Beranda
Mengenal Analisis Teknikal Pengertian, Kelebihan Serta Kelemahanya
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Mengenal Analisis Teknikal Pengertian, Kelebihan Serta Kelemahanya


sebagai investor atau trader pasti sering mendengar analsis teknilak sebagai salah satu cara untuk dapat memprediksi arah harga saham kedepannya. tetapi tidak jarang juga investor atau trader yang membeli saham tanpa melakukan analisis terlebuh dahulu, biasanya bila seperti ini, para investor ini memilih saham atas rekomendasi dari kerabat yang lebih dulu terjun kedunia pasar saham terlebih dahulu, tapi ada juga investor yang membeli saham berdasarkan informasi pada beberapa forum yang mereka ikuti, padahal, dalam melakukan teransaksi saham, terutamanya para trader, diperlukan pengetahuan atau analisis harga, atas dasar inilah dikatakan peting karena hal ini akan meminimalisir resiko yang akan ditanggung si investor, jadi semakin investor atau trader mengetahui banyak dipasar saham dan analisis harga untuk memprediksi harga saham akan bergerak kemana berdasarkan historis harga, maka semakin kecil pula resiko yang akan ditanggung para investor atau trader. 

Apa Itu Analsis Teknikal ?

jadi analisis teknikal sendiri adalah disiplin perdagangan yang didigunakan untuk menentukan arah pergerakan harga dimasa depan dengan menggunakan grafik dan volume data masa lalu dan data sekarang.

menurut Rahardjo (2006) mendefinisikan,

Analisis teknikal adalah suatu metodologi peramalan fluktuasi harga saham yang datanya diambil dari data perdagangan saham yang terjadi di pasar saham (bursa efek)


sedangkan menurut Sunariyah,

analisis teknikal (technical analysis) merupakan suatu teknik analisis yang menggunakan data atau catatan mengenai pasar itu sendiri untuk berusaha mengakses permintaan serta penawaran suatu saham tertentu atau pasar secara keseluruhan. Pendekatan analisis ini sendiri menggunakan data pasar yang dipublikasikan, seperti harga saham, volume perdagangan, indeks harga saham gabungan dan individu, serta faktor-faktor lain yang bersifat teknis. 

Analisis teknikal fokus pada Harga.Karena harga adalah refleksi transaksi antara penawaran dan permintaan dari para trader.  Jika harganya naik ini menunjukan banyaknya permintaan dibandingkan penawaran.juga sebaliknya jika haranya turun ini menunjukan terlalu banyak penawaran dibandingkan dengan perminataan. Analisis teknikal yang baik adalah analisis dengan cara yang simple. karena semakin rumit sebuah analisis ,terkadang membuat bingung seorang trader dalam mengambil keputusan. Karena fokus pada harga, analisis teknikal dapat menjawab pertanyaan “ Ada apa dengan harganya? Kemana akan bergerak? 

analisis teknikal disini tidak sama dengan analisis fudamantal dimana lebih menitip beratkan pada kinerja emiten menganalisis hasil bisnis seperti penjualan serta pendapatan, analsis teknikal sering digunakan untuk menghasilkan sinyal jangka pendek dari beberapa alat pembuat grafik.

sepeti kita ketahui sendiri analisis teknikal pertama kali diperkenalkan oleh Charles Dow dan Teori Dow pada akhir 1800-an. Beberapa peneliti penting termasuk William P. Hamilton, Robert Rhea, Edson Gould, dan John Magee selanjutnya berkontribusi pada konsep Teori Dow yang membantu membentuk dasarnya. Di zaman modern, analisis teknis telah berevolusi untuk memasukkan ratusan pola dan sinyal yang dikembangkan melalui penelitian bertahun-tahun.

analisis teknikal dapat beroprasi berdasarkan asumsi dimana aktivitas masa lampau dan perubahan harga saham. dapat menjadi indikator yang sangat berharga dari pergerakan harga saham  di masa depan ketika dipasangkan dengan aturan investasi atau perdagangan yang sesuia.

analisis teknikal dapat digunakan untuk memperkirakan harga di hampir semua instrumen yang dapat diperdagangkan yang umum dimana terdapat permintaan serta penawaran termasuk saham, obligasi, futures, dan pasangan mata uang. 

Kelebihan Analisis Teknikal 

Fokus pada harga Karena tujuan kita menganalisa adalah untuk memprediksi pergerakan harga dimasa mendatang,maka masuk akal untuk memfokuskan diri pada pergerakan harga,baik harga masa lalu maupun harga yang sedang terjadi.sehingga kita tidak dipusingkan dengan berita apa yang beredar. 
Adanya Entry point dan Exit point Dengan analisa teknikal kita dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk transaksi (entry point) dan kapan waktunya untuk keluar dari pasar (exit point) dengan jelas.Sehingga kita tidak membuang waktu untuk transaksi yang tidak efektif. 
Mudah Dengan adanya history data pada grafik kita dapat membaca apa yang sedang terjadi dengan market.sehingga begitu melihat sebuah peluang kita dapat langsung bertransaksi.

Kekurangan Dari Analisis Teknikal 

Data yang ditampilkan sangat terlambat Data yang dihasilkan oleh Indikator-indikator pada analisa teknikal itu mengunakan data sebelumnya ,sehingga pada saat Data dari indikator mengatakan harga akan NAIK, sebenarnya harga itu sendiri sudah naik. 
Tidak Objektif Sebuah data yang ditampilkan pada grafik analisa teknikal dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda oleh setiap trader. 
Memiliki level harga yang berubah-ubah Dalam analisa teknikal dikenal adanya level support dan resistance ,yaitu level kritis yang dapat menjadi titik tolak harga balik arah. Namun dalam kenyataannya level ini selalu berubah ,terkadang lebih tinggi atau lebih rendah. Hal ini banyak membuat trader tertipu.



Penulis blog

Tidak ada komentar