Beranda
MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SENI
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SENI

Kehidupan dan kelangsungan sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh kepiawaian seorang manajer dimana dengan  ilmu yang dimiliki mampu mengelola sumber daya manusia yang ada di dalamnya, menyatukan visi misi hingga mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

Bagai seorang komposer atau seorang pemimpin musik orkestra yang mampu menyatukan kemampuan dan Keaneragaman serta keahlian sebuah kelompok orkestra, ada yang mampu memainkan alat musik gesek, alat musik tiup atau yang berdawai serta alat musik yang dipukul di padu menjadi satu kesatuan dengan alunan musik yang indah dan nikmat untuk didengarkan, seperti itulah ilmu yang disebut ilmu manajemen, ilmu yang sarat dengan ilmu dan seni.

Sebagai sebuah ilmu maka manajemen selalu menjadi dasar bagi mahasiswa atau organisasi serta institusi untuk dijadikan sebagai penuntun yang telah disistemasikan menjadi  satu kesatuan dalam rangka melakukan tindakan yang bersifat ilmiah,  sebagai suatu keahlian, kemampuan , kemahiran, serta keterampilan dalam menggunakan atau menggerakkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efisien dan efektif.

Adapun istilah manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu to manage yang artinya mengurus atau tata laksana Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Banyak ahli memberikan definisi tentang manajemen diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Thomas H. Nelson Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
  2. G.R. Terri, Manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
  3. James A. F. Stoner, Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Penulis blog

Tidak ada komentar