Beranda
Pemasaran
Cara Meningkatkan Pemasaran Global
tulus_saktiawan
Oktober 17, 2021

Cara Meningkatkan Pemasaran Global

setrategi pemasaran global memerlukan penyesuaian keseluruhan strategi pemasaran, gaya merek, dan budaya perusahaan Anda dengan kondisi negara atau wilayah tempat Anda beroperasi. Strategi standardisasi global mengacu pada kemampuan untuk menggunakan pesan dan kampanye pemasaran standar di seluruh pasar, negara, dan budaya. Tidak seperti lokalisasi, yang merupakan pendekatan pemasaran yang berbeda untuk setiap pasar, standarisasi global menawarkan keuntungan biaya yang signifikan dan menghasilkan lebih sedikit pesan dan kampanye. 

Strategi pemasaran global yang sukses dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas produk dan layanan Anda, mendapatkan keunggulan kompetitif yang lebih kuat, meningkatkan kesadaran merek, mengurangi biaya, dan meningkatkan penghematan. Strategi pemasaran global mengharuskan perusahaan untuk melakukan riset pasar baru untuk menentukan negara, perusahaan, dan produk mana yang paling sukses, dan untuk menemukan merek sehingga mencerminkan kebutuhan setiap komunitas. Sebagai bagian alami dari keseluruhan proses pemasaran, pelokalan memungkinkan perusahaan menjangkau khalayak global.   

Pemasaran global melalui proses yang sama dengan strategi pemasaran lokal, dengan empat P: pasar yang relevan, harga produk, lokasi, dan promosi. Namun, banyak perusahaan gagal untuk mengatasi pasar internasional melalui strategi pemasaran global mereka karena proses lokalisasi tidak dioptimalkan untuk mencerminkan kemajuan teknologi baru dan menerapkan strategi dalam skala global. 

Pemasar yang ingin memperluas jangkauan mereka ke audiens baru dapat menjadi alasan yang baik untuk mencari strategi pemasaran global terpadu dengan memastikan bahwa pesan Anda diidentifikasi di setiap negara, di mana pun kantor pusat Anda berada. Pastikan strategi pemasaran global Anda cocok dengan nama merek yang seragam, produk serupa, kemasan identik, pesan terkoordinasi, harga serupa, dan peluncuran produk yang disinkronkan. Konsistensi dalam iklan merek, produk yang diproduksi secara lokal untuk pasar regional, penggunaan media sosial dan pemasaran masuk yang ekstensif, serta penetapan harga dan pengemasan yang memadai akan sangat membantu keberhasilan kampanye global Anda. 

Integrasikan proses pelokalan ke dalam otomatisasi pemasaran Anda dan ambil pendekatan baru terhadap cara pemasaran global dilakukan sehingga Anda dapat menghubungkan dan menjual audiens target Anda. Perusahaan dari semua ukuran dapat meluncurkan kampanye pemasaran global tanpa tim pemasaran khusus dengan anggaran yang wajar dan kreativitas pemasaran. Dengan strategi pemasaran digital yang efektif, berbagai macam alat pemasaran inovatif tersedia untuk menciptakan dan meningkatkan merek perusahaan atau organisasi global, memungkinkannya menjangkau pasar geografis baru di seluruh dunia.  

Strategi pemasaran global harus mempertimbangkan hal ini jika ingin membuat rencana dan memusatkan aktivitas Anda dengan cara yang paling masuk akal berdasarkan struktur bisnis khusus Anda, ukuran, pendekatan, penawaran produk, dan banyak lagi. Mengetahui apa yang dibutuhkan untuk produk Anda, dalam bentuk apa dan bagaimana menyampaikannya (dan bagaimana menyampaikannya dengan cara yang memperkuat merek) adalah komponen inti dari pemasaran global yang hebat. 

Melokalkan pemasaran, penjualan produk, dan konten perusahaan Anda dapat berdampak positif pada peningkatan permintaan, pertumbuhan bisnis, kesadaran merek, dan peningkatan pendapatan. Merek global dapat menghindari kesalahan budaya dengan melokalisasi konten pemasaran mereka dan dengan merekrut ahli bahasa profesional untuk menuliskan slogan pemasaran, pesan, salinan iklan, dan nama produk. Transkreasi adalah proses mengambil dan mengubah pesan merek Anda sesuai kebutuhan untuk menyampaikan semangat dan makna asli dengan cara yang berhasil di berbagai negara, wilayah, dan bahasa. 

Terlepas dari manfaat efisiensi yang jelas dimiliki pemasar program produk standar, banyak manajer takut bahwa pemasaran global akan didefinisikan secara ekstrem yang melampaui praktik. Pelanggan dan kondisi persaingan bervariasi dari satu negara ke negara lain, manajer lokal yang kuat tidak mewakili pengambilan keputusan terpusat, dan banyak manajer berpendapat bahwa ini tidak berhasil. 

Sebuah artikel Harvard Business Review berjudul "Kesalahan Paling Umum Dilakukan Perusahaan dalam Pemasaran Global," yang ditulis oleh Nataly Kelly, menunjukkan bahwa salah satu kesalahan pemasaran global terbesar yang dilakukan perusahaan adalah tidak mendengarkan tim lokal mereka. Sebelum menyelami 10 prinsip pemasaran internasional dan branding global, mari kita lihat beberapa perusahaan yang salah menafsirkan kampanye mereka untuk audiens global.

Area pemasaran yang cocok untuk dikelola di tingkat global atau pusat meliputi kebijakan merek dan merek, perencanaan dan penganggaran pemasaran strategis, otonomi pasar dalam anggaran yang dialokasikan, kampanye pemasaran skala besar, kebijakan strategi media sosial, strategi penelitian, dan PR global. . Program pemasaran global juga membebaskan manajer negara dan memperluas jangkauan kemampuan pemasaran untuk fokus pada pengembangan keterampilan mereka di bidang manufaktur lokal, hubungan perburuhan, dan urusan pemerintahan. Sementara manajer negara yang mendorong pasar mempertaruhkan sumber daya mereka untuk membawa produk baru ke pasar, mereka cenderung menyesuaikan program pemasaran produk lebih ke pasar mereka sendiri daripada ke pasar global.   

Burger King adalah contoh bagaimana model bisnis dan pendekatan pemasaran internasional Anda dapat terus menumbuhkan nilai merek inti Anda sambil beradaptasi dengan budaya dan persyaratan lokal. Sementara Philip Morriss, Country Manager Seagram dan biro iklan lokal mereka berdedikasi untuk menerapkan program standar untuk merek global perusahaan, mereka tetap bertanggung jawab penuh atas program pemasaran untuk merek mereka yang didistribusikan secara global. 

Pemasar global bertujuan untuk menawarkan versi terjemahan dari posting di media sosial untuk menarik khalayak yang lebih luas, karena banyak konsumen mencari pendapat dan informasi tentang "produk dan merek pelanggan lain. Pasar utama untuk barang-barang konsumen dengan kehadiran media sosial yang kuat adalah Coca-Cola, Samsung, Pepsi, Unilever, Glaxo, dan lainnya. Strategi standardisasi global bergantung pada daya tarik universal, tetapi karena perbedaan budaya dan lokal, Anda perlu menjelajahi cara pelanggan menggunakan dan memikirkan produk Anda bergantung pada pasar. 

Penulis blog

Tidak ada komentar