Beranda
Kekuatan pendorong Dan Penghambat Integrasi Pemasaran Global
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Kekuatan pendorong Dan Penghambat Integrasi Pemasaran Global


Pertumbuhan ekonomi global yang mengesankan dalam beberapa tahun terahir telah terjadi karena keseimbangan yang mendorong dan menghambat sepanjang dekade itu, perusahan dalri belahan dunia yang berbeda-beda dalam industri yang berbeda mencapai kesuksesan bersama dengan mengajar setrategi internasional, multinasional, dan global. sepanjang tahun 1990-an, perubahan dalam lingkungan bisnis menunjukan sejumlah tantangan untuk menyusun cara menjalankan bisnis. sekarang ini, pertumbuhan penting dari pemasaran global dari kenyataan bahwa kekuatan yang mendorong lebih pesat dari pada kekuatan yang menghambat. 

A. Kekuatan yang mendorong 

Mempertemukan kebutuhan dan keingginan global, kemajuan tejnologi, tekanan untuk lebih efisien, tekanan untuk memperbaiki kualitas, perbaikan teknologi informasi, pertumbuhan ekonomi global, dan peluang untuk mengungkit semua yang memiliki kekuatan mendorong yang penting; industri apa saja yang tunduk pada kekuatan-kekuatan ini adalah calon untuk globalisasi.   

Teknologi 

Teknologi merupakan faktor universal, yang melintasi batas negara dan budaya teknologi benar-benar "tidak bernegara" tidak ada batas budaya yang membatasi, penerapa teknologi. jika suatu teknologi telah dikembangkan, segera barang itu tersedia diseluruh dunia. fenomena ini didukung prediksi Levitt mengenai timbulnya pasar global untuk produk yang tersetadarisasi. 

Perjanjian ekonomi regional 

sejumlah perjajian perdagangan multilateral telah mempercepat langkah-langkah integrasi global. NAFA telah mengenmbangkan perdangan di antara negara-negara amerika serikat, canada, dan meksiko. ASEAN mempromosikan dan mendukung perdangangan bebas, berkembangnya anggota-anggota dari wilayah Asia tenggara memperkecil untuk perdagangan di wilayah tersebut. 




Kebutuhan dan ekonomi pasar 

Seseorang yang mempelajari pasar diseluruh dunia akan menemukan budaya yang universal dan juga berbeda budaya. elemen dalam sifat manusia memberikan suatu dasar bagi peluang untuk menciptakan dan melayani pasar global. kata menciptakan itu disengaja. kebanyakan pasar global tidak timbul alamiah mereka harus diciptakan dengan upaya-upaya pemasaran. sebagai contoh, tidak ada orang yang membutuhkan minuman ringan, dan sekarang ini di beberapa negara konsumsi minuman ringan berkapita melebihi konsumsi air minum. Pemasaran yang telah mendorong perubahan ini dalam perilaku dan sekarang industri minuman ringan benar-benar sudah mengglobal. fakta yang sedang meningkat adalah bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen di seluruh dunia saat ini sedang bersatu, yang tidak pernah terjadi sebelumnya hal ini menciptakan suatu peluang untuk pemasaran Global perusahaan multinasional mengejar strategi adaptasi produk guna menembus risiko jatuhnya korban terhadap pesaing Global yang telah mengenai peluang untuk melayani pelanggan global.

Perbaikan trasportasi dan Komunikasi 

Penghalang waktu dan biaya yang dihubungkan dengan jarak selama 100 tahun lebih telah cara dahsyat lenyap. pesawat udara jet merupakan revolusi komunikasi yang menemukan orang-orang untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia dalam waktu kurang dari 48 jam. peristiwa memungkinkan orang-orang dari berbagai negara dapat melihat dan mengalami peroduk-produk yang dijual di luar negeri salah satu karakteristik pokok bisnis global adalah komunikasi langsung baik di antara karyawan maupun antara perusahaan dengan pelanggan. tanpa perjalanan dengan pesawat jet modern, suatu komunikasi akan sulit ditopang pada tahun 1990-an, teknologi komunikasi baru berupa email, fax dan video teleconference yang memungkinkan manajer, eksekutif, dan pelanggan untuk berhubungan secara elektronik dari segenap belahan dunia secara virtual yang merupakan bagian dari biaya perjalanan udara.

Biaya pengembangan produk 

Tekanan untuk globalisasi menguat ketika produk-produk baru membutuhkan investasi pokok dan jangka waktu pengembangan yang lama. industri Farmasi Berikan ilustrasi yang menyolok dari kekuatan yang mendorong. menurut asosiasi manufaktur Farmasi, biaya pengembangan obat baru pada tahun 1976 adalah 54 juta dolar, tahun 1982 biaya meningkat menjadi 87 juta dolar, tahun 1993 biaya pengembangan produk baru mencapai 359 juta dolar. beberapa Biaya harus diperoleh dari pasar global karena tidak ada pasar nasional tunggal yang cukup besar yang mendukung investasi sebesar itu. seperti catatan sebelumnya pemasaran Global tidak dengan mudah diartikan beroperasi di seluruh tempat contohnya, untuk industri Farmasi dengan biaya 200 miliar dolar yang terdapat di 7 negara yang menyumbangkan 75% dari penjualan.

Kualitas 

Strategi pemasaran Global dapat menghasilkan revenue dan margin operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan perusahaan global dan lokal mungkin masing-masing mengeluarkan 5% dari penjualan untuk riset dan pengembangan tetapi perusahaan global mungkin mempunyai penerimaan total beberapa kali lebih besar dari perusahaan lokal Karena perusahaan global melayani pasar dunia mudah sekali memahami Bagaimana Nissan,Mitsubishi, catarpillar dan perusahaan global lainnya dapat mencapai kualitas kelas dunia.

Kecenderungan ekonomi dunia 

Ada tiga alasan mengapa pertumbuhan ekonomi telah menjadi kekuatan yang mendorong dalam ekspansi ekonomi internasional dan pertumbuhan pemasaran global. Yang pertama, pertumbuhan telah menciptakan peluang pasar yang menyediakan insentif pokok bagi perusahaan untuk berkembang secara global. Pada saat yang bersamaan, pertumbuhan yang lambat di pasar lokal perusahaan tersebut dapat menjadi tanda kebutuhan untuk melihat peluang di luar negeri pada negara atau wilayah dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Kedua, pertumbuhan ekonomi telah mengurangi daya tahan melawan apa yang mungkin sebaliknya justru berkembang dalam merespon masuknya perusahaan asing ke perekonomian lokal. Bila hal itu berkembang dengan cepat, pembuat kebijakan mungkin melihat bahwa pemain luar yang lebih baik.

Ketiga, Pergeseran di dunia terhadap deregulasi dan privatisasi merupakan kekuatan yang mendorong lainnya. Kecenderungan terhadap privatisasi tadinya membuka pasar. yang tertutup secara signifikan yang mengakibatkan peluang yang besar sekali.

Daya tuas 

Perusahaan global mempunyai keunikan peluang untuk mengembangkan daya tua, Daya tuas merupakan beberapa tipe keuntungan yang sederhana yani dinikmati seluruh perusahaan berdasarkan atas faktu bahwa perusahaan tersebut memimpin bisnis di lebih dari satu negara, Empat tipe penting dari daya tuas adalah transter pengalaman, penghematan skala, pendayagunaan sumber daya, dan strategi global.

Transfer Pengalaman. Sebuah perusahaan global dapat memperoleh daya tuas pengalaman di pasar mana pun di dunia. Pengalaman itu dapat diperoleh dari Strategi, produk, imbauan iklan, praktik manajemen penjualan, ide promosi, dan sebagainya yang telah diuji di pasar sebenarnya dan menerapkannya di pasar lain yang sebanding.

Penghematan skala. Dalam bidang manufaktur berusahaan global dapat mengambil keuntungan dari besar volume untuk memperoleh keuntungan skala pabrik tunggal tradisional dan dapat juga menggabung menjadi komponen produk jadi yang dibuat dalam pabrik secara efisien di negara lain. Perusahaan raksasa Jepang, Matsushita Electric Company merupakan contoh klasik dari pemasaran global: yang mencapai penghematan skala dengan mengekspor video kaset recorder (VCR), televisi, dan produk eletronik rumahtangga lainnya di seluruh dunia dari pabrik yang berskala dunia di Jepang.

Pendayagunaan Sumber Daya. Kekuatan utama perusahaan global adalah kemampuannya untuk meneropong ke seluruh dunia untuk mencari orang, uang, dan bahan baku yang memungkinkan perusahaan untuk bersaing dengan sangat efektif di pasar global Sebagai contoh, hal ini sama-sama benar dalam mendirikan dan memulai perusahaan British Biotechnology Group yang berdiri pada tahun meningkat sampai $60 juta dari investor di Amerika Serikat, Jepan, dan Inggris Raya.

Strategi Global, Keuntungan paling besar dari perusahaan global adalah strategi global, Strategi global didasarkan pada sistem informasi yang meneropong lingkungan bisnis dunia untuk mengidentifikasi kesempatan, ancaman, kecenderungan, dan sumber daya. Bila peluang telah diketahui, perusahaan global akan mengikuti tiga prinsip sebelumnya: Mengungkit keahliannya dan memfokuskan pada sumber daya untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dan memperoleh keunggulan kompetitif. Strategi global adalah rancangan untuk menciptakan penawaran yang berhasil dalam skala dunia, Ini memerlukan disiplin yang besar, kreativitas yang besar, dan usaha konstan, tetapi imbalannya bukan hanya sukses tetapi juga kemampuan untuk terus bertahan.

Korporasi Global/Transnasional

Korporasi global/transnasional, atau perusahaan bisnis apa pun yang mempunyai tujuan bisnis global dengan menghubungkan sumber daya dunia dengan kesempatan pasar dunia, adalah organisasi yang telah bereaksi terhadap kekuatan yang mendorong, yang menghambat, dan yang melandasi di dunia.

B. Kekuatan yang Menghambat

Meskipun pengaruh kuat dari kekuatan yang mendorong seperti yang dijelaskan di atas, beberapa kekuatan yang menghambat dapat melambatkan usaha perusahaan untuk terlibat dalam pemasaran global. Tiga kekuatan yang menghambat yang penting adalah kecadokan manajemen, budaya organisasi, dan pengendalian nasional. Namun, seperti yang telah kita lihat sebelumnya, kekuatan yang mendorong di dunia sekarang ini menguasai kekuatan yang menghambat. Itulah pentingnya mengapa pemasaran global tersebut berkembang secara cepat.

Kecadokan Manajemen dan Budaya Organisasi

Dalam banyak hal, manajemen biasa mengabaikan peluang untuk mengejar pemasaran global, Perusahaan yang berprilaku "mata ayam" dan etnosentris tidak akan berkembang secara geografis. Kecadokan adalah juga resep bagi bencana pasar jika kantor pusat berusaha mendikte ketika ia seharusnya mendengar. Pemasaran global tidak akan berhasil tanpa tim lokal yang kuat, yang dapat menyesuaikan produk dengan kondisi lokal. Eksekutif dari Parker Pen suatu kali mencoba menerapkan strategi pemasaran global dari atas ke bawah yang mengabaikan masukan-masukan dari perwakilan pasar lokal. Hasilnya adalah kegagalan yang menyeluruh dan dijualnya perusahaan kepada para menejer dari bekas anak perusahaan di Inggris. Akhirnya, Gillete Company mengambil alih parker.

Kendali dan Hambatan Nasional

Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan masuknya industri berteknologi rendah dan tinggi. Beberapa kendali ini diurutkan dari kendali monopoli terhadap akses ke pasar tembakau sampai ke kendali pemerintah nasional terhadap pasar penyiaran, peralatan, dan transmisi data. Dewasa ini, sebagian besar hambatan tarif telah dihilangkan di negara yang berpenghasilan tinggi, terimakasih kepada World Trade Center Organization (WTO), NAFTA, dan perjanjian ekonomi lainnya.

Penulis blog

Tidak ada komentar