Beranda
Dasar Dasar Ekonomi Manajerial
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Dasar Dasar Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah subjek penting untuk dilihat dan bisa sangat bermanfaat karena faktanya. menawarkan dasar untuk mempelajari berbagai bidang studi dalam teknologi manajemen bisnis, bersama dengan keuangan, pemasaran, penelitian operasional, akuntansi manajerial. Ekonomi manajerial juga. membantu dalam melihat keterkaitan dari beberapa bidang melihat cara yang baik untuk menyediakan pandangan yang berguna dalam bidang manajemen perusahaan teknologi.

Manajer

manajer (manager) adalah orang yang mengarahkan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. definisi ini termasuk semua individu yang (1) mengarahkan usaha orang lain termasuk mereka yang mendelegasikan tugas dan dalam hubungan organisasi seperti perusahaan, keluarga atau club (2) membeli memasukkan untuk digunakan dalam produksi barang dan jasa untuk keluaran perusahaan, makanan untuk yang membutuhkan atau rumah singgah untuk tunawisma, atau (3) bertanggung jawab mengambil keputusan lain seperti harga atau kualitas produk.

seorang manajer umumnya memiliki tanggung jawab untuk tindakannya sendiri juga tindakan individu mesin dan masukan lain dibawah kendali manajer tersebut kontrol ini dapat melibatkan tanggung jawab atas sumber daya dari perusahaan multinasional atau rumah tangga tunggal.

Ilmu Ekonomi

ekonomi (economics) adalah ilmu pengambil keputusan dan dengan adanya keterbatasan sumber daya sumberdaya sederhananya merupakan apapun yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa atau lebih umumnya untuk mencapai suatu tujuan keputusan adalah penting karena kelangkaan berarti bahwa dengan membuat satu pilihan Anda merelakan pilihan yang lain contohnya sebuah perusahaan komputer yang menghabiskan lebih banyak sumber daya pada ikan memiliki sumber daya yang lebih sedikit untuk diinvestasikan dalam riset dan pengembangan.

Definisi Ekonomi Manajerial 

Joel Dean, penulis pertama buku teks tentang ekonomi manajerial, mendefinisikan ekonomi manajerial sebagai penggunaan analisis moneter dalam merumuskan kebijakan perusahaan. Joel Dean melihat kesenjangan besar di antara masalah logis yang menjadi subjek ekonom dan masalah kebijakan yang ada dalam manajemen yang realistis. Ini perlu dijembatani sehingga pembuat pilihan di dalam majikan bisa mendapatkan kontribusi yang masuk akal dari sudut pandang ekonomi ke pembuatan cakupan teratas perusahaan.

Konsisten dengan William Baumol, ekonom dapat membuat model teoritis dari semua masalah, yang terdiri dari bahkan masalah yang kompleks, melalui memecah mereka menjadi elemen-elemen penting dan kemudian menampilkan keterkaitan di antara mereka dan untuk alasan ini dapat membantu menyediakan cara untuk menemukan solusi kelas satu. Masalah apa pun dapat diselesaikan dengan bantuan strategi penalaran yang digunakan dalam mengurangi teorema moneter.

Dalam perkembangannya, ekonomi manajerial digambarkan sebagai penerapan prinsip keuangan dan berbagai peralatan dalam ilmu pilihan untuk memecahkan banyak masalah manajerial di perusahaan dengan cara yang paling hijau.

kunci untuk mengambil keputusan yang tepat adalah dengan mengetahui informasi Apa yang dibutuhkan untuk membayar sebuah keputusan yang diinformasikan dan kemudian untuk mengumpulkan dan memproses data.

EKONOMI DASAR MANAJEMEN EFEKTIF

sifat dasar dari keputusan manajerial yang baik beragam, tergantung pada sasaran mendasar dari manajer itu. karena pelajaran ini di desain terutama untuk para manajer perusahaan, fokus pada keputusan manajerial karena berkaitan dengan memaksimalkan laba, atau lebih umum nilai dari perusahaan. sebuah menyalami kegunaan khusus ekonomi manajerial memberikan garis besar prinsip-prinsip dasar yang mencakup manajemen yang efektif. secara umum secara seorang manajer yang efektif harus (1) mengidentifikasi sasaran dan batasan (2) menganalisis sifat dasar dan pentingnya laba (3) memahami insentif (4) Memahami pasar (5) mengenai nilai waktu uang dan (6) menggunakan analisis marginal.

Megidentifikasi Sasaran dan Datasan

Langkah pertama dalam mengambil keputusan yang tepat adalah memiliki sasaran yang terdefinisi dengan baik karena mencapai sasaran yang berbeda diikuti oleh pengambilan keputusan yang berbeda.

batasan merupakan wujud dari kelangkaan. unit yang berbeda dalam sebuah perusahaan mungkin memiliki sasaran yang berbeda-beda yang ada dalam Departemen pemasaran mungkin diinstruksikan untuk menggunakan sumber dayanya guna memaksimalkan penjualan atau pangsa pasar, sedangkan dalam grup keuangan mungkin berfokus Pada pertumbuhan laba atau strategi reduksi risiko.

sayangnya, batasan mempersulit para manajer untuk mencapai sasaran seperti memaksimalkan laba, atau meningkatkan pangsa pasar. batasan ini termasuk hal seperti ketersediaan teknologi dan harga dari masukan yang digunakan dalam produksi. tujuan untuk memaksimalkan laba menuntut manajer untuk menentukan harga optimum yang dibebankan untuk sebuah produk, seberapa banyak yang diproduksi, teknologi apa yang akan digunakan, sebagai banyak masukan yang akan digunakan Bagaimana reaksi atas keputusan yang dapat dibuat pesaing dan seterusnya.

Mengenali sifat dasar dan penting laba 

tujuan seluruhnya dari kebanyakan perusahaan adalah untuk memaksimalkan laba atau nilai perusahaan, dan isi selanjutnya batal strategi-strategi yang dapat digunakan manajer untuk mencapai tujuan tersebut sebelumnya memberikan detil ini Mari Kita uji sifat dasar pentingnya laba dalam sebuah ekonomi pasar bebas.

laba ekonomi vs akuntansi 

jika mendengar kata laba, Kebanyakan orang berpikir mengenai laba Akuntansi. laba akuntansi merupakan jumlah total dari uang yang diambil dari penjual (total menerima atau harga di kali akuntansi yang dijual) dikurangi biaya produksi barang atau jasa apa akuntansi merupakan apa yang muncul pada laporan laba rugi perusahaan dalam umumnya laporan kepada manajer oleh departemen akuntansi

cara yang lebih umum untuk mengidentifikasi laba adalah dari istilah yang para ekonomi disebut sebagai laba ekonomi. laba ekonomi atau (Economic profit) merupakan perbedaan antara total penerimaan dan total biaya peluang menghasilkan barang dan jasa perusahaan. biaya peluang atau (opportunity cost) dari penggunaan sumber daya meliputi biaya eksplisit akuntansi dari sumberdaya ini dan biaya eksplisit merelakan alternatif terbaik penggunaan sumberdaya biaya peluang menghasilkan barang atau jasa umumnya lebih tinggi daripada biaya akuntansi karena menyertakan baik nilai dolar biaya eksplisit atau biaya akuntansi dan biaya eksplisit apapun.

ketika kita membicarakan biaya, maksudnya adalah biaya ekonomi biaya ekonomi merupakan biaya peluang dan tidak hanya biaya eksplisit  (akuntansi) tetapi juga bisa implisit dari sumber daya yang digunakan dalam produksi.

peran laba 

sebuah kesalahpahaman umum adalah bahwa tujuan perusahaan memaksimalkan laba selalu buruk bagi masyarakat. individu yang ingin memaksimalkan laba seringkali dianggap mementingkan diri sendiri, sebuah sifat yang dipandang banyak orang tidak menyenangkan namun demikian Ingatlah ucapan klasik Adam Smith dan wealth of Nations "buku dari kebaikan hati tukang daging pembuat anggur atau pembuat roti ketika mengharapkan makan malam kita tetapi dari kepedulian mereka akan kepentingan mereka"

Smith mengatakan bahwa dengan mengejar kepentingannya sendiri tujuan memaksimalkan laba sebuah perusahaan pada akhirnya memenuhi kebutuhan masyarakat.

oleh karena itu laba menyinyalkan pada pemilik sumber daya di mana sumber daya itu dinilai paling tinggi oleh masyarakat. dengan memindahkan sumber daya yang langka ke produksi barang yang paling dihargai oleh masyarakat, total kesejahteraan masyarakat diperbaiki. seperti yang Adam Smith pernah catat fenomena ini bukanlah karena kebaikan hati dari manajer perusahaan melainkan tujuan yang berorientasi pada diri sendiri untuk memaksimalkan laba perusahaan.

prinsip laba adalah sebuah sinyal laba memberikan sinyal pada memiliki sumber daya mana yang paling dihargai oleh masyarakat.

kerangka lima kekuatan dan profitabilitas industri 

banyak kekuatan yang dan keputusan yang saling terkait yang mempengaruhi level, pertumbuhan, dan kesinambungan laba. Jika Anda atau para manajer lain di industri cukup pintar untuk mengidentifikasi strategi-strategi yang menghasilkan suatu kemajuan bagi para pemegang saham creater. ini tidak ada jaminan bahwa laba ini akan bertahan dalam jangka panjang Anda harus menyadari bahwa label merupakan sebuah sinyal jika anda adalah menghasilkan laba yang Superior pesaing yang sudah ada maupun yang potensial akan berusaha semampunya untuk mengambil  buah tindakan.

Memahami insentif 

dalam pembahasan kita mengenai peran laba, kita menekankan bahwa laba memberikan sinyal kepada pemegang sumber daya mengenai Kapan memasuki dan keluar dari industri tertentu efeknya perubahan dalam memberikan insentif bagi pemilik sumber daya untuk mengubah penggunaan sumber dayanya dalam sebuah perusahaan insentif memengaruhi Bagaimana sumber daya digunakan dalam seberapa keras para pegawai bekerja agar sukses sebagai manajer Anda harus memiliki pemahaman jelas mengenai peran insentif dalam operasi seperti sebuah perusahaan dalam Bagaimana membangun insentif untuk mendorong usaha maksimal dari pihak yang anda Pimpin.

Langkah pertama dalam membangun insentif dalam sebuah perusahaan adalah membedakan antara dunia, atau tempat bisnis, sebagaimana adanya dan dunia yang anda inginkan bahwa profesional dan pemilik bisnis kecil memiliki kesulitan karena mereka tidak memahami sepenuhnya akan pentingnya peran insentif dalam memandu keputusan orang lain.

kegunaan ekonomi manajerial adalah untuk memberikan Anda serangkaian luas keahlian yang membuat anda mampu untuk mengambil keputusan ekonomi yang baik dan untuk membangun insentif yang layak dalam organisasi Anda. kita akan memulai dengan asumsi bahwa setiap orang yang anda temui adalah rakus yakni bahwa peduli pada kepentingan nya dalam kondisi demikian pemain memahami insentif adalah suatu keharusan Tentu saja Ini adalah skenario khusus terburuk lebih Mungkin beberapa dari kontrak bisnis Anda tidak akan sangat egois Jika Anda sangat beruntung pekerjaan Anda semuanya akan lebih mudah.

Memahami pasar 

dalam mempelajari Mikro Ekonomi secara umum dan ekonomi manajerial secara khusus penting untuk mengingat bahwa ada dua sisi dari setiap transaksi di pasar untuk tiap pembeli suatu barang pasti ada penjual hasil akhir dari proses pasar kemudian tergantung pada kekuatan relatif dari pembeli dan penjual di pasar kekuatan atau daya tawar dari konsumen dan produsen di pasar dibatasi oleh tiga sumber persaingan yang ada dalam transaksi ekonomi persaingan konsumen produsen persaingan konsumen konsumen dan persaingan produsen produsen.

persaingan konsumen-produsen

persaingan konsumen-produsen terjadi karena kepentingan yang bertentangan antara konsumen dan produsen konsumen mencoba untuk menegosiasikan atau mencari harga murah Sedangkan produsen mencoba menegosiasikan harga mahal kasarnya konsumen untuk merampok produsen dan produsen coba merampok konsumen tentu saja ada batasan terhadap kemampuan pihak-pihak ini untuk mencapai sasarannya jika seorang konsumen menawar harga yang terlalu rendah bagi produsen akan menolak menjual produk kepada konsumen serupa dengan itu jika produsen meminta harga yang lebih nilai yang diberikan Konsumen akan harga sebuah barang Konsumen akan menolak membeli barang itu dua kekuatan ini memberikan keseimbangan alami dalam proses pasar bahwa dalam pasar yang mana ditawar oleh perusahaan tunggal atau monopoli.

persaingan konsumen-konsumen

sumber kedua persaingan yang membentuk proses pasar terjadi di antara konsumen persaingan konsumen-konsumen mengurangi kekuatan negosiasi dari konsumen di pasar persaingan ini muncul karena doktrin ekonomi dari kelangkaan ketika kuantitas terbatas dari barang tersedia Konsumen akan bersaing satu sama lain untuk hak membeli barang yang tersedia konsumen yang bersedia membayar harga tinggi untuk barang yang langka akan menyalahkan konsumen lain atas hak untuk mengonsumsi barang itu.

pesaing produsen-produsen

sumber ketiga dari Persaingan di pasar adalah persaingan produsen-produsen tidak seperti bentuk-bentuk lain dari persaingan alat yang Mainkan ini berfungsi hanya ketika banyak penjual dari suatu produk bersaing di pasar dengan langkanya konsumen produsen bersaing satu sama lain atas hak untuk melayani konsumen yang tersedia perusahaan yang menawarkan produk berkualitas terbaik pada harga termurah memperoleh hak untuk melayani konsumen.

Mengenali nilai waktu uang 

banyak keputusan melibatkan selang waktu antara ketika biaya proyek ditanggung dan ketika manfaat dari proyek diterima dalam kondisi ini penting untuk menyadari bahwa 1 dolar hari ini lebih berharga daripada 1 dolar yang diterima di masa depan alasannya sederhana biaya peluang menerima 1 dolar di masa depan adalah bunga yang di Relakan yang akan dapat dihasilkan jika 1 dolar diterima hari ini biaya peluang ini merefleksikan nilai waktu uang uang memperhitungkan waktu penerimaan dan pengeluaran dengan tepat manajer harus memahami analisis nilai sekarang.

Analisis nilai sekarang 

nilai sekarang (present value) dari dari suatu jumlah yang diterima di masa depan adalah jumlah yang harus diinvestasikan hari ini pada suku bunga saat ini untuk menghasilkan nilai masa depan tertentu sebagai contoh andainya seorang menawari Anda 1 koma 10 dolar 1 tahun dari sekarang Berapakah nilai hari ini nilai sekarang dari 1,10 yang akan diterima 1 tahun dari hari ini perhatikan bahwa jika anda mendapat berinvestasi 1 dolar hari ini pada suku bunga terjamin 10% 1 tahun dari sekarang 1 dolar akan bernilai 1,0 dengan kata lain selama 1 tahun 1,1 1 dolar anda akan menghasilkan 0,1 bunga oleh karena itu itu ketika suku bunga 10% nilai sekarang dari 1,10 dollar 1 tahun yang akan datang adalah 1 dolar.

nilai sekarang dan aset hidup tak terbatas 

beberapa keputusan menghasilkan arus kas yang terus Tanpa Batas misalnya Andaikan sebuah aset yang menghasilkan suatu arus kas CF 0 hari ini CF 11 tahun dari sekarang CF 22 tahun dari sekarang dan seterusnya sampai batas waktu tidak terbatas jika suku bunga adalah nilai aset ditentukan oleh nilai sekarang dari arus kas ini.

Menggunakan analisis marginal 

analisis Marginal merupakan salah satu alat manajerial yang penting Sebuah alat yang akan kita gunakan berulang-ulang sepanjang bacaan ini dalam konteks alternative sederhananya analisis Marginal menyatakan bahwa keputusan manajerial optimal melibatkan perbandingan manfaat Marginal atau tambahan dari sebuah keputusan dengan biaya Marginal tambahan.

discrete decisions 

manfaat marginal (marginal benefit) merujuk pada manfaat tambahan yang muncul akibat penggunaan satu unit tambahan variabel kontrol manajer.

biaya marginal (marginal cost) di sisi lain merupakan biaya tambahan yang timbul akibat penggunaan satu unit tambahan variabel kontrol manajerial.

prinsip marginal untuk memaksimalkan manfaat persis manajer harus meningkatkan variabel kontrol manajerial sampai titik yang mana manfaat Marginal sama dengan yang yang sama dengan biaya Marginal level variabel kontrol manajerial ini cocok dengan level yang mana manfaat bersih Marginal adalah nol tidak ada lagi yang dapat diperoleh dengan perubahan lanjutan dalam variabel itu.

keputusan berkelanjutan  

prinsip dasar untuk membuat keputusan ketika variabel kontrol diskrit juga berlaku untuk kasus variabel kontrol kontinu prinsip kurva nilai Marginal adalah kemiringan kurva nilai total ketika variabel kontrol dapat dibagi Tanpa Batas kemiringan kurva nilai total pada titik manapun adalah nilai Marginal pada titik itu khususnya nilai korban manfaat total pada ketinggian tertentu merupakan manfaat Marginal dari level Q tersebut kemiringan kurva biaya total pada suhu tertentu merupakan biaya Marginal dari level tersebut kemiringan kurva manfaat bersih pada suatu nilai Q merupakan manfaat bersih Marginal dari level Q tersebut.

keputusan intkremental 

kadang-kadang para manajer diharapkan dengan proposal yang membutuhkan keputusan sederhana setuju atau menolak analisis Marginal merupakan alat yang pantas digunakan untuk keputusan demikian manajer harus mengadopsi sebuah proyek apabila penerimaan tambahan yang akan diperoleh jika proyek itu diadopsi melibatkan biaya tambahan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan proyek dalam kasus keputusan yang atau tidak menerima tambahan yang diturunkan dari sebuah keputusan disebut penerimaan intelektual (intelektual revenue) biaya tambahan yang muncul dari keputusan itu tersebut biaya intelektual (intelektual cost).

Penulis blog

Tidak ada komentar