Beranda
Pengaruh Pandemi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Pengaruh Pandemi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Prospek ekonomi global untuk Juni 2020 menggambarkan prospek langsung dan jangka pendek dari dampak pandemi dan kerusakan jangka panjang yang akan ditimbulkannya terhadap prospek pertumbuhan. Bagian berikutnya mencoba membedakan antara dampak perubahan ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi dalam ekonomi pasar terkoordinasi dan ekonomi pasar liberal yang dipicu oleh wabah penyakit.   

Menurut World Economic Outlook pada April 2021 oleh IMF, ekonomi global akan berkontraksi sebesar 3,5% pada tahun 2020, turun 7% dari perkiraan pertumbuhan 3,4% pada Oktober 2019. PBB telah memperingatkan bahwa pandemi COVID-19 kemungkinan akan memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap ekonomi global dengan pertumbuhan PDB di negara-negara dengan ekonomi saat ini diperkirakan akan turun 4,8 persen (PBB, 2020). Kegagalan untuk mengendalikan pandemi telah berdampak besar pada ekonomi global - dengan PDB global meningkat sebesar 3,3% pada tahun 2019. 

Saat negara-negara di seluruh dunia berjuang untuk menahan pandemi COVID-19 dan dampak ekonominya, Survei Ekonomi Global McKinsey kami baru-baru ini menunjukkan skala tantangan, terutama di wilayah tertentu. Terlepas dari optimisme umum, pandemi muncul sebagai risiko terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di negara-negara yang disurvei. Dampaknya pada tingkat pertumbuhan PDB, karena virus ini berkembang dan menunjukkan sedikit tanda untuk dikendalikan (15 April 2020), dan dampak negatifnya terhadap pertumbuhan ekonomi di semua negara sangat parah. 

Ketika dunia berjuang dengan pandemi COVID 19, yang memengaruhi semakin banyak negara dan orang, reaksi terhadap Survei Ekonomi dan Ekonomi kami baru-baru ini menunjukkan peningkatan optimisme. Selain itu, responden lebih mungkin daripada dalam tiga tahun terakhir untuk mengharapkan ekonomi global tumbuh pada tingkat yang lebih cepat. Di beberapa wilayah, responden lebih mungkin daripada eksekutif untuk mengharapkan tingkat pengangguran meningkat di negara asal mereka - 60% di Amerika Latin, naik dari 44% pada bulan Desember - mengutip pengangguran sebagai ancaman bagi pertumbuhan ekonomi domestik. 

Hasil analisis empiris dampak langsung dan tidak langsungnya terhadap perekonomian global yang saling terhubung menunjukkan bahwa resesi global di negara-negara yang lolos berlangsung lebih lama daripada dampak kebijakan perubahan iklim suatu negara. Analisis kontrafaktual kami menunjukkan bahwa dampak negatif pandemi terhadap ekonomi global lebih besar dan lebih persisten daripada di negara-negara yang lolos tanpa cedera. 

Kerusakan ekonomi akibat COVID 19 akan disebabkan oleh penurunan permintaan yang berarti tidak semua konsumen akan membeli barang dan jasa yang tersedia dalam ekonomi global. Dalam dinamika ini, para ekonom merenungkan apakah pandemi dapat menyebabkan resesi global dalam skala Depresi Hebat dan ada alasan untuk berharap bahwa skenario terburuk dapat dihindari. 

Pandemi COVID 19 merupakan goncangan global yang tiada duanya, membawa serta gangguan pasokan dan permintaan secara simultan dalam ekonomi global yang saling terhubung. Dalam perekonomian global, dampak ekonomi dari suatu epidemi di suatu negara ditransfer melalui rantai pasokan dan pasar modal yang terintegrasi ke negara lain. Pandemi – yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam jangkauan dan dampak globalnya – menimbulkan tantangan berat bagi para pembuat kebijakan dalam analisis empiris tentang dampak langsung dan tidak langsungnya terhadap ekonomi global yang saling terkait. 

Dampak ekonomi dari pandemi kemungkinan akan meningkatkan eksploitasi seksual dan pernikahan anak dan membuat perempuan dan anak perempuan sangat rentan dalam konteks ekonomi dan pengungsi yang rapuh. Pandemi juga diperkirakan akan secara signifikan meningkatkan biaya ekonomi bagi negara-negara dan meningkatkan ketimpangan dalam skala global . Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga konstan, 2011-2012 persen Lihat versi lebih besar Dampak pandemi COVID-19 terhadap pekerja migran Organisasi Buruh Internasional (ILO) Laporan ILO menggambarkan pandemi virus corona sebagai krisis global terburuk sejak Perang Dunia II. 

Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLAC) Alicia Barcena hari ini memperingatkan bahwa pandemi virus corona (COVID-19) akan memiliki dampak yang menghancurkan pada ekonomi global yang akan lebih intens dan nyata daripada selama krisis global 2008-2009. krisis keuangan. Dia menambahkan bahwa negara-negara Amerika Latin dan Karibia tidak akan terhindar, karena mereka akan terpengaruh melalui banyak saluran. Presiden Bank Dunia David Malpass telah memperingatkan bahwa resesi global dapat menghambat kemajuan negara-negara berkembang selama beberapa dekade, menunjukkan bahwa pandemi dapat menyebabkan tingkat kematian bayi yang lebih tinggi dan pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak. IMF memprediksi bahwa, dalam skenario COVID, PDB global untuk negara-negara berpenghasilan rendah (LICs) bisa turun 3-6% pada tahun 2024. 

Bank Dunia telah menyediakan dana $160 miliar untuk lebih dari 100 negara berkembang untuk mengurangi dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial dari COVID-19, termasuk $50 miliar dalam bentuk hibah sumber daya lunak dan $12 miliar untuk membeli dan mendistribusikan vaksin yang terbesar dalam sejarahnya - untuk membantu mereka memerangi dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial COVID-19. Alicia Barcena menjelaskan bahwa karena virus mempertaruhkan barang publik global yang vital dan kesehatan manusia, itu akan berdampak pada melemahnya ekonomi global di sisi penawaran dan permintaan, dengan gangguan dalam rantai produksi yang merugikan perdagangan dunia, hilangnya pendapatan dan profitabilitas, pengangguran yang lebih tinggi. dan kesulitan yang lebih besar dalam membayar kewajiban pembayaran utang. 

Dalam hal ini, dampak virus corona terhadap perekonomian CME pada variabel makroekonomi seperti pengangguran, rata-rata jam kerja, inflasi, dan investasi pemerintah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kami mengukur dampak ekonomi dari guncangan COVID-19 dengan membandingkan perkiraan ekonomi global antara Januari dan Desember 2021 dengan peristiwa sebenarnya, menggunakan fungsi respons impuls umum. Seluruh studi didasarkan pada gagasan bahwa dislokasi ekonomi didorong oleh peristiwa-peristiwa seperti epidemi dan, dalam kasus pandemi saat ini, mempengaruhi dinamika investasi, pasar modal, pasar tenaga kerja, upah umum dan tingkat inflasi yang mengakibatkan perubahan kumulatif dalam tingkat pertumbuhan ekonomi.

Penulis blog

Tidak ada komentar