EnterpriseIQ dapat diakses melalui web, dengan aplikasi iOS dan Android asli tersedia sehingga tim dapat mengakses data saat bepergian.

Kelebihan 

  • Waktu nyata memudahkan untuk mengelola apa yang terjadi pada saat
  • tertentu Ketertelusuran

Kekurangan 

  • Opsi laporan terbatas

Harga 

Untuk Harga didasarkan pada kontrak pemeliharaan tahunan dan biaya bulanan berdasarkan jumlah pengguna dan industri.

4. Fishbowl Manufacturing Software


Fishbowl adalah solusi manajemen gudang dan manufaktur hybrid yang dirancang untuk perusahaan kecil dan menengah. Fitur utama termasuk pengendalian persediaan, perencanaan kebutuhan material (MRP), kontrol lantai bengkel kerja, manajemen perintah kerja, pesanan pabrik dan tagihan bahan. Solusinya dapat digunakan di tempat atau dihosting di cloud. 

Fishbowl juga menawarkan fitur seperti barcode, manajemen aset, manajemen bahan baku, penghitungan siklus, pelaporan, pemesanan dan pembelian otomatis. Ini memberikan update real-time pada tingkat stok ke beberapa gudang organisasi. Solusinya dapat memprediksi kebutuhan inventaris berdasarkan tren penjualan dan memungkinkan organisasi untuk mentransfer stok dari satu gudang ke gudang lainnya. Solusi ini juga menampilkan perintah kerja batch dan perbaikan otomatis berdasarkan pelacakan lot dan pelacakan nomor seri. 

Fishbowl mendukung integrasi dengan e-commerce, pengiriman, layanan pedagang, dan sistem CRM seperti QuickBooks, Magento, Shopify, Zencart, dan Salesforce. Dukungan ditawarkan melalui email, telepon, dan sumber online lainnya.

Kelebihan 

  • Antarmuka yang Ramah Pengguna: Sekitar 85% pengguna melaporkan bahwa solusi ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan. 
  • Tim Dukungan Bermanfaat: Hampir 82% pengguna menyatakan Fishbowl memiliki tim dukungan pelanggan yang responsif. 
  • Fitur Berlimpah : Program ini memiliki banyak fitur seperti BOM, pelacakan inventaris, pelaporan, perencanaan produksi, pembuatan faktur, dan banyak lagi menurut 64% pengguna. 
  • Terintegrasi: Tepatnya 82% pengguna menyatakan solusi ini terintegrasi dengan QuickBooks, Salesforce dan EDI lainnya, perangkat lunak akuntansi dan pengiriman.

Kekurangan

Produk ini hadir dengan banyak manfaat dan kemampuan, tetapi ada beberapa keterbatasan. Pada saat publikasi ulasan ini, berikut adalah batasan solusi berdasarkan umpan balik pengguna:   

  • Sistem terkadang lamban   
  • Solusinya terkadang mengalami crash 

Harga 

Untuk bisa menggunakan Fishbowl Manufacturing Software pada perusahaan. Anda membutuhkan dana sebesar $4.395

5. Exact JobBOSS Software


JobBOSS adalah paket perangkat lunak manajemen toko terintegrasi yang dirancang untuk melacak dan menghitung biaya pekerjaan. Hal ini memungkinkan staf kantor dan produksi utama untuk mengelola informasi pekerjaan sehari-hari untuk membantu layanan pelanggan yang responsif dan pengiriman tepat waktu.  

Semua data terletak dalam satu database, memberikan pengguna jaringan akses simultan ke informasi kolektif. Hal ini memungkinkan pengambil keputusan untuk diberitahu dan menyadari apa yang terjadi di lantai toko dan di kantor.  

Solusi ini menempatkan penekanan yang kuat pada biaya, produktivitas dan penjadwalan. Ini fleksibel dan dirancang untuk berpikir seperti kebanyakan toko custom, make-to-order, engineer-to-order dan mode campuran dan menangani situasi sehari-hari berdasarkan aliran manufaktur di jenis fasilitas ini.  

Informasi dimasukkan sekali dan selalu mudah diakses oleh pengguna-mulai dari riwayat pekerjaan, status pekerjaan dan kinerja pengiriman hingga analisis keuntungan.  

JobBOSS adalah produk Exact. Exact membangun perangkat lunak bisnis untuk UKM dan akuntan mereka.

Kelebihan 

  • Model Penetapan Harga ERP yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis
  • Perangkat Lunak Fleksibel/Mudah Digunakan
  • Teknologi Unggul dan Keterjangkauan Praktis
  • Pelatihan, Layanan dan Dukungan

Kekurangan

Antarmuka pengguna beranda sulit dilihat. Ada kekurangan opsi penyesuaian mengenai font, ukuran teks, dll. Saat ini kami harus menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk mencoba dan menyesuaikan font sehingga beberapa pengguna kami dapat membaca teks dengan benar. Ekstensi ini cenderung menyebabkan masalah dengan logo sehingga navigasi menjadi sedikit lebih sulit jika Anda tidak terbiasa dengan letak tombol. Menerapkan layar beranda kontras yang lebih tinggi akan bermanfaat dan/atau memiliki opsi yang sudah mendarah daging untuk penyesuaian ukuran teks.

Harga 

Banyak model berlangganan tergantung pada modul yang dipilih; mulai dari $70 per bulan

Kesimpulan 


Sistem Informasi Manufaktur adalah platform perangkat lunak yang kuat yang mampu melacak kemajuan bahan mentah menjadi barang jadi. Ini akan memungkinkan sebuah bisnis untuk beroprasi dengan lebih efisien dan terjadwal. ada banyak produk Sistem Informasi Manufaktur yang lain seperti Datacor Chempax Software, Global Shop Solutions One-System ERP, abas ERP, ECi M1, QT9 Quality Management, dan banyak lagi. Semua kelebihan serta kekurangan diatas didasarkan pada ulasan para pengguna. 

Penulis blog

Tidak ada komentar