Beranda
Bagaimana perusahaan bisa meraih kesuksesan dengan mempertimbangkan nilai etika dalam bisnis
tulus_saktiawan
Januari 25, 2024

Bagaimana perusahaan bisa meraih kesuksesan dengan mempertimbangkan nilai etika dalam bisnis

Zuper_Tau.- bagaimana perusahaan bisa meraih kesuksesan dengan mempertimbangkan nilai etika dalam bisnis, alasannya perusahaan mempertinmbangkan etika dalam kegiatan berbisnis mereka adalah jika perusahaan ingin mencatat sukses dalam bisnis, 

menurut Richard De George ia membutuhkan tiga hal pokok: yang pertama produk yang baik, yang kedua manajemen yang mulus, dan yang ketiga etika. Selama perusahaan memiliki peroduk yang bermutu serta berguna untuk masyarakat dan disamping itu dikelola dengan manajemen yang tepat di bidang produksi, finansial, sumber daya manusia, dan lain-lain, tetapi ia tidak mempunyai etika, maka kekurangan ini cepat atau lambat akan menjadi batu sandungan baginya.

    Adapun etika bisnis perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta membentuk citra baik serta kepercayaan kepada para konsumen atau satakeholder sehingga mampu menciptakan nilai (valuecreation) yang tinggi, dimana diperlukan suatu landasan yang kokoh untuk mencapai itu semua.
    Dalam bisnis, berorientasi pada profit, adalah sangat wajar, akan tetapi jangan keuntungan yang diperoleh tersebut justru merugikan pihak lain. Tidak semua yang bisa kita lakukan boleh dilakukan juga. Kita harus menghormati kepentingan dan hak orang lain. Pantas diperhatikan, bahwa dengan itu kita sendiri tidak dirugikan, karena menghormati kepentingan dan hak orang lain itu juga perlu dilakukan demi kepentingan bisnis kita sendiri.
    Jadi kesimpulannya adalah etika bisnis sangat perlu diterapkan dalam kegiatan berbisnis dibidang manufaktur, industry, perdagangan maupun di jasa hal ini sangat penting karena hal ini lah yang akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah perusahaan itu sendiri, penerapan etika dalam bisnis juga akan mempengaruhi nilai perusahaan, nilai perusahaan adalah nilai yang berkembang untuk pemegang saham, nilai perusahaan akan tercermin dalam harga pasar sahamnya, sedangkan saham sendiri akan sangat dipengaruhi oleh masayarakan sebagi satakeholde dan konsumen itu sendiri.

Penulis blog

Tidak ada komentar