Beranda
8 Alasan Pemasaran Media Sosial Itu Penting
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

8 Alasan Pemasaran Media Sosial Itu Penting

pemasaran media sosial 

Apakah bisnis yang Anda jalankan sudah  mengadopsi pemasaran media sosial saat ini? Dengan miliaran jumlah pelnaggan potensial diseluruh dunia menggunakan pelatfrom media sosial, tidak ada tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menerapkan kampanye sosial. Tetapi mengapa pemasaran melalui media sosial Penting?

Ada beberapa alasan utama pemasaran mengunakan media sosial itu penting. Sebelum masuk pada pembahasan lebih lanjud ada baiknya kita mengetahui apa itu pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial sendiri adalah strategi pemasaran yang mengunakan media sosial sebagai media pemasaran dengan mengacu pada berbagai cara seseorang dapat menjangkau audiens target pada platfrom media sosial untuk mencapai tujuan bisnis. 

Pemasaran media sosial mencakup memposting konten dari situs web Anda, berbagi gambar dan video produk, layanan, dan bisnis Anda, dan terhubung dengan pelanggan potensial dan pelanggan saat ini melalui platform sosial.

Selain profil gratis, situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn menawarkan platform iklan berbayar yang dapat membawa kampanye pemasaran Anda ke tingkat berikutnya.

Salah satu alasan pemasaran media sosial sangat efektif adalah kenyataan bahwa konsumen digital menghabiskan 2,5+ jam di platform sosial setiap hari.

Itu berarti selama hampir tiga jam sehari, Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau target pelanggan Anda dengan produk dan layanan Anda. Ketika berbicara tentang merek yang menggunakan pemasaran media sosial, 90 persen telah mengadopsi strategi untuk meningkatkan kesadaran merek. 

Mari masuk ke beberapa alasan yang lebih rinci mengapa menerapkan strategi pemasaran media sosial sangat penting untuk bisnis.

1. Konsumen melihat ke platform sosial untuk mendapatkan rekomendasi


Sebelum strategi pemasaran digital menjadi populer, pemasaran dari mulut ke mulut menyelesaikan pekerjaannya.

Sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa jenis pemasaran ini masih merupakan alat yang sangat kuat hanya dengan cara yang berbeda. Meskipun tatap muka, percakapan dari mulut ke mulut bermanfaat bagi bisnis Anda, orang lain yang mendengar tentang merek dan produk Anda melalui saran media sosial juga sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Mempertimbangkan fakta bahwa 81 persen orang setuju bahwa posting media sosial dari teman-teman mereka memengaruhi keputusan pembelian mereka, “berita dari mulut ke mulut digital” sangat efektif. Tetapi bagaimana kampanye pemasaran media sosial Anda dapat memanfaatkan pemasaran dari mulut ke mulut?

Dengan mendorong pelanggan yang puas untuk meninggalkan ulasan positif di platform sosial Anda tentang produk yang mereka sukai, pengguna lain akan melihat bahwa produk Anda sangat direkomendasikan.

Pemasaran dari mulut ke mulut semacam ini dapat memengaruhi lebih dari 80 persen pengguna dalam keputusan pembelian mereka.

2. Pemasaran media sosial meningkatkan otoritas merek


Salah satu cara untuk meningkatkan otoritas merek Anda adalah dengan mengadopsi pemasaran media sosial .

Mengapa? Platform media sosial menyediakan tempat yang fantastis untuk berbagi konten situs web dan pengetahuan industri Anda dengan orang-orang yang membutuhkan produk dan layanan Anda.

Saat Anda terus berbagi informasi yang bermanfaat dan berharga, pengguna akan mulai melihat Anda sebagai pemimpin industri karena mereka menghargai informasi yang Anda hasilkan dan bagikan.

Belum lagi, ketika Anda memasarkan bisnis Anda di media sosial, Anda juga akan menjalin hubungan dengan tokoh industri. Jika dan ketika mereka membagikan konten Anda di platform sosial mereka, pengguna akan memberi nilai lebih pada konten Anda karena para pemimpin industri membagikannya di situs mereka.

3. Pesaing Anda sudah menggunakan pemasaran media sosial


Anda tidak ingin mengabaikan pemasaran media sosial sebagai strategi, dan salah satu alasannya adalah pesaing Anda kemungkinan sudah menggunakan strategi tersebut. Jika Anda belum mengikuti media sosial, pesaing Anda dapat dengan mudah menaungi Anda dengan kehadiran sosial mereka. Tidak hanya itu, pengguna mungkin berpikir bahwa bisnis Anda kurang dapat dipercaya atau kurang profesional jika Anda tidak tampil di media sosial saat pesaing Anda melakukannya.

Memastikan bahwa bisnis Anda hidup dan sehat di beberapa situs media sosial sangat penting jika Anda ingin bersaing ketat dengan pesaing Anda secara online.

4. Platform iklan media sosial memungkinkan Anda menargetkan audiens yang sangat spesifik


Saat Anda menggunakan platform iklan yang tersedia di jaringan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, Anda akan dapat menargetkan pelanggan yang tepat menurut demografi.

Ini sangat bermanfaat untuk kampanye pemasaran apa pun karena memungkinkan Anda untuk memasarkan produk dan layanan Anda ke audiens yang kemungkinan besar akan berkonversi. Anda tidak hanya dapat menargetkan pengguna berdasarkan demografi, tetapi Anda juga dapat menggunakan tagar untuk menarik pengguna yang mencari apa yang Anda tawarkan.

Penargetan semacam ini juga memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang uang untuk pemasaran kepada pengguna yang sama sekali tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Berbicara tentang membuang-buang uang, itu membawa kita ke poin berikutnya efektivitas biaya.

5. Pemasaran media sosial sangat hemat biaya


Menerapkan strategi pemasaran media sosial adalah cara yang fantastis untuk menjangkau audiens target Anda tanpa anggaran yang besar.

Sebagai permulaan, platform media sosial bebas digunakan, yang berarti untuk memposting konten Anda agar dapat dilihat pengguna, Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Dalam hal iklan, mereka juga sangat hemat biaya karena Anda hanya membayar platform ketika pengguna mengklik iklan Anda (untuk banyak platform).

Itu benar  Anda tidak akan membayar untuk ruang iklan seperti yang Anda lakukan di surat kabar, tetapi Anda hanya membayar bila ada kemungkinan untuk konversi .

Belum lagi, karena iklan media sosial bekerja pada sistem penawaran, Anda bahkan harus memutuskan seberapa banyak Anda bersedia membayar setiap kali pengguna mengklik iklan.

Tentu saja, tawaran tertinggi menang, jadi memilih dua sen sebagai tawaran Anda mungkin ideal, tetapi itu tidak akan selalu memenangkan ruang iklan Anda.

6. Pemasaran media sosial meningkatkan lalu lintas situs web Anda


Siapa yang tidak ingin meningkatkan lalu lintas situs mereka? Bisnis di seluruh dunia akan senang melihat peningkatan jumlah pengunjung situs yang menarik etalase digital mereka, dan strategi pemasaran media sosial adalah cara yang fantastis untuk melakukannya.

Karena Anda dapat memposting tautan ke platform sosial Anda, Anda dapat membagikan tautan ke blog terbaru Anda atau halaman produk dan layanan Anda untuk menarik pengikut Anda melakukan perjalanan ke situs web Anda. Jika Anda ingin melihat lebih banyak lalu lintas situs, pastikan untuk memposting foto atau video dengan tautan ke situs Anda.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya membaca tentang produk Anda, tetapi mereka juga dapat melihatnya.

7. Strategi pemasaran media sosial membantu meningkatkan kesadaran merek


Platform media sosial memberi Anda lokasi yang bagus untuk mengembangkan merek Anda. Gambar profil Anda harus menjadi logo perusahaan Anda, dan tajuk Anda harus mencerminkan merek Anda.Anda juga dapat membangun nada dan suara merek Anda dengan postingan Anda dan menggunakan video dan gambar untuk memberi kesan kepribadian Anda kepada pengguna.

Ketika Anda memiliki kehadiran merek yang kuat di media sosial, pengguna akan lebih mudah mengenali Anda, dan itu merupakan keuntungan besar tersendiri.

8. Media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens yang luas


Dengan miliaran pengguna di platform media sosial, jaring yang Anda gunakan pasti akan menangkap sesuatu.

Audiens Anda di media sosial sangat besar sehingga ketika Anda mengadopsi strategi tersebut, Anda memberi diri Anda dan bisnis Anda miliaran peluang untuk memukau pelanggan potensial dan menarik mereka untuk membeli produk Anda.

Penulis blog

Tidak ada komentar