Beranda
Ketahanan: 8 Rahasia Membangun Keterampilan Ketahanan Anda untuk Masa Depan Pekerjaan
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Ketahanan: 8 Rahasia Membangun Keterampilan Ketahanan Anda untuk Masa Depan Pekerjaan

Keterampilan ketahanan dibutuhkan sekarang lebih dari sebelumnya dengan berbagai tantangan global dan perubahan yang terjadi di dunia yang serba cepat saat ini. Dengan tingkat ketahanan emosional dan profesional yang tinggi, Anda akan mampu menghadapi situasi stres baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan. Keterampilan ini telah terbukti secara positif memengaruhi keterlibatan dan kepuasan kerja serta memengaruhi kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Namun, laporan menunjukkan bahwa lebih dari 20 persen karyawan (https://www.cdc.gov/niosh/docs/99-101/) memandang pekerjaan mereka sebagai pemicu stres utama dalam hidup mereka. Ini tidak baik karena stres dapat menyebabkan kelelahan, depresi, kecemasan, dan penyakit lainnya. Dengan perubahan terus-menerus yang terjadi dalam budaya kerja modern, membangun keterampilan ketahanan untuk menavigasi lingkungan kerja Anda dengan sukses adalah bermanfaat. Memiliki ketahanan tidak berarti Anda tidak akan pernah gagal; itu hanya berarti bahwa Anda akan belajar dari kegagalan dan kesalahan Anda dan berkembang sebagai hasilnya. Perbedaan antara orang sukses dan tidak sukses adalah kemampuan mereka untuk bangkit kembali dari kegagalan dan kemunduran, sebagaimana dibuktikan oleh orang-orang sukses terkenal seperti Bill Gates, Jeff Bezos, Thomas Edison, dan Nikola Tesla. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa siapa pun dapat mengembangkan ketahanan mereka dengan dukungan sosial, perilaku, dan sikap, dan mengubah cara Anda mengelola emosi adalah langkah besar untuk membangun keterampilan ketahanan Anda. Selain itu, Anda perlu memahami dan mengendalikan faktor-faktor yang menyebabkan Anda stres di tempat kerja karena mengembangkan keterampilan ketahanan Anda untuk lingkungan kerja modern tidak terjadi begitu saja. Artikel ini akan membahas pentingnya ketahanan untuk masa depan pekerjaan dan bagaimana Anda dapat mengembangkannya dalam menghadapi perubahan dan kompleksitas yang semakin meningkat. Jadi, mari kita langsung saja, ya?

Apa itu Resiliensi? Singkatnya, resiliensi didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan situasi stres dan bangkit kembali dari situasi sulit. Tentu saja, kemampuan ini lebih bawaan pada beberapa orang daripada yang lain, tetapi setiap orang dapat memperkuat ketahanan mereka dengan latihan. Selain itu, orang yang tangguh tidak membiarkan situasi stres mempengaruhi motivasi internal mereka, dan mereka hidup dengan kombinasi kognisi yang tinggi, kepercayaan diri, dan belas kasih diri.

Manajemen emosi, pemeliharaan perspektif, optimisme, dan pembelajaran dari pengalaman semuanya terkait dengan ketahanan, dan keterampilan ini sangat penting saat Anda menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang semakin meningkat. Ketahanan juga sangat dimungkinkan oleh jaringan dan hubungan yang solid karena interaksi Anda dengan orang-orang dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda dapat membantu Anda mengubah intensitas tantangan atau stres yang Anda hadapi di tempat kerja atau kehidupan secara umum.

Elemen Ketahanan Elemen ketahanan adalah pilar di mana Anda dapat mengembangkan dan meningkatkan keterampilan ketahanan Anda. Menurut Susan Kobasa, seorang psikolog terkenal, ada tiga elemen utama ketahanan berdasarkan kemampuan kita untuk beradaptasi dan bangkit kembali dari situasi sulit:

• Menantang Orang yang tangguh melihat kesulitan dan kesulitan sebagai tantangan daripada insiden yang melumpuhkan atau cerminan kepercayaan diri mereka yang bertahan lama. Mereka biasanya melihat kegagalan dan kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

• Komitmen Orang yang tangguh memiliki tujuan pribadi dan profesional yang sangat mereka junjung tinggi, dan mereka memiliki kepemilikan penuh atas pengembangan, pelaksanaan, dan peningkatan kursus.

• Kontrol Pribadi Orang dengan pola pikir tangguh fokus pada peristiwa dan situasi dalam kendali mereka. Daripada mengkhawatirkan situasi yang tidak terkendali, mereka menempatkan emosi dan usaha mereka di tempat yang paling berpengaruh. Martin Seligman, psikolog berpengaruh lainnya, mendefinisikan tiga elemen ketahanan yang signifikan berdasarkan bagaimana kita menjelaskan kemunduran kepada diri kita sendiri:

• Ketahanan Orang yang tahan banting melihat efek situasi buruk sebagai sementara, bukan permanen. Dengan cara ini, mereka cenderung menjalani kehidupan yang lebih positif.

• Pervasiveness Orang yang tahan banting tahu bagaimana mengkategorikan perasaan mereka, dan mereka tidak membiarkan kemunduran mempengaruhi bagian lain dari kehidupan mereka yang tidak berhubungan.

• Personalisasi Orang dengan resiliensi tidak mempersonalisasikan dan menyalahkan diri sendiri ketika kesulitan terjadi. Sebaliknya, mereka dapat secara objektif memilih penyebab kemunduran. Karakteristik Terkait dengan Ketahanan Ada berbagai karakteristik keterampilan yang membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan ketahanan pada orang. Di sini, kita akan melihat beberapa karakteristik yang terkait dengan orang yang tangguh.

• Kesadaran diri Kesadaran diri adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola perasaan dan emosi Anda, dan keterampilan ini akan memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana emosi Anda berkontribusi pada tindakan Anda. Selain itu, orang yang sadar diri tidak akan menyalahkan orang lain atas kemalangan mereka; sebaliknya, mereka akan mencari jawaban dalam diri mereka sendiri – keterampilan ketahanan yang penting. Karakteristik ini sangat mendasar karena membantu mengembangkan ketahanan.

• Pemikiran yang Fleksibel Agar sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda, Anda harus fleksibel dalam pemikiran Anda. Karakteristik ini dikaitkan dengan resiliensi karena menggabungkan optimisme, pemikiran positif, dan kemampuan beradaptasi. Plus, orang yang mudah beradaptasi akan lebih tangguh dan seimbang dalam pekerjaan dan kehidupan.

• Optimisme Orang yang optimis cenderung lebih tahan banting daripada yang lain, dan mereka memiliki ketabahan mental untuk tetap positif bahkan dalam menghadapi rintangan besar. Orang yang optimis tidak akan membiarkan situasi buruk menjatuhkan mereka; sebaliknya, mereka akan mencoba mencari solusi untuk masalah mereka – suatu sifat yang diasosiasikan dengan orang-orang yang tangguh.

• Kontrol Emosi Kontrol emosi diperlukan dalam setiap aspek kehidupan, dan keterampilan ini akan memungkinkan Anda untuk mempengaruhi dan mengarahkan kembali emosi Anda saat dibutuhkan. Dengan cara ini, Anda cenderung tidak terpengaruh atau kewalahan oleh stres. Orang yang dikendalikan secara emosional berada dalam kendali penuh atas perasaan mereka, dan mereka tidak akan membuat keputusan impulsif karena stres atau situasi buruk lainnya.

• Kegigihan Kegigihan dan ketahanan berkaitan erat, dan orang yang tangguh adalah orang yang gigih karena mereka tidak akan membiarkan kesalahan atau kegagalan menghambat mereka. Oleh karena itu, mengembangkan keterampilan ketahanan Anda juga akan melibatkan peningkatan komitmen dan konsistensi Anda karena orang yang tangguh terus berjalan bahkan dalam menghadapi konflik dan stres. Plus, membangun tingkat ketekunan Anda akan membantu Anda dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

• TujuanOrang yang memiliki tujuan lebih mungkin untuk pulih dari situasi stres dan kekecewaan, dan ini karena mereka berkomitmen pada tujuan mereka. Orang yang tangguh tidak akan berpikir dua kali untuk meninggalkan zona nyamannya karena mereka mudah beradaptasi dan menganggap setiap situasi sebagai tantangan. Sikap inilah yang membuat mereka sukses di semua bagian kehidupan mereka.

• Nilai Ketika Anda memiliki seperangkat nilai dan moral yang kuat, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bangkit kembali dari situasi yang menantang. Orang yang tangguh juga memiliki selera humor yang baik, dan mereka dapat meredakan situasi stres dengan humor. Selain itu, orang yang tangguh menjadi pekerja yang baik karena mereka selalu bersedia membantu orang lain – keterampilan penting yang terkait dengan nilai-nilai yang kokoh.

• Hubungan Antarpribadi Studi telah menunjukkan bahwa memiliki hubungan interpersonal yang baik dengan orang-orang dalam hidup Anda dapat mengembangkan dan meningkatkan keterampilan ketahanan Anda. Jaringan koneksi yang berkembang dapat membantu Anda mengelola stres, mengingatkan Anda tentang tujuan dalam pekerjaan Anda, dan memberikan dukungan empatik bila diperlukan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memupuk dan memelihara hubungan otentik di semua bagian kehidupan Anda. Selain itu, jaringan dukungan sosial Anda berhubungan langsung dengan seberapa tangguh Anda.

Ada berbagai sumber ketahanan relasional, dan mereka tidak sama pentingnya bagi semua orang. Hal ini karena kebutuhan orang berbeda-beda. Jadi, mari kita lihat beberapa dasar relasional utama dari ketangguhan, ya?• Politik- hubungan yang membantu Anda memahami filosofi dalam situasi apa pun.• Empati – hubungan yang memberikan dukungan tanpa pamrih yang diperlukan untuk meredakan situasi negatif.• Tujuan – hubungan yang mengingatkan Anda tentang tujuan dalam pekerjaan Anda.• Visi – hubungan yang membantu Anda melihat ide di depan Anda.• Perspektif – hubungan yang membuat Anda tetap membumi dan membantu Anda mempertahankan sudut pandang dalam menghadapi rintangan.• Humor – hubungan yang menggunakan humor untuk meredakan situasi stres.Pentingnya Ketahanan untuk Masa Depan Pekerjaan

Ketahanan dapat berdampak positif pada produktivitas keseluruhan karyawan dan meningkatkan kualitas hidup mereka, dan mereka tidak terlalu rentan terhadap kelelahan. Hal ini karena ketahanan terkait erat dengan kesejahteraan karyawan, memungkinkan pendekatan optimis terhadap pekerjaan dan kehidupan secara umum. Jadi, pekerja tangguh tidak akan pernah memikirkan kesalahan atau kegagalan; melainkan, mereka belajar dan bergerak maju dengan pola pikir positif.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari 50% pengusaha ( https://www.onrec.com/news/statistics-and-trends/employers-favour-workers-that-are-adaptable-resilient-and-willing-to ) melihat ketahanan sebagai keterampilan utama bagi kandidat, sementara lebih dari 70% melihat kemampuan beradaptasi, karakteristik inti dari ketahanan, sebagai keterampilan penting – membuktikan bahwa perusahaan menempatkan nilai tinggi pada pekerja yang tangguh. Jadi, mari kita lihat beberapa alasan mengapa ketahanan sangat penting untuk masa depan pekerjaan.

• Kesejahteraan Karyawan Sumber utama stres bagi sebagian besar karyawan adalah pekerjaan mereka, dan stres ternyata berdampak buruk bagi produktivitas dan pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu, ketahanan individu penting karena memungkinkan pekerja untuk mengubah sikap mereka terhadap stres dan tidak membiarkannya mempengaruhi perkembangan dan produktivitas mereka di tempat kerja. Selain itu, ketahanan memastikan bahwa karyawan tetap terlibat dan sehat, baik secara fisik maupun emosional, karena membantu mengurangi kelelahan dan kurangnya fokus di tempat kerja.

• Peningkatan Kemampuan Beradaptasi Karyawan Perubahan dan tantangan selalu ada dalam lingkungan kerja modern, dan mengetahui cara mengarahkannya dalam situasi apa pun adalah penting untuk keberhasilan organisasi. Ketahanan memastikan bahwa pekerja adalah pemikir yang fleksibel dan mereka dapat menangani berbagai jenis cobaan. Plus, pekerja tangguh tidak akan membiarkan situasi buruk mempengaruhi emosi mereka dan mengaburkan penilaian mereka, dan mereka selalu siap untuk menemukan solusi untuk setiap masalah yang muncul.

• Komunikasi yang Lebih Baik Pekerja yang tangguh akan selalu tahu bagaimana mengekspresikan diri mereka, karena ketahanan datang seiring dengan kesadaran diri dan kepercayaan diri. Keterampilan ini penting untuk masa depan pekerjaan karena perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat berpartisipasi aktif dalam pertumbuhan mereka. Selain itu, karyawan yang tangguh tidak menentang umpan balik yang konstruktif karena mereka selalu mau belajar dari kegagalan dan kesalahan mereka.

Ketahanan juga memastikan bahwa pekerja menetapkan harapan yang realistis dari diri mereka sendiri dan orang lain. Hal ini karena keterampilan ini datang dengan kesadaran diri, memungkinkan mereka untuk memahami dan mengelola perasaan mereka sendiri dan orang lain. Jadi, seorang karyawan yang tangguh akan dapat bekerja lebih ramah dan mahir dengan orang lain sebagai hasilnya.

• Peningkatan Daya Saing Organisasi Organisasi perlu berinovasi terus-menerus untuk bertahan di pasar bisnis saat ini, dan dengan masa depan kerja, perusahaan membutuhkan karyawan yang akan terus mau mengembangkan dan mempertahankan kemampuan mereka. Pekerja dengan ketahanan berkomitmen dan termotivasi untuk sukses terlepas dari hambatan apa pun – keterampilan utama yang dibutuhkan, terutama dengan curamnya kurva pembelajaran di tempat kerja. Selain itu, pekerja yang tangguh kemungkinan besar akan bertahan ketika masa-masa sulit terjadi – meningkatkan umur panjang perusahaan.

• Peningkatan kolaborasi dan kerja tim Aspek utama ketahanan adalah mengembangkan hubungan interpersonal yang kuat dengan orang lain, yang meningkatkan kolaborasi dan kerja tim di tempat kerja. Selain itu, ketahanan memungkinkan pekerja untuk mengubah pola pikir dan interpretasi situasi, mengurangi emosi negatif dan gesekan antara anggota tim dan meningkatkan dinamika pekerja secara umum.

• Pengembangan Keterampilan dan Karir Ketahanan meningkatkan mindset berkembang pada karyawan, memungkinkan mereka untuk mengembangkan diri secara aktif. Perusahaan dengan karyawan yang memiliki motivasi diri untuk memperbaiki diri pasti akan tumbuh dan sukses. Plus, pekerja tangguh yang membangun keterampilan mereka akan mengatasi situasi kerja yang merugikan dengan mudah.

• Peningkatan keterampilan manajemen waktu dan organisasi Pekerja yang tangguh akan mampu mengelola beban kerja mereka dan mengatur rekan kerja mereka secara efektif. Selain itu, keterampilan ini memupuk pola pikir berkomitmen yang memungkinkan mereka untuk fokus pada batu bara mereka dan membuat rencana yang sesuai. Selain itu, semua organisasi akan mendapatkan keuntungan ketika pekerja mereka terorganisir dan berkomitmen untuk visi dan tujuan mereka.

• Terbuka untuk Umpan Balik Pekerja yang tangguh selalu terbuka untuk menerima dan memberi umpan balik, dan mereka tidak menentang untuk memberikan dukungan kepada orang lain saat dibutuhkan. Keterampilan ini menumbuhkan pola pikir pertumbuhan yang bermanfaat di tempat kerja mana pun. Selain itu, pekerja dengan ketahanan melihat nilai memberikan bantuan kepada orang lain, yang merupakan keterampilan berharga yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan dan produktivitas.

Rahasia untuk Mengembangkan Keterampilan Ketahanan Anda untuk Masa Depan Pekerjaan

1. Belajarlah untuk Beristirahat dan Bersantai Seperti yang dinyatakan lebih mudah, pekerjaan adalah sumber utama stres bagi banyak pekerja, dan meluangkan waktu untuk stres dan memulihkan tenaga akan sangat membantu dalam membangun keterampilan ketahanan Anda. Selain itu, Anda akan mampu menghadapi setiap tantangan dan rintangan yang Anda temui ketika Anda menjaga pikiran dan tubuh Anda. Ya, istirahat tanpa keterikatan terus-menerus di tempat kerja sangat membantu meningkatkan kreativitas, kejernihan mental, energi, dan ketahanan sepanjang hari kerja, tetapi Anda juga perlu mengisi ulang dan memulihkan diri sepenuhnya. Kompensasi yang berlebihan di tempat kerja dan mengurangi waktu relaksasi Anda tidak hanya akan memengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Ada berbagai bentuk pemulihan, mulai dari berinvestasi dalam kesejahteraan fisik dan emosional Anda hingga memanfaatkan berbagai teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga.

2. Berlatih Kepositifan Sangat mudah untuk terpaku dan termakan oleh emosi negatif, terutama selama situasi yang mengerikan, tetapi pandangan ini lebih banyak merugikan daripada kebaikan, dan tidak membantu siapa pun. Mempertahankan pandangan positif bahkan dalam menghadapi situasi sulit adalah bagian integral dari ketahanan. Memiliki pandangan positif tidak berarti berfokus sepenuhnya pada hasil positif sambil mengabaikan masalah yang dihadapi. Artinya, Anda memahami bahwa hambatan dan kemunduran hanya bersifat sementara, dan Anda dapat menghadapi tantangan apa pun secara langsung. Plus, seorang pekerja dengan pendekatan positif terhadap pekerjaan dan kehidupan akan berkomitmen untuk memperbaiki masalah di tempat kerja dan mengembangkan perusahaan.

3. Berlatih Restrukturisasi Kognitif Cara Anda berbicara kepada diri sendiri sangat penting, dan apa yang Anda katakan pada diri sendiri memengaruhi segalanya mulai dari pikiran Anda hingga interaksi Anda dengan orang lain. Anda perlu mengedit pandangan hidup Anda untuk mengembangkan keterampilan ketahanan Anda. Misalnya, jika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa tugas terlalu sulit atau meragukan keterampilan Anda, ini akan memengaruhi reaksi Anda terhadap situasi negatif. Berlatihlah mengubah cara Anda berpikir dan berbicara kepada diri sendiri, dan alih-alih berpikir Anda tidak bisa, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda tidak bisa. Juga, mengedit beberapa kata atau frasa dalam kosakata Anda akan sangat membantu.

4. Belajar dari kesalahan Anda Kegagalan dan kesalahan tidak dapat dihindari dalam hidup, dan satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah bagaimana menghadapinya. Belajar dari kesalahan dan kegagalan Anda adalah cara utama untuk membangun ketahanan Anda saat Anda berkembang sebagai hasilnya. Dengan cara ini, Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan, yang membawa Anda selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Selain itu, Anda dapat menggunakan kegagalan Anda sebagai kesempatan untuk menilai kembali hidup Anda dan membuat perubahan progresif.

5. Mempertahankan Perspektif Orang yang tangguh tahu bagaimana menjaga segala sesuatunya tetap dalam perspektif, dan mereka tidak meledakkan situasi buruk di luar proporsi. Untuk membangun ketahanan Anda, Anda perlu memahami bahwa meskipun situasi buruk dapat membuat Anda kewalahan, hal itu tidak permanen, dan tidak memiliki dampak jangka panjang. Selain itu, Anda harus mempertahankan sikap positif karena menjaga segala sesuatunya dalam perspektif memungkinkan Anda untuk fokus dan belajar dari pengalaman dan mengembangkan keterampilan ketahanan Anda.

6. Kembangkan dan Pertahankan Hubungan yang Kuat Penting bagi Anda untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang baik dalam setiap aspek kehidupan Anda, dari pengaturan pribadi hingga profesional. Salah satu alasan mengapa orang yang tangguh tidak terpengaruh oleh stres dan berkomitmen dalam peran mereka adalah hubungan yang kuat dengan rekan kerja mereka-- mereka dapat mengatasi stres kerja karena mereka memiliki jaringan dukungan yang kuat untuk membantu mereka. Jejaring sosial Anda akan membantu Anda dalam situasi buruk, dan mereka akan memberi Anda dukungan, umpan balik, solusi untuk masalah Anda saat Anda membutuhkannya. Selain itu, memiliki hubungan yang kuat dengan rekan kerja Anda di tempat kerja akan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan bebas dan membantu rekan kerja Anda di saat krisis.

7. Kembangkan Pola Pikir yang FleksibelFleksibilitas dan ketahanan berjalan seiring karena individu yang tangguh adalah individu yang mudah beradaptasi. Orang yang tangguh memahami bahwa perubahan itu konstan, sehingga mereka tidak membiarkan perubahan atau kompleksitas mempengaruhi mereka secara negatif. Oleh karena itu, untuk membangun ketahanan Anda, Anda perlu mengembangkan pemikiran yang fleksibel dan kemampuan beradaptasi. Plus, pekerja yang mudah beradaptasi adalah aset di organisasi mana pun, terutama dengan perubahan konstan yang terjadi di lingkungan kerja modern.

8. Kembangkan Welas Asih Belas kasih dan belas kasih terhadap orang lain sering kali diabaikan, padahal ini merupakan aspek penting dari ketahanan. Welas asih meningkatkan pola pikir positif Anda dan mendorong pengembangan hubungan antarpribadi—yang pada gilirannya meningkatkan kerja tim dan kolaborasi. Orang yang tangguh adalah orang yang penuh kasih karena mereka mempertimbangkan emosi dan perasaan orang lain sebelum mengambil tindakan apa pun. Selain itu, memiliki budaya kerja yang welas asih adalah penting karena tingkat stres pekerja akan berkurang, dan produktivitas juga akan meningkat.

Untuk Membungkusnya Membangun ketahanan, terutama di tempat kerja, sangat penting di dunia saat ini, terutama dengan kompleksitas dan perubahan konstan yang terjadi di lingkungan kerja modern. Misalnya, pandemi global telah mengakibatkan peningkatan adopsi kerja jarak jauh, yang dinikmati banyak pekerja, tetapi Anda memiliki perusahaan yang ingin mereka kembali ke kantor. Perubahan adalah konstan di dunia kerja saat ini. Hanya pekerja tangguh yang akan mampu bertahan dari perubahan pekerjaan yang akan terjadi di masa depan. Ketahanan organisasi juga penting, terutama bagi organisasi yang ingin bertahan dari evolusi dan perubahan dunia bisnis yang konstan. Di bawah ini diuraikan beberapa cara untuk mengembangkan ketahanan organisasi Anda untuk masa depan pekerjaan:

• Kembangkan lingkungan kerja yang positif• Berikan otonomi dan fleksibilitas kepada pekerja• Berinvestasi dalam kesejahteraan karyawan Anda• Mintalah umpan balik dari pekerja• Berkomunikasi secara teratur

Meskipun beberapa orang lebih tangguh daripada yang lain, keterampilan ini, seperti orang lain, dapat dikembangkan dengan waktu dan usaha. Ketahanan memungkinkan pekerja dan organisasi untuk menghadapi dan beradaptasi dengan rintangan dan situasi stres, dan ini adalah keterampilan penting yang harus dimiliki untuk masa depan pekerjaan.

Tentang PenulisRobert Moment adalah Pelatih dan Pelatih Kecerdasan Sosial + Kecerdasan Emosional Bersertifikat ICF yang dinamis, Eksekutif Bersertifikat ICF dan Pelatih Kinerja Puncak dan penulis Kecerdasan Emosional Tinggi untuk Manajer dan Kebiasaan Sukses Eksekutif. Robert mengkhususkan diri dalam memecahkan komunikasi di tempat kerja, manajemen, eksekutif dan masalah karyawan dengan memanfaatkan solusi pembinaan dan pelatihan yang efektif dengan jaminan hasil yang menguntungkan dan kinerja puncak yang berkelanjutan.Daftar Hari Ini di Kursus Online Kecerdasan Emosional Tinggi untuk Manajer untuk mengetahui keterampilan untuk mencapai kesuksesan manajemen untuk Masa Depan Kerja yang Baru:https:// Courses.HighEmotionalIntelligence.comDaftar Hari Ini di #Entrepreneur# Rahasia Sukses Memulai Bisnis dengan Hasil Cepat ketika Anda siap untuk melakukan lompatan kewirausahaan atau memulai bisnis sampingan Anda.Kunjungi https://courses.highemotionalintelligence.com/courses/StartingaBusiness


Penulis blog

Tidak ada komentar