Beranda
kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis menurut Dr. Alexander Sonny Keraf
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis menurut Dr. Alexander Sonny Keraf


Zuper_Tau.- menurut karaf (1993:81-83) mencapai tujuan etika bisnis di Indonesia masih berhadapan dengan beberapa masalah dan kendala.

menurut dr.karaf juga menyebut beberapa kendala tersebut yaitu :

A. Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah. Banyak di antara pelaku bisnis yang lebih suka menempuh jalan pintas, bahkan menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan dengan mengabaikan etika bisnis, seperti memalsukan campuran, timbangan, ukuran, menjual barang yang kadaluwarsa, dan memanipulasi laporan keuangan.

 B. Banyak perusahaan yang mengalami konflik kepentingan. Konflik kepentingan ini muncul karena adanya ketidaksesuaian antara nilai pribadi yang dianutnya atau antara peraturan yang berlaku dengan tujuan yang hendak dicapainya, atau konflik antara nilai pribadi yang dianutnya dengan praktik bisnis yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan lainnya, atau antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan masyarakat. Orang-orang yang kurang teguh standar moralnya bisa jadi akan gagal karena mereka mengejar tujuan dengan mengabaikan peraturan. 

C. Situasi politik dan ekonomi yang belum stabil. Hal ini diperkeruh oleh banyaknya sandiwara politik yang dimainkan oleh para elit politik, yang di satu sisi membingungkan masyarakat luas dan di sisi lainnya memberi kesempatan bagi pihak yang mencari dukungan elit politik guna keberhasilan usaha bisnisnya. Situasi ekonomi yang buruk tidak jarang menimbulkan spekulasi untuk memanfaatkan peluang guna memperoleh keuntungan tanpa menghiraukan akibatnya. 

D. Lemahnya penegakan hukum. Banyak orang yang sudah divonis bersalah di pengadilan bisa bebas berkeliaran dan tetap memangku jabatannya di pemerintahan. Kondisi ini mempersulit upaya untuk memotivasi pelaku bisnis menegakkan norma-norma etika.

E. Belum ada organisasi profesi bisnis dan manajemen untuk menegakkan kode etik bisnis dan manajemen. Organisasi seperti KADIN beserta asosiasi perusahaan di bawahnya belum secara khusus menangani penyusunan dan penegakkan kode etik bisnis dan manajemen. Menurut situs wordpress.com juga menyatakan dua hal yang dapat mempengaruhi kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis yaitu : 

a. Faktor budaya masyarakat yang cenderung memandang pekerjaan bisnis sebagai profesi yang penuh dengan tipu muslihat dan keserakahan serta bekerja mencari untung. 

b. Faktor sistem politik dan sistem kekuasaan yang diterapkan oleh penguasa sehingga menciptakan sistem ekonomi yang jauh dari nilai-nilai moral. Hal ini dapat terlihat dalam bentuk KKN.

Jadi kesimpulanya yang menjadi kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis Menururt Dr. Alexander Sonny Keraf dan menurut situs wordpress.com adalah yang pertama Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah, yang kedua Banyak perusahaan yang mengalami konflik kepentingan, yang ketiga Situasi politik dan ekonomi yang belum stabil, yang keempat Lemahnya penegakan hukum,yang kelima Belum ada organisasi profesi bisnis dan manajemen untuk menegakkan kode etik bisnis dan manajemen. Selain itu menurut hakim fajrurachman yang dimuat dalam situs wordpress.com menyatakan bahwa factor yang menjadi kendala sendiri adalah dari budaya masyarakat, system politik dan system kekuasaan.

Penulis blog

Tidak ada komentar