Beranda
Pengantar pemasaran Global
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Pengantar pemasaran Global

PEMASARAN: SUATU DISIPLIN UNIVERSAL

Dasar dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang dalam akan disiplin pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan lingkungan. Fakta utama dan paling fundamental adalah bahwa pemasaran merupakan disiplin universal. Disiplin pemasaran dapat di setiap negara. Walaupun pemasaran bersifat universal, kebiasaan pemasaran tentu bervariasi dari satu negara ke negara lain.

A. Pengertian Pemasaran Gloabal 

  • Menurut Meriam Webster, pemanasan global adalah suatu kondisi yang mana suhu atmosfer bumi dan suhu lautan bumi secara luas mengalami peningkatan.
  • Menurut Britannica, pemanasan global adalah suatu fenomena alam secara umum yang mengacu pada perubahan iklim.
  • Menurut Live Science, pemanasan global adalah suatu kondisi yang mana terdapat pemanasan permukaan bumi, lautan, dan atmosfer yang terjadi secara bertahap.
  • Menurut The American Heritage Science Dictionary, pengertian pemanasan global adalah suatu kondisi dimana adanya suatu perubahan drastis pada suhu rata-rata atmosfer bumi, yang mana perubahan peningkatan suhu tersebut semakin lama semakin besar dan mengakibatkan adanya suatu perubahan iklim secara global.
dari beberapa definisi mengenai pemasaran global maka dapat disimpukan bahwa Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran darisebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global. Ada dua alasan yangmenyebabkan perusahaan terlibat dalam pemasaran global: mengambil manfaat daripeluang untuk pertumbuhan dan ekspensi, dan untuk bertahan hidup. Perusahaan yanggagal mengejar kesempatan global akhirnya akan kehilangan pasar domestic, karenamereka akan tersisih oleh pesaing global yang lebih kuat dan lebih mampu bersaing.

B. Konsep Pemasaran

Dalam 3 dekade terakhir konsep pemasaran telah berubah secara dramatis. Konsep pemasaran berkembang dari konsep semula, yang memfokuskan pada pemasaran produk dan pada membuat produk lebih baik, dengan lebih baik didasarkan pada standar dan nilai internal.

1. Konsep baru pemasaran dan “Empat P”

Konsep baru dari pemasaran, yang muncul kira-kira tahun 1960, mengalihkan fokus pemasaran dari produk ke pelanggan.

2. Konsep strategis pemasaran

Di tahun 1990 jelas bahwa konsep baru pemasaran sudah ketinggalan zaman dan zamannya menuntut konsep strategis. Konsep strategis pemasaran, mengubah fokus dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks lingkungan eksternal yang lebih luas.

C. Tiga prinsip pemasaran

Inti dari pemasaran jadi 3 prinsip dasar yaitu tujuan dan tugas pemasaran, kenyataan persaingan dari pemasaran, dan berbagai cara utama untuk mencapai 2 prinsip utama.

Nilai pelanggan dan persamaan nilai

Intisari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan lebih besar daripada nilai yang diciptakn pesaing.

Keunggulan kompetitif atau diferensial

Keunggulan kompetitif adalah penawaran total, dihadapkan pada persaingan yang relevan, yang lebih menarik dari pelanggan. Penawaran total harus lebih menarik dari yang ditawarkan pesaing agar menciptakan keunggulan bersaing.

Fokus

Fokus diperlukan untuk berhasil dalam tugas menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan kompetitif. Fokus yang jelas pada keinginan [elanggan serta pada penawaran yang bersaing diperlukan untuk mempertahankan keunggulan yang membedakan.

D, Pentingnya Pemasaran Global

Pentingnya pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis daribeberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat. hal yang termasukdidalamnya adalah kebutuhan dan keinginan pasar, teknologi, perbaikan transportasi,biaya, kualitas, perdamaian global, pertumbuhan ekonomi dunia, dan mengenalipeluang untuk mengembangkan daya tuas dengan beroperasi secara global. kekuatanyang menghambat termasuk perbedaan pasar, kecadokan manajemen, budayaorganisasi, dan kendali nasional.

E. KEKUATAN YANG MENDORONG DAN MENGHAMBAT

Kekuatan Yang Mendorong

Kebutuhan Pasar

Kebanyakan pasar global tidak terjadi secara alami. Pasar seperti  itu harus diciptakan dengan usaha pemasaran.

Teknologi

Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang sudah umum, dan kekuatan itu adalah teknologi. Teknologi menyederhanakan komunikasi, transportasi dan perjalanan.

Biaya

Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa dan desain di semua fungsi bisnis, dari rekayasa dan pembuatan sampai pemasaran dan administrasi.

Mutu

Volume global menghasilkan penerimaan yang lebih besar dan margin operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan. Sebuah perusahaan global dan lokal mungkin masing-masing mengeluarkan 5 persen untuk riset dan pengembangan, tetapi perusahaan global mungkin mempunyai pendapatan 10 kali lebih besar dari perusahaan lokal.

Komunikasi Dan Transportasi

Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global. Setiap orang menginginkan perwujudan produk yang terbaik, paling mutakhir dan paling modern.

Daya Tuas

Salah satu kelebihan perusahaan global adalah kesempatan untuk mengembangkan daya tuas yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara stimultan di lebih dari satu pasar nasional.

Kekuatan Yang Menghambat

Perbedaan Pasar

Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak di antara batas negara dan budaya yang memerlukan adaptasi paling sedikit dari bauran pemasaran. Perusahaan yang mengabaikan perbedaan ini dan yang telah mencoba strategi merek dagang global tanpa memikirkan perbedaan ini akan menghadapi kegagalan.

Sejarah

Bahkan sekalipun produknya sendiri merupakan calon yang baik untuk globalisasi, sejarah merek dagang mungkin masih memerlukan strategi pemasaran yang khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi sendiri.

Kecadokan Manajemen

Sebuah contoh dari kecadokan manajemen adalah perusahaan yang tidak mempertahankan kepemimpinan dalam menciptakan nilai pelanggan ketika memperluas wilayah geografi. Sebuah perusahaan yang melihat ke belakang tidak memperluas wilayahnya secara geografis.

Budaya Organisasi

Dalam perusahaan dengan manajemen anak perusahaan mengetahui semuanya, tidak ada lagi ruang untuk visi dari puncak. Perusahaan global yang sukses adalah pemasar yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan inisiatif dan masukan pasar lokal.

Kendali Nasional/Hambatan untuk Masuk Suatu Negara

Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya. Kendali ini bervariasi dari yang berteknologi rendah berupa pengendalian monopoli tembakau dari akses ke pasar tembakau sampai yang berteknologi tinggi berupa pengendalian pemerintah nasional terhadap pasar pemancar.

F. KEKUATAN YANG MENDASARI BISNIS INTERNASIONAL

Orientasi Manajemen

Orientasi adalah asusmsi atau keyakinan, yang seringkali tidak disadari, mengenai sifat dunia ini. Ada 3 orientasi dasar yang menjadi pedoman pekerjaan eksekutif internasional; etnosentris, polisentris, dan geosentris. Konsep ini kemudian dikembangkan dengan memasukan orientasi regional dan menjadi skema EPRG (etnosentrisme, Polisentrisme, regiontrisme, geosentrisme).

Kerangka Kerja Moneter Internasional

Pertumbuhan yang cepat dari perdagangan dan investasi dalam era pasca perang dunia II telah menciptakan kebutuhan likuiditas internasional yang semakin mendesak untuk mempermudah pertukaran barang dan jasa antar negara. Dengan adanya kerangka kerja moneter internasional yang memadai memungkinkan perusahaan untuk membiayai perdagangan dan investasi global, dan untuk meneruskan usaha pemasaran global mereka.

Sistem Perdagangan Dunia

Sistem perdagangan dunia pasca perang dunia II disusun dengan keinginan umum menghindari kembalinya praktik perdangangan terbatas dan diskriminatoris seperti yang terjadi pada tahun 1920-an. Ada komitmen untuk menciptakan dunia bebas yang memungkinkan arus barang dan jasa secara bebas antar negara. Sistem yang muncul dari komitmen ini termasuk General Agreement on Tarrifs and Trade (GATT), yang menyediakan kerangka kerja institusional dan satu rangkaian yang terdri dari empat peraturan dan prinsip dalam usaha yang membebaskan perdagangan.

Perdamaian Global

Sejak tahun 1945 dunia masih terbebas dari konflik besar dunia seperti yang menandai paruh pertama abad ini. Walaupun kondisi ini tidak sepenuhnya damai, tetapi keadaan ini menyediakan dasar yang relatif stabil untuk perekonomian yang sehat dan cepat.

Pertumbuhan Ekonomi Domestik

Jadi ada dua alasan mengapa pertumbuhan ekonomi menjadi kekuatan yang mendasari perluasan ekonomi internasional. Pertama, pertumbuhan telah menciptakan kesempatan pasar. Adanya kesempatan pasar menjadi faktor pendorong perusahaan untuk memperluas jangkauannya ke pasar internasional. Kedua, pertumbuhan ekonomi telah mengurangi penolakan, yang mungkin telah berkembang, sebagai respons terhadap masuknya perusahaan asing ke dalam ekonomi domestik.

Teknologi Komunikasi dan Transportasi

Hambatan waktu dan biaya akibat jarak telah jauh berkurang dalam 100 tahun terakhir. Meningkatnya kecepatan dan kapasitas komunikasi berbiaya rendah merupakan kekuatan utama untuk mempermudah perluasan bisnis internasional.

Korporasi Global

Korporasi global, atau perusahaan apapun yang mempunyai tujuan bisnis global dengan menghubungkan sumber daya dunia dengan kesempatan pasar dunia, adalah organisasi yang telah bereaksi terhadap kekuatan yang mendorong, menghambat, dan melandasi di dunia.

G. DARI PEMASARAN DOMESTIK KE PEMASARAN GLOBAL/TRANSNASIONAL

Pemasaran Domestik

Pemasaran yang secara nyata ditujukkan pada pasar dalam negeri disebut dengan pasar domestik. Suatu perusahaan yang berkecimpung dalam pemasaran domestik mungkin melakukan hal ini untuk memfokuskan pada pemasaran domestik untuk menghindari belajar cara memasarkan ke luar negeri

Pemasaran Ekspor

Pemasaran ekspor adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasaran ekspor menjadikan pasar luar negeri sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk memasok pasar ini.

Pemasaran Internasional

Pemasar internasional bertindak lebih jauh lagi dari pemasar ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis. Misalnya, pemasar internasional mencari sumber produk diluar negeri agar dapat menikmati keunggulan yang lebih besar.

Pemasaran Multinasional

Organisasi pemasaran internasioal mulai dengan memfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.

Pemasaran Global

Pemasaran global memfokuskan pada aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.


 


 

Penulis blog

Tidak ada komentar