Beranda
Pemasaran
Tinto Jose Koikkara menganalisis tren pergeseran pemasaran menuju platform digital
tulus_saktiawan
Oktober 16, 2021

Tinto Jose Koikkara menganalisis tren pergeseran pemasaran menuju platform digital

Digitalisasi yang cepat dalam proses komunikasi telah menghasilkan digitalisasi holistik dari setiap unit di dunia. Dari menghabiskan waktu pribadi dengan orang-orang dekat hingga melakukan semua pekerjaan profesional di kantor dan organisasi lain, dunia selalu online. Hal ini juga mengakibatkan perubahan simultan di pasar. Dampak lebih lanjut dari Covid telah memberikan dorongan yang lebih besar kepada pasar untuk beralih secara online. Beberapa usaha kecil telah muncul di era Covid ini dan banyak merek raksasa mulai lebih fokus pada platform digital daripada pasar tradisional konvensional mereka. Dengan demikian, pemasaran digital sedang meningkat.

Pakar digital Tinto Jose Koikkara telah menyoroti pergeseran tren pemasaran ke platform digital ini. "Konsumen tidak memiliki cukup waktu untuk berbelanja secara fisik atau ingin mengambil risiko keselamatan mereka dengan keluar, sehingga mereka telah sepenuhnya beralih ke e-platform untuk semua tujuan. Bahkan jika mereka berbelanja di dalam toko, mereka terlebih dahulu mencari produk secara online. Dengan demikian, perusahaan mencoba untuk mengubah sebagian strategi pemasaran dan periklanan mereka secara online. Hampir semua merek yang muncul dan mapan memiliki situs web perusahaan mereka sendiri sekarang yang dioptimalkan oleh mesin pencari dan ramah pengguna pada saat yang sama. Konsumen tidak pergi begitu saja untuk produk sekarang, mereka ingin mengetahui semuanya secara detail dan meninjau lebih lanjut dan membandingkan dengan produk lain yang tersedia di pasar.

Dia juga berpikir bahwa keuntungan terbesar dari pemasaran secara digital adalah biayanya yang murah karena CPM (biaya per setiap seribu tayangan iklan) yang lebih rendah. "Platform digital membantu menarik audiens target dan lebih mudah menjangkau mereka. Selain itu, lebih mudah untuk mengukur reaksi audiens di platform digital." Dengan pengalaman hampir satu dekade di bidang ini, analis digital juga memiliki perusahaan pemasaran digital sendiri "Stormforz Digital LLP" sejak tahun 2020 yang ia klaim telah bekerja dengan 200+ klien di seluruh dunia.

Dan dia memberi tahu, bahwa dia juga telah melihat banyak pakar pemasaran mendapatkan bisnis ini karena mereka terlalu antusias dengan upaya mereka. Lalu apa yang membuatnya mengajukan pertanyaan ini? Nah, itulah yang kita semua lakukan sebenarnya. Juga, ternyata pertanyaan itu awalnya didasarkan pada prinsip-prinsip psikologi psikologi Jung, yang merupakan aliran pemikiran dalam psikologi yang menganalisis perkembangan ciri-ciri kepribadian. Psikologi Jung dianggap sebagai salah satu sekolah psikologi terkemuka pada saat perkembangan aslinya di awal abad ke-20. Studi psikologi Jung dapat ditelusuri ke filosofi yang memandang individu sebagai terus-menerus berusaha untuk mengintegrasikan pengalaman dan emosi internalnya sendiri dengan dunia luar untuk mengembangkan rasa diri yang jelas. Singkat cerita, pertanyaan ini dirancang berdasarkan teori bahwa diri selalu terhubung dengan dunia luar orang lain. Pertanyaan itu juga menjawab apakah seseorang harus fokus pada satu jenis kampanye pemasaran atau menghabiskan semua upayanya untuk memasarkan kepada audiens targetnya sendiri. Dengan kata lain, pertanyaan yang diajukan adalah, "Apakah Anda berfokus pada pemasaran untuk audiens atau pasar Anda sendiri?

Dan Psikologi Jungian mengatakan bahwa segala jenis kegiatan pemasaran berharga karena berfokus pada pemasaran untuk diri sendiri. Pertanyaannya kemudian memberi tahu kita bahwa seseorang harus menghabiskan waktu untuk memasarkan ke audiens targetnya sendiri, dan dia juga berpendapat bahwa seseorang harus melupakan orang lain karena mereka tidak selalu penting. Ini adalah fakta yang agak menyedihkan tetapi benar bahwa, mengingat kemajuan industri komunikasi dan pemasaran, generasi kita sendiri menjadi semakin fokus pada pemasaran produk dan layanan kita sendiri daripada yang berdampak langsung pada kehidupan kita, seperti saham pasar dan komoditas. Tapi tunggu dulu, alasan utama mengapa pertanyaan ini begitu menarik adalah karena kaitan intrinsiknya dengan teori distribusi Pareto. NS

Penulis blog

Tidak ada komentar